Kelebihan Genteng Beton
Bahan Bangunan, Genteng

12 Kelebihan Genteng Beton Beserta Kekurangannya

Kelebihan Genteng Beton – Semua bangunana pastinya membutuhkan atap sebagai perlindungan akan hujan, panas, dingin dan lainnya. Ada banyak material atap bangunan yang cukup lazim digunakan orang seperti genteng, seng, asbes dan lainnya.

Salah satu yang paling banyak digunakan adalah atap jenis genteng dimana genteng digunakan di berbagai belahan dunia dimana Ada banyak jenis genteng yang bisa menjadi pilihan menarik untuk bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah genteng beton dimana genteng jenis ini bisa menjadi pilihan menarik untuk kamu akan kebutuhan genteng.

Beberapa jenis genteng yang cukup populer untuk digunakan adalah genteng tanah liat, genteng keramik, genteng metal pasir, dan genteng beton. Di Indonesia sendiri genteng tanah liat merupakan genteng paling populer untuk saat ini. Dimana genteng jenis ini dibuat dengan material atau bahan tanah liat dengan tekstur warna coklat yang kuat.

Sedangkan untuk genteng beton sendiri biasanya digunakan untuk rumah dengan konsep Eropa. Kekuatan dan daya tahan yang kuat memang menjadikannya sangat cocok untuk rumah-rumah di Eropa. Di Indonesia sendiri sudah banyak hunian yang menggunakan genteng jenis ini, namun kamu mungkin akan banyak mendapati genteng beton pada beberapa bangunan ruko atau pertokoan.

Kelebihan Genteng Beton

Kelebihan Genteng Beton
Genteng Beton sendiri merupakan genteng yang dibuat dengan material bahan yakni campuran semen dan pasir yang kemudian dikombinasikan dengan pigmen berwarna tertentu. Campuran yang ada tersbeut kemudian di oleh dengan tekanan dan panas tinggi sehingga menghasilkan genteng beton dengan kualitas apik.

Genteng beton sendiri hadir dalam dua pilihan yakni Genteng Beton Flat dan Genteng Beton Bergelombang, dimana keduanya memiliki daya tutup yang sama. Berikut Arsiteki.com sampaikan beberapa informasi yang cukup penting menggenai Kelebihan Genteng Beton yang wajib untuk bisa kamu ketahui jika berrencana memilikinya sebagai kebutuhan atap rumah.

1. Tahan Karat

Genteng yang satu ini berbahan dasar dari beton tidak seperti genteng lain yang memamakai bahan dasar besi yang akan mudah berkarat ketika terkena air hujan atau panas secara terus-terusan. Genteng beton juga tidak perlu melakukan perawatan rutin dikarenakan genteng beton aman dari karat tidak seperti genteng metal pasir.

Untuk perawatan genteng beton juga cukup dilakukan beberapa tahun sekali ketika warna sudah mulai kusam, perawatannya hanya dengan dicat agar tampak seperti baru dan melapisi dengan lapisan khusus untuk menghindari dari retak- retak kecil akibat terkena cuaca panas ataupun hujan. Dengan perawatan tersebut, usia genteng akan menjadi lebih lama dan awet bahkan bisa mencapai usia 20 tahun pemakaian.

2. Mampu Memantulkan Panas

Pada musim kemarau mungkin sebagian genteng ada yang menyerap panas dan ada yang memantulkan panas. Genteng beton termasuk jenis genteng yang memantulkan panas sehingga suhu ruangan akan terasa lebih sejuk walaupun cuaca diluar sangat panas.

Genteng beton ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka istirahat siang karena dengan suhu yang sejuk ini istirahat kamu akan lebih efisien. Dibanding dengan genteng lainnya yang menyerap panas, genteng beton ini sangat cocok untuk kamu karena dengan menggunakan genteng beton, rumah kamu akan terasa sejuk dan lebih nyaman.

3. Bisa Meredam Suara

Bagi kamu yang memiliki rumah di pinggir jalan raya, pasti kamu selalu merasa bising dengan suara kendaraan baik kendaraan kecil maupun kendaraan besar terlebih lagi jika ada motor yang menggunakan knalpot Grong yang membuat suara bertambah bising. Untuk menghindari hal tersebut, genteng beton menjadi salah satu genteng yang direkomendasikan untuk meredam suara bising yang dihasilkan oleh kendaraan ataupun suara lainnya.

Berdasarkan sebuah penelitian, genteng beton ini memiliki kemampuan isolasi akustik dan material genteng beton lainnya yang dibuat dengan baik sehingga genteng beton ini mampu mencegah suara dari luar untuk masuk kedalam yang menyebabkan rumah akan terhindar dari suara bising. Selain meredam suara, genteng beton ini juga akan melindungi kamu dari suhu panas ataupun suhu dingin yang akan membuatmu betah tinggal dirumah.

4. Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Berbeda dengan genteng lainnya, genteng beton ini memiliki daya tahan paling kuat dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat genteng ini menggunakan material yang sangat bagus. Genteng beton ini juga mampu menahan beban berat dan tidak mudah retak walaupun mengalami perubahan suhu baik panas maupun dingin.

Untuk usia, genteng ini bisa mencapai 20 tahun dengan perawatan yang tidak telalu rutin, jika ada yang retak cukup dilapisi dengan lapisan khusus untuk mengurangi keretakkan yang lebih parah. Jika kamu ingin genteng yang kuat dan tahan lama, kamu bisa menggunakan genteng beton untuk melindungi rumahmu dari kebocoran dan mempercantik rumahmu dengan banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu.

5. Tidak Mudah Berubah Bentuk

Cara membuat genteng beton tidak melalui proses pembakaran jadi genteng tidak akan mengalami perubahan bentuk karena genteng beton melalui proses pengepressan sehingga genteng akan sama bentuknya dan tidak mengalami perubahan. Dibandingkan dengan genteng tanah liat yang melalui proses pembakaran yang akan membuat genteng akan berubah bentuknya.

Untuk pemasangan, genteng beton juga lebih mudah dipasang karena genteng beton memiliki ukuran yang sama sehingga pengisian nat pun akan menjadi lebih rapi dan bisa mengurangi resiko kebocoran. Disaat cuaca panas, genteng beton juga tidak akan berubah bentuk dibandingkan dengan genteng tanah iat yang semakin lama akan berubah bentuk sehingga banyak menimbulkan banyak celah yang menyebabkan kebocoran disetiap celah tersebut.

6. Memiliki Bentuk yang Bervariasi

Berbagai macam bentuk yang dibuat oleh pengrajin genteng beton, hal ini dikarenakan untuk menarik para konsumen dan bisa disesuaikan dengan model rumah dari para konsumen. Bentuk genteng beton ada yang bergelombang dan ada yang datar, bentuk tersebut dibuat dengan fungsinya masing-masing.

Genteng beton bergelombang paling cocok digunakan untuk menonjolkan kesan rumah yang natural namun kuat dari kondisi cuaca dan genteng beton datar paling cocok digunakan untuk rumah yang berkesan lebih modern agar tampilan rumahmu menjadi lebih elegan. Pilih bentuk genteng beton yang sesuai dengan rumahmu agar rumahmu menjadi rumah yang paling indah dan kuat dengan menggunakan genteng beton ini.

7. Banyak Pilihan Warna

Banyak pilihan warna genteng beton yang bisa kamu pilih untuk memperindah rumahmu. Meskipun mempunyai banyak warna, namun harga genteng tetap sama dibandingkan dengan material bangunan lainnya yang memiliki harga berbeda dengan warna yang berbeda pula.

Dengan pemakaian yang lama, warna pada genteng beton akan pudar dan kusam akan tetapi kamu bisa mengecat ulang genteng beton tersebut dengan menggunakan cat genteng sehingga tampilan genteng akan terlihat seperti baru lagi. Pilih warna genteng beton favoritmu karena ada banyak pilihan warna seperti warna biru, cokelat, hijau, hitam dan warna lainnya yang akan mempercantik rumah kamu.

8. Tidak Berubah Bentuk

Dengan material bahan yang digunakan jelas membuat genteng jenis ini memiliki ketahanan anti karat. Nantinya kamu juga tidak memiliki perawatan yang kusus untuk genteng beton tersebut.

9. Harga Mudah

Jika dibandingkan dengan genteng jenis lain seperti genteng keramik jelas genteng jenis ini memiliki bandrol harga yang lebih murah. Dengan harganya yang murah kamu masih akan mendapatkan kualitas yang apik dari sebuah genteng.

10. Minim Perawataan

Kelebihan genteng beton yang selanjutnya adalah minimnya perawatan dimana genteng jenis ini memang terkenal tidak usah banyak perawatan kusus. Meskipun demikian kamu juga bisa mengganti warna dengan cara melakukan pengecatan ulang.

11. Cocok Di Iklim Tropis

Genteng jenis beton juga terbilang menarik karena cocok di iklim tropis karena genteng jenis ini memiliki kekuatan yang siap menghadapi cuaca panas dan hujan di Indonesia. Bahkan dengan kekuatannya yang baik genteng jenis ini ga usah kahwatir genteng akan bocor karena retak dan lainnya.

12.  Cocok Untuk Rumah Minimalis

Buat kamu yang sedang berrencana mengembangkan rumah dengan desain minimalis maka genteng beton juga sangat cocok lantara desainnya yang modern. Dimana ada banyak desain menarik yang bisa kamu dapatkan untuk rumah minimalis.

Itu dia beberapa kelebihan genteng beton yang harus kamu ketahui jika memang berrencana membeli genteng beton. Simak juga beberapa informasi menarik lainnya dari arsiteki.com seperti Biaya Pasang Listrik 900 Terbaru pada artikel sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *