Ukuran Kusen Pintu
Tips Properti

Ukuran Kusen Pintu Utama, Kamar Mandi, dan Kamar Tidur

Ukuran Kusen Pintu – Rumah adalah salah satu kebutuhan utama dalam hidup manusia. Di dalam rumah terdapat banyak sekali hal yang melengkapi, seperti ruangan, perabotan, pintu, dan juga jendela. Anda pasti tidak akan asing mendengar tentang kusen yang terletak pada pintu dan jendela.

Apa, sih, sebenarnya kusen itu? Kusen adalah suatu bingkai berbentuk balok kayu. Fungsi dari kusen adalah sebagai penempatan pintu, jendela, kaca, dan tralis agar tetap di bagian konstruksi sebuah bangunan. Selain itu, kusen juga berfungsi dalam memberikan estetika bangunan. Tidak heran jika banyak jenis kusen pada pintu dan jendela yang menarik seiring perkembangan zaman.

Setiap jenis pada kusen pintu dan jendela memiliki ukuran yang berbeda-beda. Selain bergantung pada jenis, ukurannya juga bergantung dari ukuran pada daun pintu. Untuk itu, dalam menentukan ukuran kusen pintu diperlukan ketelitian. Agar nantinya saat sudah dibangun, ukuran kusen terlihat pas dan menjadi indah.

Biasanya, ketika seseorang ingin membuat kusen pintu kayu maka ukuran balok yang sempurna adalah 6 × 15 cm. Atau juga bisa menggunakan balok yang berukuran 6 × 12 cm. Sebelum membuat kusen untuk pintu, seseorang juga perlu mengetahui tentang jenis dimensi pintu yang terdapat dalam bangunan.

Jika Anda sudah memiliki pengetahuan dasar akan hak tersebut, menentukan ukuran kusen akan menjadi lebih mudah. Anda juga bisa menjadi lebih peka mengenai apa yang akan terjadi saat sudah ditempelkan. Apakah lebarnya terlalu kecil atau juga sebaliknya. Berikut ini adalah ukuran kusen pintu yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis dan keinginan. Simak ulasannya pada artikel arsiteki.com di bawah ini.

Daftar Ukuran Kusen Pintu Yang Ideal
Ukuran Kusen Pintu 1 Panel

1. Kusen Pintu Utama 1 Daun

Salah satu jenis pintu yang biasa digunakan adalah pintu utama 1 daun. Ukuran kusen pintu jenis ini adalah 6 sentimeter setiap sisi dengan ukuran daun pintu 80 cm × 210 cm. Di mana 80 sebagai lebar dan 120 sebagai tinggi. Biasanya dalam memilih jenis pintu dengan 1 daun akan disesuaikan dengan desain rumah. Ukuran yang digunakan untuk membuat kusen pintu dengan memadukan daun jendela adalah 12 cm.

2. Kusen Pintu Utama 2 Daun

Belakangan ini, pintu utama dengan 2 daun lebih banyak diminati. Hal ini dikarenakan pintu utama menjadi akses penting bagi siapa saja untuk keluar masuk. Selain itu, termasuk memudahkan saat ingin memasukkan perabotan dan perlengkapan ke dalam rumah. Saat di rumah sedang ada acara, jenis pintu ini juga akan memudahkan banyak orang untuk keluar masuk.

Untuk membuat ukuran daun pintu, masing-masing ukurannya adalah 60 cm × 200 cm. Untuk ukuran kusen pintu sama halnya dengan jenis pintu 1 daun, yaitu 6 cm pada setiap sisi. Sedangkan untuk ukuran pada daun jendela adalah 12 cm. Anda bisa memerhatikannya dengan saksama.

3. Kusen Pintu Kamar Tidur Aluminium

Salah satu ruangan yang terdapat dalam sebuah rumah adalah kamar tidur. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah aluminium. Banyak orang memilih pintu alumunium dikarenakan lebih awet. Harga pintu kamar alumunium juga lebih terjangkau, sehingga banyak orang memilihnya

Idealnya ukuran pintu kamar tidur adalah 80 cm × 200 cm. Tentunya hal ini belum termasuk ukuran dan ketebalan pada kusen. Biasanya, ukuran kusen pintu yang digunakan adalah 4 inch.

Untuk ketebalan pada kusen, biasanya digunakan antara 1 cm sampai 1.5 cm. Jika Anda ingin menggunakan pintu kamar dengan bahan Engineering, maka ukuran pintu ditambah dengan ketebalan kusen yaitu 92 cm × 220 cm.

4. Kusen Pintu Geser

Jika Anda ingin tampilan rumah yang minimalis, maka bisa menggunakan pintu geser. Pintu geser biasanya digunakan untuk melihat taman atau sebagai tempat bersantai. Ada juga jenis pintu lipat yang juga menarik untuk digunakan. Kedua jenis pintu itu sendiri hampir sama, meski ada beberapa yang memiliki ukuran yang berbeda.

Pintu geser biasanya menggunakan jenis material aluminium di mana bagian atas atau bawah terdapat rel. Biasanya untuk membuat pintu geser, ukuran yang digunakan adalah 210 cm × 80 cm. Dengan membuat ukuran lebar lebih besar membuat Anda bisa menikmati pemandangan hanya dari dalam rumah saja.

Namun, ada beberapa juga yang tampaknya hanya memakai ukuran kecil untuk pintu geser. Hal ini bisa disesuaikan dengan desain rumah dan ukuran dari keseluruhan rumah. Ukuran tersebut sudah termasuk ketebalan kusen yaitu 92 cm × 220 cm.

5. Kusen Pintu Kamar Mandi

Ada beberapa bahan yang biasanya digunakan dalam membuat pintu kamar mandi, yaitu aluminium dan PVC. Ukuran antara kedua material tersebut juga sangat berbeda. Seperti pada ukuran aluminium, maka ukuran untuk membuat pintu kamar mandi adalah 40 cm × 180 cm. Biasanya bahan ini digunakan untuk jenis rumah minimalis.

Jika Anda lebih suka menggunakan bahan material PVC, ukuran pintu yang bisa Anda buat adalah 72 cm × 220 cm. Ini juga sudah termasuk dengan ketebalan kusen. Ukuran pintu kamar mandi PVC yang cukup besar lebih memudahkan untuk mengeluarkan sesuatu dari kamar mandi.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Talang AirDaftar Harga Dak Keraton
Harga Pipa BesiHarga Besi Hollow

Jenis ruangan di atas juga disesuaikan dengan kegunaannya. Karena sebuah rumah juga bisa menjadi daya tarik dan nilai seni. Semakin pintar seseorang menata ruangan dan membuatnya enak dipandang, semakin banyak yang menginginkan rumah tersebut. Itulah beberapa ukuran kusen pintu untuk membuat berbagai ruangan dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *