Jenis-Jenis Semen
Tips Properti

Merk Semen Terbaik Untuk Bangunan & Kelebihannya

Merk Semen Terbaik – Tak perlu di pungkiri lagi bahwa semen merupakan bagian yang paling penting dalam membuat bangunan atau rumah. Dimana bisa di bayangkan jika kita membuat rumah namun semen yang digunakan tidak kuat. Maka kehancuran hanya menunggu waktu saja pada bagunanan rumah tersebut.

Memilih semen untuk rumah sendiri gampang-gampang sulit, semakin sulit karena ada cukup banyak pilihan merk semen yang bisa kamu pilih di toko bangunan. Meskipun semua merek memiliki perfoma yang apik namun setiap merek juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu kali ini ARSITEKI.COM akan memberikan informasi yang mungkin sangat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan info ini.

Jika ingin membuat bangunan Rumah, Gedung, Jalan dan lain sebagainya yang kokoh tentunya akan membutuhkan material bangunan yang terbaik. Material bahan bangunan yang paing berpengaruh saat ini adalah Semen. Semen sendiri merupakan salah satu bahan baku terpenting dalam proses pembangunan. Agar menghasilkan bangunan yang bagus tentunya harus memilih kualitas produk semen yang benar – benar berkualitas serta tahan lama.

Memilih Semen yang bagus tentunya akan akan berdampak baik untuk ketahanan dan awetnya suatu bangunan. Jadi untuk itu anda harus memilih semen dengan kualitas terbaik yang sudah berstandar SNI. Semen Juga memiliki banyak jenis semen campur, maka untuk itu anda harus mengetahui Jenis Semen Campur yang beredar di pasaran.

Daftar Merk Semen Terbaik

Merk Semen Terbaik

1. Semen Tiga Roda

Siapa sih yang tidak tahu dengan semen ini, Produk yang telah memenuhi bermacam standarisasi produk seperti Standar nasional Indonesia (SNI) dan European Standard(EU). Semen ini akan menghasilkan beton atau plester yang lebih halus dan rapat sehingga jika anda ingin membangun sebuah rumah, gedung dan lain sebagainnya anda dapat mengunakan semen berjenis Tiga Roda inidan akan menghasilkan bangunan yang halus dan rapat. Harga Semen Tiga Roda ini juga terbilang relatif cukup mahal dari merk semem yang lainnya yaitu sekitar Rp. 39.500 – Rp 100.000.

2. Semen Holcim / Semen Dynamix

Semen yang memiliki keunggulan seperti Micro Filler Particel yaitu berupa butiran minerak mikro yang halus dam mampu mengisi rongga dengan sempurna guna menampilkan permukaan yang halus. Semen ini juga memiliki sertifikasi Greean Label dari Singapura karena produk semen ini ramah lingkungan. Oleh karena itu banyak masyarakat yang sudah menggunakan semen ini. Harga Semen Holcim atau Semen Dynamix ini sekitar Rp 39.200 – Rp 75.900.

3. Semen Garuda

Semen Garuda juga tidak kalah dengan merk semen yang lainnya pasalnya semen ini juga memiliki sertifikasi SNI. Semen yang tahan terhadap serangan sulfat dan juga kedap air sangat cocok digunakan. Tidak hanya itu saja semen ini juga mampu menghasilkan permukaan yang halus dan tidak mudah retak ehingga mampu membuat kontruksi mejadi tahan lama. Harganya pun cukup relatif hanya berkisar Rp 36.000 – Rp 65.100 sesuai dengan spesifikasi semen.

4. Semen Batu Raja

Produk semen dari Indonesia ini memilik kualitas semen yang juga sangat baik dan cocok digunakan untuk kontruksi bangunan. Semen yang sangat mudah dijumpai di pasaran ini bisa menjadi salah satu referensi bagi anda yang ingin atau sedang membangun rumah atau bangunan yang lainnya semen ini sangat cocok buat anda. Harganya pun cukup murah dan terjangkau hanya Rp 43.000 – Rp 56.000.

5. Semen Padang

Semen tertua di Indonesia ini merupakan pabrik semen pertama di Indonesia. Semen yang sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat karena semen tertua ini memiliki kualitas produk yang sangat tinggi dan juga sudah banyak di gunakan dari dulu hingga sekarang. Semen ini di produksi di Indarung, Sumatera Barat karena pada kawanan Indarung terkenal memiliki bahan baku semen terbaik di Indonesia. Semen ini juga sudah ber Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam pengerjaan semen tersebut terbilang mudah dan tahan lama. Semen ini juga tahan akan kandungan sulfat dan asam sedang. Semen ini dijual dengan harga Rp 48.000 – Rp 54.000.

6. Semen Gresik

Semen yang juga memiliki sertifikasi ISO 14001 sebagai tanda bahwa produk semen ini yang ramah lingkungan. Semen ini juga memiliki kualitas produk yang kokoh dan handal untuk setiap bangunan. Sudah terbukti bahwa semen ini memiliki kualitas yang sangat bagus dari pemakainan semen dalam bangunan berbagai landmark serta struktur monumenta. Semen ini dijual dengan harga Rp 41.000 – Rp 51.000.

7. Semen Merah Putih

Semen Merah Putih yang memiliki kandungan material pozzolanic, dimana material ini akan memberikan bangunan lebih tahan lama. Semen ini menggunakan bahan baku pilihan yang berkualitas premium sehingga mampu memberikan hasil akhir pada bangunan agar lebih kuat dan tahan lama karena menggunakan proses produksi teknologo mutakhir yang canggih. harga produk Semen Merah Putih ini dijual dengan harga Rp 47.000 – Rp 50.000.

8. Semen Jakarta

Semen Jakarta adalah salah satu merk semen yang berkualitas dan mempunyai keunggulan seperti hemat pada penggunaan, cepat kering, kokoh dan tahan lama. Tidak hanya itu saja semen merk ini juga menghasilkan permukaan yang halus karena menggunakan bahan berkualitas tinggi. Semen ini juga memiliki harga yang terjangkau sehingga sudah banyak yang menggunakan semen bermerk ini. Harga Semen Jakarta Rp 35.000 – Rp 43.000.

Jenis Semen Campur Di Indonesia

Perbandingan Jenis Semen

1. Portland Composite Cement (PCC)
Semen ini digunakan untuk bahan pengikat kontruksi beton, memasang batu bata, beton pra cetak, mengikat paving block, memplester dan lain sebagainnya. Semen ini juga kedap air, tahan dengan sulfat, Permukaan acian lebih halus dan tidak mudah retak sehingga mudah untuk digunakan.

2. White Portland Cement (Semen Putih)
Semen ini dibuat untuk menutupi lapisan keramik, menutupi celah pada pembatas antara Gypsum satu dengan yang lainnya dan untuk dekoratif. Semen ini dibuat dengan persyaratan bahan baku dan proses pembuatan yang khusus. Bahan mentahnya mengandung oksida besi dan oksida manganese yang sangat rendah (dibawah 1%) agar menghasilkan produk berkualitas yang baik.

3. Super Portland Pozzolan Composite Cement (PPC)
Jenis semen ini sangat cocok untuk membangun rumah serta bangunan yang bertingkat, Bendungan, saluran irigasi dan fondasi. Karena semen ini mengandung ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang sehingga sangat cocok digunakan pada daerah tepi pantai serta daerah rawa/gambut.

Pilihlah semen yang berkualitas dan yang terbaik sehingga akan menghasilkan bangunan yang kokoh. Anda juga harus mengetahui tips atau cara memilih semen yang bagus sehingga layak untuk digunakan. Tips Memilih Semen berikut langkah memilih semen.

Tips Memilih Semen Untuk Rumah

  • Tidak mengumpal
    Apabila semen ditekan terasa lembut maka semen tersebut masih memiliki kualitas yang baik, Namun sebaliknya apabila semen ditekan terasa keras maka semen tersebut sudah lama terimpan.
  • Mengapung di Air/ Tidak Tenggelam Dalam Air
    Semen yang bagus jika akan digunakan tidak langsung tenggelam di air, semen tersebut akan mengapung sementara waktu. Namun sebaliknnya jika semen langsung tenggelam maka semen tersebut kualitasnnya kurang bagus.
  • Kemasan Tertutup Sempurna
    Semen yang bagus memeiliki kemasan tertutup sempuran, tidak ada tutup semen yang terbuka, tidak basah dan tidak terdapat tambalan sehingga kualitas semen masih terjaga kualitasnnya. Namun sebaliknnya jika semen sudah terbuka maka dipastikan semen tersebut sudah terkena udara atau semen tersebut sudah menggumpal.
  • Tersertifikasi SNI
    Semen yang sudah memiliki sertifiksi SNI ( Standar Nasional Indonesia) akan menjamin kualitas pada semen karena telah teruji kelayakan bahan dan memenuhi kebutuhan pada bagunan.

Pelru di Ingat bahwa daftar Merk Seman Terbaik diatas merupakan rekomendasi murni dari Arsiteki. Maka tidak menutup kemungkinan susunan semen terbaik diatas berbeda dengan keadaaan pasar atau bahkan kebutuhan pengguna. Karena pada dasaranya Merk semen terbaik memang tergantung kebutuhan pengguna itu sendiri.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Cat AkrilikHarga Loster Kayu
Harga Pintu Galvalum

Harga Pintu Aluminium

Nah itulah merk semen terbaik, cara memilih semen terbaik. Daftar harga semen akan berubah sesuai dengan kebutuhan. Jadilah pembeli yang cerdas, sehingga tidak akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Pilihlah atau gunakanlah semen yang terbaik sehingga bangunan yang akan dibagun kuat, kokoh dan tahan lama. Semoga informasi menggenai Merk Semen Terbaik dapat membantu anda sebagai referensi atau acuan untuk estimasi biaya dan memudahkan anda dalam mengambil keputusan yang terbaik.

3.5/5 (8 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *