Tips Memilih Cat Rumah
Tips Properti

Tips Memilih Cat Rumah Yang Baik Agar Terlihat Menarik

Tips Memilih Cat Rumah – Ada banyak sekali pilihan merek cat tembok yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan juga imajenasi kita. Namun tahukah kamu bahwasanya memilih cat tembok yang benar memang harus memperhatikan berbagai aspek selain warna itu sendiri.

Dimana memilih cat tembok terbaik bisa di mulai dengan menentukan warna apa yang akan di pilih selanjutnya tinggal pengaplikasian. Namun terkadang dalam proses pengaplikasian juga terdapat kendala seperti bau yang di timbulkan dari cat tersebut.

Maka dari itu ARSITEKI.COM sudah merangkum berapa tips memilih cat rumah yang baik agar terlihat menarik. Dimana jika kita memiliki rumah ingin terlihat menarik salah satu hal penting yang menunjang adalah dengan pemilihan cat yang selaras, baik untuk bagian interior maupun eksterior.

Tersedia berbagai macam cat dengan jenis tipe dan warna yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di marketplace di kota kamu. Dalam memilih cat yang tepat buat rumah pasti ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang tidak boleh di lewatkan Nah kami ajak untuk mengupas detailnya sebelum anda membeli cat tersebut tentunya.

Tips Memilih Cat Rumah Yang Baik

Tips Memilih Cat Rumah
Tips Memilih Cat Rumah

1. Warna lembut untuk mendapatkan suasana yang tenang

Untuk anda yang berkarakter tenang warna-warna seperti Hijau muda, hijau pupus, unggu, biru laut dan biru muda sangat pas buat dipilih. Warna tersebut menghadirkan sensasi suasana yang menyejukan dan dapat memberikan penyeimbang emosi serta menghilangkan stres berlebih. Rumah dengan cat warna-warna ini akan membuat interior rumah anda terasa lebih luas, jadi untuk anda yang mempunyai karakter pendiam dan memiliki kebribadian serius warna ini menjadi rekomendasi tepat untuk anda pilih.

2. Warna natural untuk suasana yang lebih hangat

Jika anda mempunyai atau berkarakter hangat memiliki semangat yang tinggi, simple, serta bersahabat, warna-warna natural seperti warna merah, kuning, coklat, warna-warna tersebut sangat cocok buat anda sebab warna tersebut dapat mereflesikan karakter anda. Karena memiliki warna yang cerah interior maupun exterior rumah anda akan memancarkan atau memberikan energi positif bagi para penghuninya tentu semangat dan kehangatan akan membantu anda dalam mengepreksikan diri anda terhadap dunia luar kian lebih berwarna.

3. Warna ceria menghadirkan suasana fresh dan penuh vitalitas

Untuk menghadirkan atau menciptakan rumah dengan karakter penuh gairah dan fresh serta lebih hidub penuh vitalitas kami anjurkan anda memilih warna putih kebiru-biruan, kuning muda, hijau limau, kuning lemon, hijau apel, biru laut, atau pink. warna dengan karakteristik tersebut sangat cocok buat anda yang memiliki karakter terbuka menyatu dengan alam serta memiliki kepribadian yang suka dengan sesuatu hal-hal yang unik dan baru.

4. Warna cerah dan tegas mennonjolkan kesan karakter berani

Sekumpulan warna cerah dan tegas seperti hijau tua, biru tua, dan biru dongker akan menghadirkan sensasi rumah yang berani. Warna-warna tersebut menciptakan suasana yang lebih expresive aktif dan percaya diri serta memberi efek konsentrasi lebih pada penghuninya. jenis warna ini sangat cocok untuk karakter pribadi yang lebih dinamis, senang bergaul, dan berjiwa muda.

5. Untuk mendapatkan hasil akhir yang tepat pilih cat berdasarkan karakteristiknya.

Setelah anda mengetahu psikologi yang mengupas detail tentang penggolongan mengenai jenis warna cat lalu anda perlu memahami karakteristik cat berdasarkan hasil akhirnya. Ada beberapa cat yang menghasilakan efek glossy, doff, satin,eggshell. Nah berikut ulasanya.

6. Cat glossy untuk tampilan mengkilap dan mudah dibersihkan.

Cat glossy digolongkan menjadi dua yakni high gloss dan semi gloss karakteristik cat ini akan terlihat atau menimbulkan efek berkilau. Cat ini sangat bagus buat tembok luar yang terkena sinar matahari sementara itu cat semi gloss cocok untuk di aplikasikan pada dinding dapur dan kamar mandi walau tidak memberikan efek lebih mengkilap layaknya high gloss tetapi cat ini tidak mudah terkelupas. Kelebihan lain cat ini mudah di bersihkan jika terkena noda yang menempel.

7. Cat doff atau matte berkarakter menyatu dengan dinding

Cat doff atau yang banyak disebut dengan nama cat matte tidak memantulkan cahaya. Pasalnya cat ini tidak berkilau seperti halnya cat glossy. Cat ini memiliki karakter lembut dan nampak menyatu dengan dinding efeknya cat ini memberikan kesan kalem dan sederhana, kelebihan lain dari cat ini adalah mampu menutupi kekurangan atau kecacatan warna tekstur permukaan tembok. Akan tetapi kelemahan pada cat ini adalah cepat mengapur jika dibandingkan dengan Tips Memilih Cat Rumah cat glossy lalu untuk membersihkan noda lumayan sulit tetapi soal keamanan bahan baku, cat doff lebih baik dibandingkan cat glossy.

8. Cat eggshell untuk hasil akhir tembok yang bertekstur dan mudah dibersihkan

Tahapan Melakukan PengecaTAN
Tahapan Melakukan PengecaTAN

Cat Eggshell atau bisa juga di kenal dengan kulit telur, adalah jenis cat dengan hasil akhir yang bertekstur tetapi halus, cat ini tidak memantulkan sinar matahari dan cat ini mudah dibersihkan jika terkena noda. Cat ini direkomendasikan untuk dinding ruang kerja, ruang tamu atau ruang keluarga, Dengan aplikasi cat eggshell memberikan sensasi lebih berkarakter unik lewat tampilan diding yang bertekstur.

9. Cat satin memberikan kesan mewah

Cat ini sangat cocok untuk menampilkan unsur kemewahan pada hunian anda. Jika anda mengunakan cat satin ini rasa atau sensasi kemewahan akan terpancar jelas walau tidak mengkilap seperti cat glossy dan menyatu dengan dinding layaknya cat jenis doff, namun cat ini halus saat di sentuh terasa lembut di tangan selain itu cat ini mudah dibersihkan cocok untuk ruang tamu dan bagi anda yang memiliki restoran atau galerry jenis cat satin ini sangat cocok untuk diaplikasikan karena akan memberikan unsur kemewahan maka jenis cat ini tentu menjadi pilihan terbaik anda.

10. Pilih cat dengan lokasi tembok, bagian dalam atau luar rumah

Hal ini penting karena bidang apa yang akan anda cat tembok dalam rumah atau tembok luar rumah, kenapa ini begitu cukup penting diperhatikan karena unsur yang terkandung di dalam cat pastinya berbeda jika cat dalam rumah yang dikenal dengan cat interior ini menggunakan bahan dasar air ( water- based) dan mudah dibersihkan saat terkena noda menempel.

Lain hanya cat tembok luar rumah atau yang lebih dikenal cat eksterior, Anda harus mencari cat khusus eksterior yang memiliki nilai fleksibel atau berbahan latex acrylic. Hal ini bertujuan dikarenakan tembok luar rumah akan lebih intens dalam menerima terpaan sinar matahari ataupun hujan serta polusi dari berbagai kendaraan oleh sebab itu untuk menanggulangi gejala alam tersebut tentu dibutuhkan cat yang lebih elastis dan mampu menghadapi perubahan cuaca serta tidak mudah mengelupas.

11. Kualitas dan daya tahan cat

Banyak orang pasti berharap cat rumahnya awet sehingga tidak perlu repot mengecat ulang rumahnya. Untuk itu anda haruslah selektif dalam memilih cat yang benar-benar berkualitas. Kami sarankan anda memilih cat yang benar-benar tahan terhadap segala terpaan cuaca, tidak mudah terkelupas,tidak mudah jamuran, selain itu cat rumah sebaiknya juga mudah dibersihkan dari noda yang menempel supaya ringan dalam perawatanya.

12. Pilih Warna Yang Sesuai dengan kesan rumah yang ingin ditonjolkan

Langkah ini sangat penting karena mengecat tambok pastinya harus sudah memilih warna cat yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam aspek memilih warna cat sebaiknya anda jangan gegabah atau asal-asalan dalam menentukan pilihan warna. Sebab memilih warna yang tepat akan membuat mood penghuninya selalu fresh dan di sisi lain pemilihan warna yang tepat akan menggambarkan nilai kepribadian anda berdasarkan pemilihan warna cat.

13. Tidak Mengandung Bahan Yang Berbahaya

Tips menentukan cat rumah yang baik selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandungan bahan yang digunakan cat tersebut, jangan karena harganya murah kita melupakan aspek kandungan dalam cat. Karena salah-salah kandungan bahan yang berbahaya dalam cat rumah akan berdampak buruk pada kesehatan si penghuni rumah.

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Besi Beton

Harga Batu Bata Merah

Cat berkualitas tinggi dan awet biasanya memiliki harga yang lumayan mahal, Namun, kalau anda memilih cat yang murah biasanya anda akhirnya menjadi lebih boros kenapa demikian sudah pasti karena ujung-ujungnya anda akan bolak-balik mengecat rumah kembali dan tentu akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit tentunya. maka ada baiknya anda pertimbangkan matang-matang dan jangan lupa simak Tips Memilih Cat Rumah diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *