Kaca Blok
Tips Properti

7 Jenis Kaca Untuk Hunian Dan Fungsinya

Jenis Kaca – Pada umumnya sebuah hunian memang membutuhkan kaca, baik sebagai fungsi utamanya untuk bercermin atau juga pada fungsi lain seperti hiasan. Dimana pada zaman sekarang fungsi kaca memang sudah sangat beragam terutama untuk media hiasan pada rumah.

Ada banyak jenis kaca untuk hunian yang bisa kamu dapatkan, dimana jenisnya sendiri ada beberapa yang digunakan dan memiliki fungsi yang berbeda. Tampilan yang sleek dan elegant inilah yang membuat gelas bening menjadi pilihan yang menarik untuk bisa kamu gunakan di hunian kamu nantinya.

Pada umumnya material kaca digunakan sebagai pengganti dinding rumah, partisi, railing tangga, anak tangga, Hiasan, Kolam Renang, lantai, atap rumah, dan lainnya. Namun perlu kamu ketahui dimana tidak semua jenis kaca bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan tersebut.

Jenis kaca yang dipakai tentu saja berbeda besa diman tidak semua material kaca memiliki karakteristik yang sama. Berikut adalah beberapa jenis kaca yang cocok untuk hunian beserta fungsinya yang wajib kamu ketahui.

Jenis Kaca Untuk Hunian

1. Kaca Reflektif

Jenis Kaca
Jenis kaca yang satu ini mampu memberikan tampilan yang mewah dan biasanya kaca ini sering digunakan di gedung-gedung seperti Mall, Perkantoran atau bangunan mewah lainnya untuk menambah kesan menarik.

Kaca Reflektif juga sering disebut dengan kaca one way karena kaca ini mampu mereduksi sifat tembus pandang jika dilihat dari sisi luar. Selain itu, lapisan kaca ini mampu memantulkan cahaya dan panas, sehingga ruangan tidak akan terasa panas ketika terkena sinar Matahari.

2. Kaca Laminated

Kaca Laminated
Ingin kaca rumah kamu aman dan tidak mudah pecah ketika kaca jendela kamu terkena benda keras atau lainnya? Kamu bisa pilih jenis kaca yang satu ini. Kaca Laminated mempunyai tingkat keamanan yang tinggi bagi penghuni rumah dengan memakai kaca ini dikarenakan kaca tidak akan pecah berhamburan ketika terkena sesuatu yang menyebabkan kaca pecah.

Tidak seperti kaca jenis lain, kaca Laminated dilengkapi dengan perekat pada film yang menyebabkan kaca ini tidak pecah berhamburan melainkan hanya retak dan kaca akan melekat pada film yang menyebabkan kaca sulit ditembus. Biasanya kaca jenis ini digunakan pada Kereta Api Atau kendaraan besar lainnya agar meminimalisir luka akibat pecahan kaca jika terjadi kecelakaan.

3. Kaca Bening

Kaca Bening es
Siapa yang tidak tahu kaca jenis ini, kaca bening paling sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk dijadikan sebagai eksterior maupun interior bangunan. Kaca ini memiliki permukaan yang sangat bersih yang menjadikan kaca ini tembus pandang dan bahkan tidak jarang orang menabrak pintu kaca bening karena kaca tersebut sangat bersih yang menyebabkan orang tidak menyadari ada pintu kaca didepannya.

Kaca Bening juga bisa digunakan sebagai perabot rumah tangga seperti, Gelas, Toples, Teko dan perabotan lainnya dengan berbagai variasi. Selain itu, kaca Bening juga akan membuat ruangan menjadi terang karena sinar Matahari bisa masuk tanpa ada hambatan dari kaca Bening ini.

4. Kaca Es

Kaca Bening
Untuk kamu yang suka dengan seni, kaca Es bisa digunakan sebagai ornamen rumah kamu. Kaca ini memberikan efek dekoratif, efek pembayangan dan efek blur yang akan membuat tampilan kaca terlihat lebih menarik.

Kaca Es juga merupakan salah satu kaca dengan tekstur pola tertentu pada salah satu sisinya yang memberikan efek pencahayaan di dalam ruangan. Selain itu, Kaca Es mampu mereduksi sinar Matahari yang masuk kedalam ruangan sehingga tidak menyilaukan mata.

5. Kaca Tempered

Kaca Untuk Rumah
Kaca Tempered mempunyai kekuatan 3 sampai 5 kali lipat dari kaca biasa yang menjadikan kaca jenis ini lebih kuat dibandingkan kaca jenis lain. Kaca ini mampu menahan beban angin, benturan, tekanan air dan perubahan temperatur tinggi atau thermal shock yang menjadikan kaca ini sangat kuat untuk dipakai dalam segala kondisi.

Oleh karena itu, kaca ini biasanya dipakai untuk Pesawat terbang, Kapal selam atau lainnya yang memerlukan kaca dengan kekuatan yang sangat tinggi. Jika kaca ini pecah, kaca akan menjadi buturan halus tidak seperti kaca lain yang akan berhamburan jika pecah, hal ini yang menjadikan kaca Tempered lebih aman bagi penggunanya.

6. Kaca Warna

Kaca Warna
Kaca ini merupakan jenis kaca float yang diberi warna dengan sedikit menambahkan logam pewarna yang menjadikan kaca ini berwarna. Kaca ini sering dipakai pada eksterior bangunan rumah seperti pintu, curtain wall, jendela atau lainnya untuk memberikan keindahan rumah yang penuh dengan warna.

Selain itu, kaca ini juga berguna untuk mengurangi sifat tembus padang yang dapat memberikan privasi bagi penghuninya. Terdapat banyak pilihan warna kaca yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu atau bisa di aplikasikan dengan warna cat rumah kamu.

7. Kaca Blok

Kaca Blok
Jika kamu mempunyai ruangan yang gelap, namun tidak memungkinkan untuk dipasang jendela, kamu bisa menggunakan kaca jenis ini. Kaca Blok dibuat dari dua bagian yang berbeda dan ditekan lalu dibakar secara bersamaan pada proses peleburan kaca.

hal ini yang menyebabkan kaca tidak tembus pandang namun tetap memberikan tambahan cahaya pada ruangan. Kaca jenis ini sering digunakan pada elemen arsitektur dalam konstruksi dinding seperti skylight, dinding kamar mandi dan lainnya

Jenis kaca yang ada memang ada banyak dimana bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kamu akan material kaca. Hadirnya kaca pada hunian bisa menjadi hal wajib agar tampilan rumah tidak membosankan, simak juga informasi menarik lainnya seperti “kelebihan Genteng Beton” pada ulasan Arsiteki.com sebelumnya yang mungkin akan berguna buat kamu yang hendak menggunakan genteng jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *