Kelebihan Granit
Keramik & Granit

13 Kelebihan Granit Lantai Serta Jenis Jenis Granit

Kelebihan Granit Lantai – Granit merupakan salah satu jenis batuan beku yang memiliki sifat asam dimana batu jenis ini terbentuk dari proses pembekuan magma yang berlangsung secara alami dengan bertahap di dalam lapisan bumi. Batu Granit sendiri memiliki banyak kegunaan dan bisa kita jumpai di berbagai tempat yang mayotaitas sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan rumah.

Secara tampilan fisik batu granit memiliki warna putih, abu-abu dan kombinasi keduanya juga bisa kamu jumpai. Namun kamu juga masih bisa menjumpai batu granit dengan warna merah muda dan jingga, warna yang muncul merupakan proses kimiawi secara alami.

Batu granit memang terkenal memiliki kekuatan yang sangat baik dengan cirikhas kilauan alami yang membuat batu granit terlihat menarik. Batu granit dengan kekuatanya itu juga bisa di aplikasikan di dalam maupun di luar ruangan selain juga memiliki kemampuan tahan cuaca yang sangat baik.

Buat kamu yang hendak menggunakan batu granit untuk kebutuhan rumah baik lantai ataupun lainnya maka wajib untuk mengetahui kelebihan granit lantai terlebih dahulu sebelum nantinya memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan Granit Lantai

Kelebihan Granit Lantai

1. Kuat dan Mudah Dibersihkan

Ingin lantai rumahmu terlihat lebih mewah dan elegan? Kamu bisa menggunakan jenis batu yang satu ini. Granit adalah salah satu jenis batu keras yang sangat cocok digunakan untuk lantai karena selain bermotif alami, granit juga kuat untuk digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Tidak hanya itu, lantai yang menggunakan granit juga lebih mudah dibersihkan cukup hanya dipel ataupun dilap menggunakan gasebo atau lainnya. Granit juga terkenal tahan terhadap goresan sehingga lantai kamu akan tetap bagus dan aman walaupun ada benda yang menggores lantai.

2. Awet dan Tahan Lama

Lantai yang menggunakan batu granit akan lebih awet dan tahan lama dikarenakan batu granit memiliki kualitas yang sangat bagus dibanding dengan jenis material lainnya. Dengan perawatan yang tepat, batu granit bisa kuat sampai 10 tahun bahkan bisa lebih dari itu.

Untuk masalah harga memang batu granit lebih mahal, namun dibalik harga yang mahal kamu bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering-sering merenovasi ataupun mengganti lantai. Granit menjadi salah satu rekomendasi untuk kalangan menengah ke atas karena selain awet, batu granit juga terlihat mewah yang sangat cocok untuk rumah dengan gaya modern.

3. Desain yang Variatif

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, para pengrajin granit telah berhasil memproduksi berbagai variasi granit yang bermacam-macam motif dan warnanya. Granit juga memiliki berbagai pilihan finishing yang berbeda-beda seperti Finishing honed, jenis ini memiliki struktur non kilat yang sangat cocok dipilih untuk area yang sering dilewati.

Finishing polished, finishing ini cocok untuk digunakan pada bangunan mewah yang jarang dilewati karena jika sering dilewati, lantai granit akan menjadi semakin licin dan itu pastinya akan membahayakan bagi yang melewati lantai granit tersebut. Ada juga granit jenis brushed yang memiliki permukaan antara kasar dan lembut sehingga untuk granit jenis ini sangat cocok digunakan pada area yang sering dilewati.

4. Memiliki Kualitas yang Sesuai dengan Harga

Granit memang harganya lebih mahal dibanding dengan keramik, namun jika dipertimbangkan kamu akan memperoleh banyak keuntungan ketika lantai rumah kamu menggunakan granit. Tidak hanya memberikan kesan mewah pada rumah kamu, lantai granit juga lebih awet dan tahan lama walaupun dipakai untuk jangka waktu yang lama sehingga tidak perlu sering merenovasi lantai rumah.

Dengan lantai yang menggunakan batu granit, rumah kamu juga akan memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi salah satu peluang untuk dijadikan investasi. Jika kamu merawat lantai granit dengan baik dan rutin, maka lantai granit-pun akan lebih awet dan mengkilap seperti baru yang akan membuat tampilan interior rumahmu semakin bagus dan menyenangkan.

5. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Material granit sangat kuat sehingga tidak akan mudah lapuk ketika dipakai dalam jangka waktu yang lama dengan segala kondisi cuaca yang tidak menentu. Lantai yang menggunakan granit juga tidak akan berjamur walaupun didalam ruangan yang lembap akibat cuaca hujan.

Di negara kita mempunyai dua musim yaitu musim hujan dan musim panas dengan demikian pemakaian granit sangat cocok digunakan untuk lantai rumah kamu karena struktur granit yang sangat kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Untuk itu, pemakaian material granit sangat direkomendasikan sebagai lantai rumahmu agar lantai selalu awet dan kuat meskipun pada cuaca hujan atau panas.

6. Tahan Air

Berbeda dengan material kayu yang akan mudah lapuk, pecah dan rapuh jika terkena air atau pada ruangan yang lembap. Granit mempunyai lapisan seal yang membuat material ini memiliki daya tahan terhadap air dan ruangan yang lembap sehingga lebih awet untuk digunakan.

Granit juga sangat cocok digunakan pada area yang basah seperti dapur dan kamar mandi karena ditempat tersebut sering terkena air dan untuk membersihkannya pun sangat mudah, cukup di pel lantai granit akan kembali bersih dan cepat kering. Jadi, bagi kamu yang lantainya belum menggunakan granit, segera beralih ke granit karena kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan.

7. Memberikan Kesan Mewah pada Rumah Minimalis

Batu granit sudah dikenal banyak orang karena terkesan mewah yang menjadikan batu alam jenis ini banyak digunakan untuk menghiasi lantai rumah mereka. Batu granit juga sangat cocok untuk kamu yang mempunyai rumah minimalis karena dengan rumah minimalis, kamu tidak perlu mengeluarkan dana yang begitu banyak karena rumah minimalis mempunyai lantai yang tidak luas sehingga tidak memerlukan batu granit yang banyak.

Rumah minimalis kebanyakan mengutamakan keindahan sehingga batu granit sangat cocok untuk memperindah interior rumah kamu. Dengan lantai yang menggunakan batu granit akan tampak seperti lebih luas, hal ini dikarenakan jarak antara batu granit lebih tipis bahkan hampir tidak terlihat sambungan antara batu granit tersebut.

Jenis Batu Granit

Kelebihan Granit Dan Kekurangannya
Batu granit sendiri hadir dalam berbagai jenis yang berbeda, dimana semakin baik grade dan corak yang dibawa maka otomatis akan semakin mahal pula harga batu granit tersebut. Berikut adalah beberapa jenis batu granit yang cukup lazim bisa kamu jumpai di pasaran.

  1. Keramik batu granit hitam : Salah satu jenis granit yang paling terkenal biasanya digunakan untuk kebutuhan bahan dinding, meja, dan lantai.
  2. Keramik batu granit biru : Tampilan elegan yang muncul dari sinar perak yang di pancarakan merupakan kelebihan granit jenis ini.
  3. Keramik batu granit putih : Salah satu garanit yang paling fleksibel bisa di aplikasikan di berbagai tempat dengan bandrol harga termurah.
  4. Keramik batu granit emas : Granit jenis ini sangat menarik digunakan pada ruangan yang besar.
  5. Batu granit cokelat : Granit jenis ini sangat cocok di kombinasikan dengan logam dan kayu.
  6. Granit hijau : Granit hijau sering di katakan sebagai granit terbaik karena tampilannya yang mewah dan berkelas.

Jenis- Jenis granit diatas bisa dengan mudah kamu jumpai dengan harga yang beragam, Harga Granit Murah juga bisa menjadi solusi kamu yang ingin mencoba menggunakan granit lantai sebagai pengganti dari kramik. Demikian informasi menarik yang bisa Arsiteki.com sampaikan untuk kamu yang memang sedang berrencana untuk memiliki Granit lantai untuk mempercantik huniannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *