Syarat dan Biaya Pasang Listrik 450 Watt Subsidi

Biaya Pasang Listrik 450 Watt – Sudah sejak lama PLN memiliki program listrik subsidi 450 Watt atau 450 VA yang dikhususkan untuk warga kurang mampu. Melalui program ini, masyaraka Indonesia akan mendapatkan keringan dalam membayar tagihan listrik serta biaya pasang listrik yang lebih terjangkau.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan listrik subsidi dari PLN. Syarat yang utama adalah harus terdata sebagai warga kurang mampu. Jadi apabila tidak terdata maka jangan harap bisa pasang listrik 450 Watt subsidi.

Listrik subsidi memang menarik. Sebab biaya pasang lisrik 450 Watt subsidi akan mendapatkan diskon pemasangan 50% sehingga biayanya lebih terjangkau. Diskon tersebut berlaku untuk pemasangan listrik pascabayar dan prabayar.

Saat mengajukan pemasangan listrik 450 Watt subsidi, pelanggan akan diberikan opsi untuk memilih listrik prabayar atau pascabayar. Untuk listrik prabayar mengharuskan pelanggan PLN untuk membeli token atau pulsa listrik. Sedangkan listrik pascabayar menggunakan sistem tagihan perbulan.

Belum lama ini Pemerintah juga meluncurkan program listrik gratis untuk pelanggan PLN 450 VA subsidi yang terdampak pandemi Virus Corona. Program tersebut tentu tidak selamanya. Meksipun begitu pelanggan listrik 450 VA subsidi tetap akan mendapatkan keringanan dalam membayar tagihan listrik.

Bagi anda yang tergolong orang kurang mampu maka tidak ada salahnya mengajukan pemasangan listrik baru 450 Watt subsidi. Namun sebelum itu silahkan simak terlebih dahulu syarat pasang listrik 450 Watt subsidi berikut ini.

Syarat Pasang Listrik 450 Watt Subsidi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa memasang listrik 450 Watt subsidi. Adapun syarat-syaratnya silahkan simak informasi berikut.

  1. Kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat)
  2. Nama di KTP harus sesuai dengan yang tertera pada kartu KIS
  3. Kartu keluarga

Persyaratan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Namun pada intinnya listrik 450 Watt subsidi hanya dikhususkan untuk warga tidak mampu. Jadi apabila anda merasa warga yang tidak mampu maka bisa mengajukan pemasangan listrik subsidi.

Biaya Pasang Listrik 450 Watt Subsidi

Sayangnya biaya pasang listrik 450 Watt subsidi tidaklah gratis. Namun dibanding biaya pasang listrik 900 Watt ataupun listrik 1300 Watt, tentu jauh lebih terjangkau. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui berapa biaya pasang listrik 450 Watt subsidi silahkan simak informasi arsiteki.com di bawah ini.

1. Pascabayar

Biaya Pasang Listrik 450 VA Subsidi

Biaya pemasangan lisrik pascabayar dan prabayar berbeda. Sebab untuk listrik pascabayar harus membayar biaya jaminan langgana sebesar Rp. 32.400. Sedangkan untuk biaya penyambungannya adalah sebesar Rp 421.000, sesuai dengan Permen ESDM No.27 Tahun 2017 yang masih digunakan hingga saat ini.

Menariknya, PLN memberikan diskon 50% sehingga biaya penyambungan listrik 450 Watt menjadi Rp. 210.500. Entah sampai kapan diskon tersebut akan berlaku. Nah untuk mengetahui biaya pemasangan terbaru kami sarankan untuk datang langsung ke kantor PLN terdekat.

2. Prabayar

Biaya Pasang Listirk 450 Watt Prabayar

Biaya penyambungan listrik prabayar dan pascabayar sama saja, yakni Rp. 421.000. Namun setelah diskon biayanya menjadi Rp. 210.500. Selain itu, pelanggan harus membeli token perdana minimal Rp. 5.000. Sedangkan untuk jaminan langganan tidak berlaku untuk listrik pascabayar.

Bisa dikatakan biaya pasang listrik 450 Watt pascabayar lebih murah dibanding prabayar. Namun selisihnya sangat sedikit, yakni Rp. 32 Ribuan. Kami sendiri lebih memilih listrik prabayar karena pembayaran listrik bisa dilakukan di akhir bulan, sesuai dengan pemakaian listrik perbulan.

Bagi yang memiliki listrik prabayar maka harus membeli token atau pulsa agar listrik dapat digunakan. Jika token habis maka mau tidak mau harus mengisinya. Inilah kekurangan listrik prabayar yang membuat banyak orang enggan memilihnya.

Sebenarnya listrik pascabayar sangatlah bagus. Sebab pelanggan bisa mengontrol pemakaian listrik berdasarkan jumlah token atau pulsa listrik yang dibeli. Nah setelah mengetahui biaya pasang listrik 450 Watt, lalu bagaimana cara pasang listrik baru 450 Watt tersebut?

Ada dua cara pasang listrik 450 Watt. Cara yang pertama adalah datang langsung ke kantor PLN terdekat. Sedangkan cara yang kedua adalah melalukan pemasangan secara online melalui situs layanan.pln.co.id.

Pasang listrik online merupakan terobosan PLN yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat Indonesia memasang listrik. Nah untuk mengetahui bagaimana cara pasang listrik online, silahkan simak artikel sebelumnya mengenai “Cara Pendaftaran Pemasangan Listri Baru Online“.

Meskipun melakukan pemasangan listrik secara online, PLN tetap memberikan diskon 50% untuk masyarakat Indonesia yang kurang mampu. Cukup sekian informasi arsiteki.com pada kesempatan kali ini. Silahkan melakukan pemasangan agar bisa menggunakan Lampu Pintar maupun beragam perangkat elektronik lainnya.

Tinggalkan komentar