Dinding Candi
Keramik & Granit

Jenis Batu Alam Untuk Dinding Paling Populer Di 2020

Jenis Batu Alam Untuk Dinding – Ada banyak cara membuat rumah semakin menarik untuk dilihat salah satunya dengan penggunaan ornamen batu alam. Dimana trend menggunakan batu alam untuk mempercantik rumah memang sedang ramai belakangan ini baik untuk kebutuhan indoor maupun outdoor.

Kesan dekoratif dan memberikan sentuhan yang estetik membuat batu alam semakin banyak peminatnya di imbangi juga banyak model baru bermunculan. Bahkan menariknya batu alam cocok untuk berbagai jenis bangunan mulai dari Tradisional, modern. Rustic, Minimalis, dan lainnya.

Trend menggunakan batu alam untuk mempercantik rumah memang semakin populer belakangan ini di imbangi juga ada beberapa jenis batu alam baru yang mencuri perhatian. Kualitas batu alam juga hadir dalam berbagai jenis kualitas yang ada dengan bandrol harga yang tentunya berbeda.

Buat kamu yang sedang mencari rekomendasi batu alam untuk hunian maka wajib nih mengetahui informasi berikut ini menggenai Jenis Batu Alam Untuk Dinding. Berikut adalah beberapa rekomendasi jenis batu alam untuk dinding yang wajib kamu ketahui.

Jenis Batu Alam Untuk Dinding

1. Dinding Granit

Jenis Batu Alam Untuk Dinding
Batu alam Granit ini bisa digunakan sebagai dinding rumah kamu untuk memperindah rumah dengan konsep alam yang menyegarkan. Selain untuk hiasan dinding bagian luar, batu Granit juga bisa digunakan pada lantai, dinding kamar mandi atau wall veneer untuk memperindah rumah kamu.

Untuk perawatan batu alam Granit ini sangat mudah yaitu hanya tinggal di lap pakai kain pel atau kain lainnya karena batu alam ini memiliki pori-pori yang kecil sehingga tidak mudah kotor dan mudah untuk membersihkannya. Batu Granit juga menjadi salah satu jenis batu alam yang kuat dan tahan terhadap kondisi cuaca seperti hujan atau panas sehingga tidak heran jika banyak orang telah memakai jenis batu yang satu ini.

2. Dinding Paras Jogja

Dinding Paras Jogja
Sesuai dengan namanya, batu alam jenis ini banyak diproduksi di daerah Jogja karena batu alam jenis ini terbuat dari kapur lunak dengan warna krem dan putih yang banyak ditemukan di daerah tersebut. Jika kamu ingin menggunakan batu alam jenis ini lebih baik dipasang sebagai interior ruangan saja karena jika dipasang di bagian luar, batu alam Paras Jogja ini akan mudah kotor dan gampang ditumbuhi oleh lumut yang menjadikan batu alam sulit untuk dibersihkan.

Batu alam Paras Jogja juga memiliki kesan yang alami dan elegan yang menjadikan batu ini bisa manjadi salah satu jenis batu alam yang sangat cocok untuk interior dinding rumah kamu.

3. Dinding Palimanan

Dinding Palimanan
Jenis batu alam Palimanan ini sangat cocok untuk digunakan pada dinding dalam atau luar ruangan karena batu Palimanan ini akan menampilkan suasana sentuhan alam yang cerah dan menarik untuk dipandang. Perawatan pada batu Palimanan ini disarankan untuk menggunakan pelapis khusus karena batu ini memiliki pori-pori yang besar dan warna yang cukup terang sehingga dengan pelapis tersebut akan melindungi batu dari lumut yang menyebabkan batu menjadi kusam dan berubah warna.

Batu alam Palimanan ini banyak di temukan di daerah Cirebon dan sudah banyak orang yang menggunakan batu jenis ini untuk menghiasi dinding rumahnya agar telihat alami.

4. Dinding Marmer

Dinding Marmer
Siapa yang tidak tahu dengan jenis batu alam yang satu ini, batu Marmer banyak diminati oleh banyak orang untuk menampilkan suasana rumah yang mewah dengan sentuhan alam yang menakjubkan. Berbagai warna dan corak yang yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu, ada warna cokelat, merah, hitam dan putih yang akan memberikan kesan estetik pada dinding rumah kamu.

Selain memiliki warna dan corak yang menarik, batu Marmer juga mudah dibentuk sesuai dengan keinginan, maka dari itu batu Marmer harganya lebih mahal dari jenis batu alam lainnya. Batu alam ini lebih cocok digunakan pada dinding rumah bagian dalam karena batu jenis ini cukup sensitif terhadap perubahan cuaca yang akan menyebabkan warna pada batu ini akan cepat kusam dan kurang menarik untuk dipandang.

5. Dinding Candi

Dinding Candi
Dengan menggunakan batu alam Candi sebagai dinding rumah kamu, suasana rumah kamu akan menjadi lebih sejuk dengan nuansa alam yang menyenangkan. Batu alam ini memiliki warna hitam gelap seperti warna candi pada umumnya dan cara membersihkannya pun sangat mudah, cukup dengan sikat dan air saja batu alam ini sudah bersih.

Jika kamu ingin memasang batu ini sebagai dinding di baguan luar ruangan, kamu harus menambahkan lapisan khusus untuk menghindari lumut dan jamur karena batu jenis ini sangat mudah menyerap air. Untuk masalah harga jangan khawatir, batu alam Candi memiliki harga yang terjangkau sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki dana minim.

6. Dinding Andesit

Dinding Andesit
Punya bangunan modern minimalis? Kamu bisa menggunakan batu jenis ini sebagai dinding rumah kamu karena batu Andesit akan memberikan finishing touch yang sempurna dengan model alur ataupun abstrak. Batu alam Andesit merupakan jenis batu alam yang keras sehingga mudah untuk dibersihkan dan tahan terhadap cuaca serta terhindar dari lumut dan jamur yang sangat cocok untuk digunakan sebagai dinding bagian luar rumah.

Selain itu batu ini juga memiliki warna abu-abu dan hitam yang terbentuk dari bahan vulkanik yang membeku sehingga menjadikan tampilan rumah terlihat alami dengan sentuhan batu alam yang estetik.

7. Dinding Templek

Dinding Templek
Masing-masing daerah memiliki batu alam dengan motif dan pola yang berbeda-beda, salah satunya di daerah Garut, Purwakarta. Di daerah ini memiliki batu alam yang diberi nama batu Templek yang bisa dijadikan sebagai dinding rumah kamu karena teksturnya yang keras dan padat sehingga batu Templek ini sangat tahan terhadap cuaca dan terhindar dari lumut atau jamur yang menyebabkan batu Templek menjadi kusam dan lapuk.

Batu alam Templek ini memiliki motif yaitu motif acak dan motif persegi dengan harga yang bevariasi. Batu Templek ini lebih mudah proses pemasanganya dan perawatannya pun tergolong mudah yang menjadikan batu jenis ini menjadi salah satu jenis batu alam yang direkomendasikan untuk dipasang pada dinding rumah kamu agar terlihat lebih alami.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membuat Sertifikat TanahHarga Cat Kiloan
Biaya Pasang ListrikSyarat dan Cara Mengurus IMB

Nah itu dia beberapa Jenis Batu Alam Untuk Dinding yang sedang populer belakangan ini, namun tidak menutup kemungkinan juuga muculnya beberapa jenis dinding. Setelah menggunakan jenis batu alam jangan lupa juga memberikan perawatan yang baik agar dinding batu alam terlihat semakin menarik karena dengan perawatan yang baik bakalan membuat batu alam terlihat bagus setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *