Kelebihan Genteng Metal Pasir
Tips Properti

Kelebihan Genteng Metal Pasir Yang Wajib Di Ketahui

Kelebihan Genteng Metal Pasir – Genteng metal pasir belakangan sedang sangat marak di industri bangunan dimanan genteng ini jelas memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan genteng metal biasa. Sesuai dengan namanya genteng metal pasir merupakan genteng metal yang di imbuhi dengan lapisan pasir pada bagian atasnya.

Dimana genteng metal pasir sendiri merupakan genteng yang terbuat dari galvalume az100 dengan campuran dari zincalume galvanis serta baja ringan yang membuatnya memiliki durability yang sangat baik. Dengan lapiasan pasir di atasnya jelas juga mampu membuat genteng ini tahan panas dan juga hujan.

Genteng metal pasir semakin di minati di berbagai tempat terutama di perkotaan seperti rumah huni, sekolah, gudang, kantor, puskesmas, Pertokoan dan sebagainya. Bahkan di kawasan Kalimantan sendiri genteng metal pasir menjadi salah satu genteng yang paling banyak di gunakan di kawasan tersebut yang sekali lagi membuktikan bawa genteng metal berpasir memang memiliki banyak peminat.

Namun kepopuleran ganteng tanah liat di Indonesia membuat genteng metal berpasir masih menjadi pilihan nomor dua bagi konsumen Tanah Air. Dalam kesempatan kali ini ARSITEKI.COM akan memberikan ulasan menarik menggenai Kelebihan Genteng Metal Pasir yang wajib kamu ketahui.

Kelebihan Genteng Metal

Kelebihan Genteng Metal Pasir
Kelebihan Genteng Metal Pasir

1. Bobot Yang Ringan

Genteng metal pasir berbentuk lembaran maka sudah pasti memiliki bobot yang ringan dimana rata-rata berat genteng metal pasir sendiri adalah 7 kg untuk satu lembarnya. Jika dibandingkan dengan genteng beton yang bisa sampai 60 kg atau genteng tanah liat maka sudah pasti genteng jenis ini memiliki bobot yang cukup bersahabat. Selain itu dengan bobotnya yang ringan juga akan membuat rangka di bawahnya menjadi memiliki beban yang tidak terlalu besar.

2. Bisa Menggunakan Rangka Yang Sederhana

Dengan bobot yang terbilang ringan dan struktur pemasnagan yang saling melengkapi membuatnya mudah di pasang serta tidak membutuhkan struktur rangka yang rumuit untuk memasangnya. Bisa menggunakan kayu atau baja ringan untuk struktur rangkanya sendiri sehingga tidak ribet dalam menyedukakan dengan rangkanya.

3. Daya Tahan Lebih tinggi

Terbuat dari bagan metal atau logan membuat genteng metal atau genteng metal berpasir memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Dengan komposisinya tersebut secara otomatis membuat beberapa keunggulan dibandingkan genteng lain seperti tanah liat, dengan daya tahannya tersebut maka tidak heran jika genteng metal menjadi salah satu genteng yang memiliki waktu yang lama dan dapat dipakai sampai berpuluh-puluh tahun.

4. Anti Karat

Pada umumnya genteng jenis ini di buat dengan lapisan anti karat sebelum di aplikasikan dengan menggunakan pasir. Dengan lapisan anti karat tersebut membuat genteng ini lebih awet dimana pengguna ga usah kahawtir akan mendapati korosi atau mungkin karat jika menggunakan genteng ini.

5. Meredam Bunyi

Jika dibandingkan dengan seng atau bahkan genteng metal maka sudah pasti genteng metal pasir memiliki daya redam yang lebih baik. Hal ini sangatlah baik terlebih saat berada di dalam kondisi hujan genteng ini tidak akan terlalu berisik. Namun dengan kombinasi pemasangan plafon dan juga genteng yang benar akan membuat genteng ini lebih baik dalam meredam bunyi.

6. Banyak Pilihan Warna

Perlu kamu ketahui bahwa genteng metal pasir memiliki banyak sekali pilihan warna menarik, dengan banyaknya pilihan warna tentu saja akan membuat genteng jenis ini sangat cocok sebagai genteng untuk pengguna yang menginginkan rumahnya tampil beda. Jika dibandingkan dengan genteng asbes atau mungkin tanah liat yang tidak memiliki banyak pilihan warna.

7. Pemasangan Yang Mudah

Kelebihan Genteng Metal Pasir yang selanjutnya adalah pemasangannya yang terbilang sangat mudah serta tidak memakan banyak waktu. Dimana pemasangannya hanya perlu di hamparkan lalu di pasangi skrup untuk membuat nya lebih kuat.

8. Cocok Di Semua Daerah

Asalkan pemasangannya benar sebenarnya genteng jenis ini juga sangat cocok di gunakan di berbagai tempat atau daerah dengan iklim yang berbeda-beda. Bahkan sangat di anjurkan untuk darah rawan gempa wajib sekali menggunakan genteng jenis ini, hal ini tidak terlepas dari genteng metal pasir yang kuat terhadap goncangan dan lebih menyatu.

9. Ramah Lingkungan

Belum banyak yang tau kalau genteng metal terbuat dari 60% bahan daur ulang seperti serpihan besi maupun seng dengan demikian semakin banyak penggunaan genteng ini maka akan semakin banyak pula sampah yang akan di urai. Oleh sebab itu tidak salah rasanya jika genteng ini di katakan ramah lingkungan.

10. Harga Murah

Jika di bandingkan dengan harganya dengan genteng jenis lain seperti genteng tanah liat, Seng atau asbes maka sudah pasti harganya lebih mahal. Namun jika melihat genteng ini memiliki waktu durasi penggantian yang terbilang lebih dari puluhan tahun maka sudah jelas bisa di katakan lebih murah dibandingkan genteng lainnya seperti seng, Asbes, dan tanah liat yang tidak sampai waktu segitu.

Nah itu dia beberapa kelebihan Genteng Metal Pasir yang wajib kamu ketahui sebelum menggunakan genteng jenis ini untuk bagian atap rumah, bangunan atau lainnya. Simak juga nih infromasi menarik lainnya menggenai “Harga Keramik Lantai Motif Termurah” pada ulasan arsiteki sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *