Kayu Sungkai
Bahan Bangunan

Kayu Terbaik Untuk Furniture Ringan & Kuat

Kayu Terbaik Untuk Furniture – Seiring berkembangnya pertukuangan membuat peran kayu memang sudah tidak lagi terlalu penting. Namun sangat mustahil rasanya membuat bangunan atau bahkan rumah tanpa menggunakan kayu.

Sejatinya dalam bahan bangunan apapun kayu memang masih sangat dibutuhkan, setidaknya kamu akan membutuhkan KAYU COR untuk pelapis cor. Ada banyak sekali jenis kayu terlebih di Indonesia yang terkenal akan banyak jenis pepohonan.

Kebutuhan akan kayu memang sangat besar sedangkan butuh waktu puluhan tahun untuk membuat kayu itu siap untuk siap digunakan. Hal itulah yang membuat Harga Kayu menjadi sangat mahal, tak heran rasanya bila kamu akan menjumpai kayu tertentu dengan harga sampai jutaan bahkan puluhan juta untuk ukuran m2 saja.

Sedangkan Kayu Terbaik Untuk Furniture memang bisa di sesuaikan dengan jenis furniture yang akan di buat. Dalam kesempatan kali ini Arsiteki akan merekomendasikan beberapa nama kayu terbaik untuk furniture yang wajib untuk kamu ketahui. Desain, kualitas dan harga kayu menjadi faktor utama kayu tersebut akan masuk dalam daftar rekomendasi arsiteki berikut ini.

Daftar Kayu Terbaik Untuk Furniture

1. Kayu Jati

Kayu Terbaik Untuk Furniture
Sudah jelas kayu jati akan masuk dalam list Kayu Terbaik Untuk Furniture bagimana tidak kayu yang terkenal akan kekuatannya ini memang layak di jadikan pilihan pertama. Kayu yang akan dengan banyak kita jumpai di daerah Sulawesi serta Jawa ini juga memiliki nama lain teak.

Dalam industri mebel kayu jati sendiri bak primadona lantaran sederet kelebihan yang dibawa kayu jati. Bahkan kayu jati dapat di katakan sebagai kayu Premium untuk bahan mebel.

Kayu jati yang terkenal lebih awet dibandingkan dengan kayu jenis lain juga terbukti memiliki sifat anti serangga. Hal ini tidak lepas dari adanya kandungan minyak alami dalam jumlah yang banyak dalam kayu jati.

Kandungan minyak yang banyak ini juga menjadi kelemahan dari kayu jati karena membuatnya tidak cocok menggunakan finishing dengan warna solid warna cerah sepeerti Merah, Putih, Hijau hal ini bisa di tandai dengan munculnya warna kuning yang akan membuat warna tersebut memudar.

Finishing dengan warna yang natural memang lebih di anjurkan untuk kayu jati. Selain itu warna natural kayu jati dengan motif yang kuat juga sebuah hal yang di cari para pecinta kayu jenis ini.

2. Kayu Trembesi

Kayu Trembesi
Kayu Trembesi memang terkenal akan ukurannya yang besar dan juga kayu yang satu ini terkenal sebagai kayu yang sangat kuat. Kayu ini hidup di lingkungan yang minim air atau panas serta mampu tumbuh relatif lebih cepat.

Kayu Trembesi untuk saat ini bisa dibilang sedang mengalami puncak popularitas karena banyak yang menggunakannya sebagai bahan meja dan kursi. Banyak yang mengatakan kayu ini lebih cocok digunakan untuk kebutuhan indoor karena kekuatan dan motifnya yang mencolok.

3. Kayu Pinus

Kayu Pinus
Kayu pinus atau bisa dibilang sebagai kayu jati belanda merupakan sebuah kayu yang memiliki corak yang indah. Kayu jenis ini sangat manis bila di jadikan bahan mebel karena warna sera sertanya yang apik.

Jika dibandingkan dengan kayu jati asli maka jati belanda ini memiliki bandrol harga yang relatif lebih murah. Kekuatan dari kayu pinus juga bakalan di hasilkan dari minyak alami yang dikeluarkan kayu tersebut.

4. Kayu Mindi

Kayu Mindi
Kayu mindi mungkin belum banyak yang tau menggenai kayu ini, namun kayu mini juga bisa menjadi salah satu alternatif kayu untuk funiture yang menarik. Harga kayu mindi memang lebih murah dibandingkan dengan kayu jati serta kayu mahoni namun kayu jenis ini memiliki kekurangan mudah pecah.

Namun guratan yang dibawa secara alami pada kayu mini membuatnya terlihat sangat bagus dan juga cukup menarik. Kayu mini bisa menjadi pilihan kayu murah untuk bahan furniture kamu.

5. Kayu Sungkai

Kayu Sungkai
Bagi orang yang sering berkecimpung di dunia mebel mungkin sudah tidak asing lagi dengan kayu sungkai dimana kayu ini memiliki kaulitas serta serat alami yang bagus. Meskipun harganya lebih murah dibandingkan dengan kayu jati dan mahoni namun kayu memiliki kualitas yang masih lebih rendah tentu saja harganya lebih murah.

Pada umumnya kayu ini memiliki warna yang terang di beberapa bagian, yang membuatnya cocok menggunakan warna natural. Selain itu kayu sungkai juga terbukti memiliki kekuatan yang baik terhadap berbagai serangan hama serangga.

6. Kayu Mahoni

Kayu Terbaik Untuk Furniture Harga Murah
Kayu Terbaik Untuk Furniture selanjutnya di isi oleh kayu mahoni dimana kayu jenis ini memiliki kualitas yang memang sudah tidak perlu di ragukan lagi. Kayu mahoni sendiri menjadi pilihan kedua setelah kayu jati untuk para pembuat mebel jepara.

Hal menarik adalah justru kayu mahoni lebih di idolakan di Luar negeri dibandingkan dengan kayu jati yang sangat populer di Indonesia. Pori-pori yang kecil dengan serat yang halus menjadi salah satu ciri khas kayu mahoni. Kayu mahoni bagian dalam memiliki warna agak kemerahan sedangkan di bagian luar memiliki warna kecoklatan.

7. Kayu Nyatoh

Kayu Terbaik Untuk Furniture Ringan
Kayu jenis ini pada umumnya akan bisa kita jumpai di kawasan riau dan sumatra. Bagi orang jawa mungkin kayu ini terdengar cukup asing meskipun demikian coraknya yang khas membuatnya terlihat memiliki motif yang spesial. Kayu jenis ini juga bisa menjadi kayu pilihan menarik untuk kebutuhan mebel.

8. Kayu Sonokeling

Kayu Terbaik Untuk Furniture Minimalis
Selanjutnya ada kayu sonokeling dimana kayu yang cukup sulit di cari ini juga bisa mencukupi kebutuhan akan kayu mebel. Kualitasnya yang bagus dengan corak yang baik menjadi faktor yang menentukan kayu ini menjadi pilihan yang menarik.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Plafon Gypsum TerbaruCara Membersihkan Keramik Kamar Mandi
Cara Membuat Denah Rumah

Tips Mengatasi WC Mampet

Memilih kayu untuk furniture memang gampang-gapamang sulit dimana semakin baik kualitas kayu yang digunakan untuk furniture maka akan semakin mahal pula harga sebuah furniture tersebut. Itu dia beberapa kayu terbaik rekomendasi arsiteki dimana rekomendasin diatas mungkin akan berbeda dengan pilihan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *