Jenis Besi Konstruksi
Bahan Bangunan, Besi

Jenis Besi Konstruksi Beserta Fungsi Dan Perbedaannya

Jenis Besi Konstruksi – Peran besi dalam bangunan modern memang tidak bisa di pisahkan. Hampir setiap bangunan dengan konstruksi modern pastinya menggunakan besai sebagai salah satu bagan konstruksinya.

Contoh mudahnya saja bisa kita lihat pada [pondasi rumah menggunakan besi beton selain juga dinding menggunakan besi siku, dan bagian atap rumah yang menggunakan besi baja. Pastinya setiap bagian rumah menggunakan jenis besi konstruksi yang berbeda-beda.

Manfaat besi bagi bagunan memang menjadi salah satu bagian yang belum bisa di gantikan. Selian juga Harga Besi Bagunan yang murah besi juga memiliki fungsi lain sebagai penguat di berbagai kebutuhan.

Namun perlu kamu ketahui ada beberapa jenis besi konstruksi yang ada membuat kamu go boleh salah menggunakan besi. Berikut Arsiteksi.com bakalan berikan rekomendasi menggenai Jensi Besi Konstruksi Beserta Fungsinya.

Jenis Besi Konstruksi Dan Fungsinya

1. Besi Siku

Jenis Jenis Besi
Sesuai dengan namanya, besi ini memiliki bentuk bersiku dengan sudut kemiringan 90 derajat sehingga sangat mudah untuk digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Biasanya besi jenis ini dipakai untuk membuat tangga, rak besi, menara dan masih banyak lainnya karena selain besi jenis ini memiliki banyak fungsi,

Proses pemasangannya pun bisa dibilang lebih mudah dan lebih cepat. Besi ini juga memiliki ukuran yang beragam mulai dari 2 cm sampai 5 cm dengan harga yang beragam tergantung dari ukuran dan berat besi siku yang satu ini.

2. Besi Beton

Jenis Besi Konstruksi
Besi jenis ini biasanya digunakan sebagai tulang pondasi pada konstruksi bangunan dan juga sering digunakan sebagai tulang pada beton karena besi ini memiliki tingkat kekuatan yang lebih tinggi. Besi beton ini ada yang terbuat dari besi baru dan ada yang terbuat dari besi bekas dan untuk mebedakannya besi baru tidak terdapat sambungan atau tambalan sedangkan besi bekas terdapat tambalan yang disambung menggunakan las.

Besi ini juga memiliki dua kategori berbeda yaitu deformed bar atau besi ulir dan plain bar atau besi polos yang sama-sama memiliki kegunaan untuk membuat pondasi bangunan dan juga beton pada bangunan.

3. Besi Hollow

Besi Hollow
Jenis besi yang satu ini terbuat dari baja yang dicampur dengan galvanis dan dilapisi dengan seng serta aluminium sebagai penutupnya untuk melindungi dari karat dalam jangka waktu yang cukup lama. Besi ini juga memiliki bentuk kotak memanjang dan ditengahnya terdapat rongga kosong sehingga mudah untuk membuat berbagai macam bentuk seperti membuat gerbang, kanopi, pintu gerbang atau lainnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu, besi Hollow juga memiliki 3 jenis yang berbeda yaitu, Hollow Plafon, Hollow Galvalume dan Hollow Galvanis dimana setiap jenis besi Hollow tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda juga.

4. Besi Wiremesh

Besi Wiremesh
Salah satu pilihan terbaik untuk membuat pagar besi adalah dengan menggunakan besi jenis Wiremesh ini. Besi ini terbuat dari gabungan beberapa potongan logam, baja dan aluminium dengan jumlah banyak yang didesain seperti anyaman kawat dengan pola kotak atau jajargenjang sehingga cocok untuk pagar besi.

Selain untuk membuat pagar besi atau pagar beton, jenis besi ini juga memiliki fungsi lain yaitu bisa digunakan sebagai plat lantai bangunan atau dak beton karena besi ini juga memiliki kekuatan terbaik untuk menahan beban berat.

5. Besi Plat

Besi Plat
Besi Plat sering digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga ataupun konstruksi karena memiliki daya tahan yang baik sehingga aman dari terjadinya korosi. Selain itu, besi Plat juga sering digunakan untuk keperluan dalam membuat kapal, mesin, mobil dan untuk keperluan industri lainnya karena besi Plat merupakan material utama yang paling sering digunakan untuk pembuatan kendaraan tersebut.

Berbagai jenis besi Plat juga tersedia dengan fungsinya masing-masing yaitu, Plat Kapal, Plat Kembang, Plat Bordes, Plat Strip dan Plat Hitam yang bisa kamu pilih sesuai yang kamu butuhkan.

6. Besi H-Beam

Besi H-Beam
Nama besi H-Beam berasal dari bentuknya yang seperti huruf H dan merupakan varian besi baja yang memiliki tingkat kekuatan yang tinggi sehingga sering digunakan untuk konstruksi bangunan pada proyek-proyek besar. Besi jenis ini biasanya digunakan untuk mebuat jembatan, gedung, pabrik dan bangunan lainnya karena selain memiliki kekuatan tinggi, besi ini juga lebih cepat pemasangannya.

Harga besi inipun bervariasi mulai dari harga 5 jutaan sampai dengan puluhan juta tergantung dari ukuran dan berat besi tersebut, namun harga ini tidak bisa menjadi patokan karena harga bisa naik turun tergantung pasaran.

7. Besi Expanded Metal

Besi Expanded Metal
Ini merupakan jenis besi yang dibuat dari komposisi plat baja dan memiliki bentuk yang berlubang-lubang seperti permata atau wajik. Besi ini juga memiliki bobot yang ringan dan besifat homogen yang mampu menahan beban berat dan sangat bervariatif untuk mengaplikasikan kedalam bangunan yang kamu inginkan.

Biasanya, besi ini digunakan untuk pagar seperti pada Lapangan Basket, Lapangan Voly, Kandang Burung atau lainnya karena besi jenis ini didesain dengan lubang-lubang kecil sehingga kamu bisa melihatnya dari luar.

8. Pipa Besi

pipa besi
Sama seperti namannya jenis besi yang satu ini merupakan besi yang bentuknya seperti pipa. Dimana besi jenis ini juga sangat lazim digunakan untuk kebutuhan berbagai bangunan mulai dari Hunian sampai dengan lainnya.

Bahkan jika dibandingkan dengan jenis besi lainnya mungkin besi jenis ini merupakan besi yang paling lazim kamu jumpai pada konstruksi bangunan. Dimana pipa besi memiliki banyak fungsi untuk konstruksi bangunan.

9. Besi CNP & UNP

Besi CNP & UNP
Kedua jenis besi ini mungkin kurang populer namun sebenarnya sangat banyak digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan. Layakny besi yang sama besi CNP dan UNP sebenarnya berbeda dimana besi CNP memiliki bentuk seperti huruf C sedangkan UNP memiliki bentuk seperti huruf U.

10. Besi Wide Flange

Besi Wide Flange
Jenis Besi yang selanjutnya adalah besi Wide Flange ini memiliki bentuk seperti besi H-beam yang juga biasa digunakan sebagai material konstruksi besi baja bagian dalam konstruksi bangunan. Namun perlu kamu ketahui untuk masalah kekuatan jelas besi wide flange memiliki kekuatan yang lebih baik.

Kesimpulan

Dengan mengetahui jenis besi konstruksi di harapkan kamu nantinya lebih mengenal akan jenis-jenis besi sehingga bisa memilih besi terbaik untuk kebutuhan hunianmu. Dimana peran besi yang sentral membuat besi memang menjadi hal yang sangat di perhatikan olah kamu saat hendak membut struktur hunian dan sebagainya.

Baca Juga Informasi Lainnya
Jenis-Jenis Kabel ListrikBiaya Pasang Listrik 1300 Watt
Biaya Pasang Listrik 900 Watt

Syarat Tambah Daya Listrik

Setidaknya ada 10 jenis besi yang cukup populer untuk kebutuhan hunian rumah kamu dan kesumuanya sudah Arsiteksi.com ulasan secara lengkap. Gunakan lah besi dengan tepat sesuai dengan kebutuhannya selain juga pastikan juga besi yang kamu gunakan mendapatkan penanganan yang benar pasalnya besi merupakan material yang mudah berkarat jika terkena air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *