Desain Kamar anak
Tips Properti

7 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak Terbaru 2020

Arsiteki.com – Kamar merupakan salah satu ruangan yang cukup penting bagi sebuah hunian. Pasalnya kamar merupakan ruangan pribadi untuk kita beristirahat setelah beraktifitas seharian. Selain itu didalam kamar kita juga bisa menyimpan berbagai barang pribadi yang penting.

Nah, disetiap hunian pastinya ada beberapa ruangan kamar yang bisa kita desain sesuai keingian. Misalnya saja, kamar tidur anak yang bisa kita desain sesuai dengan keinginan anak-anak kita. Selain itu, warna-warna cat juga sangat menentukan keindahan kamar anak tersebut.

Sementara itu, saat ini juga sangat banyak desain kamar anak modern yang cukup keren dan elegan dengan berbagai model dan karakter. Misalnya saja karakter Hello Kitty dan juga Avenger yang sangat banyak sekali peminatnya.

Namun untuk mendesain kamar tidur anak, kita juga perlu inspirasi dan juga kemauan anak-anak kita agar kamar yang kita desain sesuai dengan keinginan kita. Nah, berikut adalah beberapa tips mendesain kamar tidur anak yang bisa kita lakukan dirumah.

 

Tips Mendesain Kamar Tidur Anak

Tips Mendesain kamar tidur anak

Baberapa dari kalian pastinya masih khawatir untuk membiarkan anak tidur di kamar sendiri di usia sekecil itu. Ada baberapa ke khawatiran yang mungkin banyak dirasakan orang tua misalnya saja terjatuh dari kasur, kesepian ketika malam dan beberapa kekhawatiran lain yang sering menghantui anda.

Nah, untuk memastikan anak anda merasa nyaman dan aman di kamarnya dan juga untuk mengurangi kekhawatiran anda, ada baberapa tips yang dapat berguna untuk anda dalam merencanakan desain kamar tidur yang baik untuk buah hati anda, berikut ulasan lengkapnya.

1. Tentukan Tema

Hello kitty

Hal yang pertama yang perlu anda perhatikan ialah menentukan tema. Ya, seperti yang kita ketahui tema merupakan jantung dari sebuah ruangan tidak terkecuali kamar tidur anak. Anda bisa memilih hal-hal favorit atau karakter kartun yang paling mereka sukai sebagai tema utama kamar tidur mereka seperti Mobil, Superhero, Strawberry, Hello Kitty, Berbie, Minions dan lainya. Dan kamar yang didesain sesuai kesukaan mereka akan membuat anak-anak merasa kerasan dan nyaman berlama-lama dikamarnya.

2. Gunakan Tempat Tidur Yang Sesuai

Tempat tidur yang sesuai

Nah, hal yang satu ini juga tak kalah pentingnya adalah tempat tidur yang digunakan harus sesuai dengan tema ataupun ukuran ruangan tempat tidur tersebut. Dan kami sarankan untuk kalian agar menghindari penggunaan tempat tidur yang berukuran terlalu besar dan terlalu tinggi untuk kamar anak anda. Tempat tidur yang terlalu besar membuat lantai tempatnya bermain lebih sempit, sedangkan tempat tidur yang terlalu tinggi dapat mencelakakan buah hati anda apabila terjatuh.

Untuk menghindari hal tersebut maka kami sarankan untuk menggunakan tempat tidur dengan ukuran yang lebih yang kecil dengan ketinggan yang rendah agar anak-anak anda lebih nyaman dan aman saat tidur ditempat tidur tersebut.

3. Pilih Furnitur Yang Awet dan Tahan Lama

Furniture

Selain itu kalian juga bisa menggunakan furnitur kecil nan lucu untuk memberikan kesan menarik pada ruangan kamar tidur anak anda. Dengan adanya furnitur-furnitur didalam ruangan kamar anak anda akan membuat anak anda lebih nyaman dan lebih betah berada dikamarnya. Terlebih jika furnitur yang ada dikamar anak anda merupakan barang-barang kesukaan anak-anak anda.

4. Manfaatkan Mainan Sebagai Dekorasi Kamar

Kamar anak

Jangan sia-siakan boneka, miniatur ataupun karikatur kesukaan anak hanya dengan menyimpanya di kotak mainan. Anda bisa memanfaatkan barang-barang tersebut untuk dekorasi ruangan yang ternyata dapat mempercantik tampilan kamar tidur anak anda. Selain itu, letakan juga mainan edukatif di kamar tidur anak anda.

5. Pilih Palet Warna Cerah

Warna Cerah

Berikutnya ialah kalian disarankan untuk memilih warna palet yang cerah. Ya, seperti yang kita ketahui warna cerah dinilai akan memberikan kesan ceria dan dapat menstimulasi kreativitas anak-anak. Inilah kenapa kamar tidur anak lazimnya memang dicat dengan warna-warna vibrant. Perhatikan juga perpaduan warna cat dinding dan warna furnitur yang akan anda gunakan. Dan kami sarankan jangan terlalu kontras antara satu warna dengan warna yang lainya sehingga kamar akan terkesan sangat norak.

6. Dekorasi Langit-Langit Kamar

Desain Kamar tidur anak

Hal yang satu ini memang sering diabaikan oleh sebagian orang. Sementara itu, banyak orang yang terlalu fokus hanya pada bagian dinding dan furnitur saja sehingga lantai lupa bahwa mereka juga bisa memvariasikan bagian plafon kamar. Anda juga bisa mendekorasi langit-langit kamar dengan gambar awan dan mungkin juga bisa dengan pemandangan langit malam lengkap dengan tempelan bintang-bintang yang dapat berpijar dalam gelap untuk menemani tidur malam si buah hati tercinta.

7. Gunakan Karpet

Gunakan karpet

Berikutnya yang paling penting ialah gunakan karpet dikamar tidur anak anda. Hal ini dikarenakan anak-anak biasanya sering menghabiskan waktu bermaian di area lantai. Sehingga anda harus memastikan untuk melapisi lantai kamar tidur anak dengan alas lantai yakni karpet. Lantai yang terasa dingin ketika di injak bisa saja memicu penyakit di tubuh anak-anak. Sehingga karpet digunakan sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit yang dapat menjangkiti mereka.

Selain itu dengan adanya karpet juga bisa menambah keindahan ruangan dan juga melindungi permukaan lantai deri resiko tergores mainan. Gunakan karpet dengan berbulu pendek dengan motif-motif unik. Karpet evamat juga menjadi salah satu jenis karpet yang lazim digunakan untuk kamar tidur anak anda.

Baca Juga Informasi Lainnya
Perbedaan Beton dan BajaDaftar Harga Kawat Duri
Harga Kawat Bendrat 

Harga Batu Alam Andesit

Nah guys demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mendekorasi kamar tidur anak agar lebih nyaman dan aman saat digunakan. Dengan memperhatikan beberapa tips diatas pastinya kamar tidur anak anda akan jauh lebih keren dan lebih modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *