Harga Tabung Gas 3 Kg Kosong
Rumah Tangga & Furniture

Harga Tabung Gas 3 KG Kosong dan Plus Isi

Arsiteki.com – Banyak kalangan menengah ke atas yang lebih memilih tabung gas 3 kg dengan alasan harga yang lebih murah. Yah, haga tabung gas 3 kg memang jauh lebih murah. Sebab gas tersebut merupakan gas bersubsidi yang dikhususkan untuk keluarga tidak mampu.

Sebenarnya lebih baik membeli gas 5.5 kg atau gas 12 kg yang merupakan gas non-subsidi. Sebab dari segi kualitas jauh lebih bagus. Namun harga yang mahal membuat banyak orang enggan membelinya dan lebih memilih tabung gas 3 kg.

Mengingat kapasitas tabung gas 3 kg cukup kecil, maka banyak orang yang membeli tabung gas 3 kg kosong sebagai tabung tambahan. Apalagi terkadang tabung gas 3 kg sangat langka dipasaran sehingga perlu tabung cadangan agar tetap bisa digunakan untuk memasak.

Apabila dahulu memasak bisa menggunakan kompor minyak tanah atau tungku kayu bakar, namun sekarang hampir semua rumah sudah menggunakan kompor gas sehingga membutuhkan tabung gas sebagai sumber api.

Apabila dahulu memasak bisa menggunakan kompor minyak tanah atau tungku kayu bakar, namun sekarang hampir semua rumah sudah menggunakan kompor gas sehingga membutuhkan tabung gas sebagai sumber api.

Bagi yang sudah memiliki tabung gas dirumah maka tidak perlu lagi membeli tabung gas 3 kg kosong. Anda cukup membeli isi ulangnya saja di warung ataupun di agen gas terdekat.

Namun apabila satu tabung gas dianggap kurang, maka anda bisa membeli tabung gas 3 kg kosong. Harganya tentu tidak murah, dan untuk mengetahui berapa harga tabung gas 3 kg kosong silahkan simak di bawah ini.

Harga Tabung Gas 3 KG Kosong

Harga Tabung Gas 3 KG

Banyak orang menyebut tabung gas 3 kg sebagai tabung melon. Sebab tabungnya memiliki warna hijau dan berbentuk bundar seperti melon. Untungnya harga sendiri, biasanya harga tabung gas 3 kg kosong dibanderol sekitar Rp. 125.000 sampai Rp. 150.000.

Harga di setiap daerah berbeda-beda. Namun apabila mengacu pada harga di Tokopedia sekitar Rp. 140 Ribuan. Mungkin harga di daerah kalian lebih murah atau bahkan lebih mahal. Untuk memastikannya silahkan datang ke agen gas terdekat.

Kemudian untuk harga tabung gas elpiji 3 kg + isi biasanya dibanderol sekitar Rp. 150.000Rp. 170.000. Harga di setiap daerah berbeda-beda. Begitu pula dengan harga isi ulang yang biasanya dijual sekitar Rp. 18.000 – Rp. 25.000, tergantung harga pasaran di setiap daerah.

Perlu anda ingat, tabung gas 3 kg hanya diperuntukan untuk masyarakat miskin. Jadi apabila anda termasuk kalangan menengah ke atas maka ada baiknya membeli gas non-subsidi.

Tips Membeli Tabung Gas Elpiji 3 KG

Banyak orang sembarangan membeli tabung gas tanpa melihat kondisinya. Padahal hal tersebut sangat berbahaya. Sebab tabung gas digunakan untuk menyimpan gas Propane (C3H8) dan gas Butane (C5H12) yang notabennya mudah terbakar.

Banyak tabung gas 3 kg yang kondisinya sudah tidak bagus. Hal tersebut sangat wajar, karena rata-rata tabung gas 3 kg yang beredar dipasaran merupakan tabung gas bekas yang sudah digunakan oleh banyak orang.

Kami sarankan untuk memilih tabung gas yang kondisinya masih bagus agar lebih aman dan lebih mudah digunakan. Lalu apa ciri-ciri tabung gas yang masih bagus dan layak digunakan ? Untuk mengetahui ciri-cirinya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pilihlah tabung gas 3kg yang kondisinya masih mulus, tidak berkarat, dan penyok
  2. Apabila tidak ada tabung gas 3kg yang catnya masih mulus, maka pilihlah tabung yang kondisi cat-nya masih menutupi sekitar 75% permukaan tabung.
  3. Lihat pada bagian atas tabung, dan pastikan belum penyok agar nantinya mudah dipasarang regulator.
  4. Perhatikan pula bagian seal karet. Kami sarankan untuk mencari tabung yang memiliki seal karet bagus untuk mencegah kebocoran saat memasangnya.

Tips di atas berlaku saat anda membeli tabung gas 3kg kosong ataupun yang sudah berisi gas. Apabila membeli yang kosong maka nantinya akan diganti dengan tabung lain saat anda membeli gas di warung ataupun agen gas terdekat.

Namun apabila membeli tabung gas 3 kg + isi maka carilah yang kondisinya masih benar-benar bagus. Apabila asal-asalan maka akan membahayakan keselamatan.

Banyak kasus tabung gas meledak dikarenakan kondisi tabung yang tidak layak digunakan sehingga menyebabkan kebocoran gas.

Sebenarnya hal tersebut dapat diantisipasi, asalkan mengetahui cara memasang tabung gas dengan benar dan aman. Nah bagi yang belum mengetahui caranya silahkan berikut “Cara Pasang Tabung Gas“.

Pemasangan tabung gas harus dilakukan secara hati-hati untuk mencegah kebocoran. Biasanya tabung gas yang bocor akan mengeluarkan suara mendesis dan tercium bau gas yang cukup menyengat.

Jika mengalami kondisi di atas, maka jangan sekali-kali mencoba menyalakan kompor. Pasalnya api bisa langsung menyambar gas yang bocor sehingga menyebabkan gas meledak dan kebakaran.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membuat Sertifikat TanahJenis-Jenis Batu Alam
Biaya Pasang ListrikSyarat dan Cara Mengurus IMB

Nah demikianlah informasi seputar harga tabung gas 3 kg kosong dan isi. Semoga informasi arsiteki.com di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang berencana ingin membeli tabung gas kosong sebagai cadangan ataupun tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *