Jenis Kabel Listrik
Alat Pertukangan

Jenis Kabel Listrik Dan Harganya Yang Biasa Digunakan

Jenis Kabel Listrik – Kelistikan merupakan salah satu komponen yang pastinya wajib ada pada setiap hunian. Selain untuk mendukung fungsi pencahayaan kelistrikan juga memberikan daya pada berbagai barang elektronik yang ada di rumah-rumah.

Namun taukah kamu kalau komponen kecil dalam sebuah listrik merupakan kabel, dimana kabel sendiri merupakan komponen pengantar listrik yang jelas ada dirumah hunian. Komponen listrik seperti kabel jelas akan digunakan dalam waktu yang sanagt lama, oleh sebab itu kamu wajib memilih komponen listrik terbaik.

Dimana belum banyak yang tau nih kalau sebenarnya kabel listrik itu memiliki jenis yang berbeda beda. Dimana jenis kabel listrik tidak boleh sembarangan, kerena pemasangan dan pengaplikasian yang salah jelas akan sangat berakibat fatal sekali.

Ada beberapa jenis kabel listrik yang memang cukup lazim digunakan di berbagai perumahan atau lebih tepatnya hunian. Kamu yang hendak membuat rumah atau mengurusi kelistrikan wajib nih baca artikel ARSITEKI.COM berikut ini menggenai berbagai jenis kabel listrik.

Jenis -Jenis Kabel Listrik

Jenis Kabel Listrik Rumah Tangga Terbaik
1. Jenis Kabel NYY

Kabel jenis ini sangat cocok untuk digunakan pada instalasi tanam karena memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat jadi bisa tahan lama walaupun ditanam pada jangka waktu yang lama. Kabel ini juga tidak disukai tikus sehingga kabel tetap aman dari gigitan tikus yang sering menyebabkan masalah pada instalasi.

Kabel NYY biasanya memiliki lapisan isolasi yang berwarna hitam dan didalamnya terdapat 2 inti sampai 4 inti yang menjadikan kabel ini juga lebih praktis saat memasangannya.

2. Jenis Kabel NYFGbY

Jika kamu memiliki ruang bawah tanah, kabel jenis ini sangat direkomendasikan untukmu. Kabel jenis ini memiliki lapisan isolasi yang kuat dan didalamnya terdapat 4 inti yang terbuat dari kawat tembaga sehingga lebih kuat dan tidak mudah putus.

Kabel ini juga sangat cocok untuk digunakan didalam saluran-saluran yang terbuka dan bisa juga digunakan pada tekanan yang tinggi karena kabel jenis NYFGbY ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik sehingga kabel pun akan lebih kuat dan awet.

3. Jenis Kabel NYMHY

Kamu pasti sering lihat jenis kabel yang satu ini karena kabel jenis ini sering digunakan untuk instalasi rumah dengan daya kurang dari 900 Watt, model kabel inipun mirip dengan kabel jenis NYYHY. Kabel ini juga memiliki lapisan berbahan PVC yang berfungsi untuk melindungi inti tembaga berserabut yang terdapat didalam kabel jenis NYMHY ini.

Kabel ini juga memiliki bagian-bagian penting seperti konduktor, isolator dan pelindung paling luar yang berguna untuk melindungi dari gigitan tikus yang sering menimbulkan masalah pada instalasi rumah kamu.

4. Jenis Kabel ACSR

Berbeda dengan jenis kabel sebelumnya, kabel ini digunakan bukan untuk instalasi rumah melainkan digunakan untuk transmisi saluran jarak jauh dengan tegangan tinggi. Kabel ini terbuat dari bahan aluminium berinti kawat baja yang kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai saluran transmisi bertegangan tinggi.

Selain itu, kabel jenis ini juga biasanya dipasang pada jarak yang saling berjauhan karena memiliki bahan yang kuat sehingga tidak mudah putus saat ditarik.

5. Jenis Kabel NYYHY

Jenis kabel yang satu ini merupakan jenis kabel listrik yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang karena selain memiliki banyak fungsi, kabel ini juga mudah untuk dipasang. Isolator bagian luar pada kabel ini biasanya terbuat dari bahan PVC yang berfungsi untuk melindungi inti tembaga yang terdapat dalam kabel ini dari gigitan tikus atau lainnya.

Kabel ini juga memiliki lebih dari satu tembaga berserabut yang masing-masing tembaganya dilapisi dengan bahan PVC untuk menghindari terjadinya korsleting listrik atau kerusakan lainnya.

6. Jenis Kabel NYAF

Kabel jenis NYAF ini memiliki bahan yang fleksibel sehingga sangat cocok digunakan pada instalasi yang memerlukan tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga akan memudahkan kamu saat memasang instalasi. Kabel ini juga memiliki pelindung lapisan luar dengan bahan PVC yang berguna untuk melindungi inti serabut tembaga yang ada didalamnya dan biasanya dalam kabel ini terdapat lebih dari satu serabut tembaga.

Inti serabut tembaga yang terdapat dalam kabel ini juga memiliki bermacam-macam warna seperti, hitam, biru, kuning dan merah yang berfungsi untuk memudahkanmu saat menyambung kabel instalasi agar tidak salah saat menyambungnya.

7. Jenis Kabel NYM

Kabel NYM dilapisi dengan bahan isolasi yang tebal dan sudah menggunakan lapisan PVC yang menjadikan keamanan pada kabel ini lebih baik dan cocok digunakan sebagai instalasi rumah atau gedung. Kabel ini juga bisa digunakan pada tempat yang basah ataupun kering, namun kabel ini tidak boleh ditanam karena jika ditanam bisa menimbulkan masalah pada instalasi.

Seperti pada jenis kabel lainnya, kabel ini juga memiliki lebih dari satu inti tembaga dan disetiap inti dilapisi dengan isolasi PVC yang berguna untuk menghindari terjadinya korsleting dan berguna untuk memudahkanmu saat proses pemasangan instlasi pada rumah atau lainnya.

8. Kabel BC

Jenis kabel listrik selanjutnya adalah kabel BC (bare core )adalah kabel yang tidak memiliki lapisan isolator, dengan demikian lebih sering digunakan pada instalasi penangkal petir. Dmana dalam instalasi grounding perlu di ingat kalau penggunaan kabel BC disarankan menggunakan bahan pelindung seperti pipa paralon PVC atau sejenisnya.

9. Kabel NYRGBY

Kabel jenis NYRGBY sendiri merupakan satu inti tembaga atau lebih dengan bahan utamanya adalah isolator PVC. Dimana kabel ini akan memiliki pelindung kawat baja bulat yang akan di gabungkan dengan lilitan plat baja dimana memiliki bahan isolasi PVC pada bagian luarnya, kabel jenis ini biasanya di aplikasikan di dalam tanah.

10. Kabel NYMHYO

Perlu kamu ketahui kalau kebal yang satu ini merupakan kabel dengan satu inti tembaga berserabut yang diisolasi dengan menggunakan bahan isolator PVC dan memiliki selubung luar. Dimana kabel jenis ini di buat untuk mengaliri arus yang besar dan hampir tidak diperuntukan untuk kebutuhan rumah.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Blower VentilasiDaftar Harga Kawat Duri
Harga Kawat Bendrat 

Daftar Harga Cat Dulux

Demikian beberapa jeni kabel listrik yang cukup populer untuk saat ini dimana dengan mengetahui jenis kabel listrik di harapkan kamu mendapatkan pengetahuan tambahan. Selain mengetahui jenis kabel listrik hal terpenting selanjutnya adalah instalasi kabel listrik yang haruslah benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *