Harga Plywood Per Lembar Terbaru 2021

Harga Plywood – Ada beberapa jenis kayu olahan yang sering digunakan untuk membuat furniture. Salah satunya adalah kayu lapis atau sering dikenal sebagai Plywood. Kayu olahan ini tersedia dalam beberapa pilihan ketebalan, mulai dari 3mm,  4mm, 6mm, hingga 18mm.

Plywood berbeda dengan kayu olahan lainnya seperti blockboard, MDF (Medium Density Fiberboard) ataupun particle board. Sebab proses pembuatan Plywood menggunakan kayu tipis yang direkatkan dengan perekat khusus bertekanan tinggi.

Kayu yang digunakan untuk membuat Plywood merupakan kayu dengan kualitas standar. Bahkan biasanya merupakan limbah kayu yang kemudian diolah pabrik kayu lapis. Meskipun terbuat dari kayu limbah, namun kekuatan Plywood tidak kalah dari kayu solid.

Plywood bisa menjadi alternatif selain kayu solid yang harganya semakin mahal. Olahan kayu ini dijual perlembar dengan ukuran 1220 x 2440 mm. Anda bisa memilih beragam ukuran ketebalan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Soal harga tak perlu khawatir, karena harga Plywood jauh lebih murah dibanding menggunakan kayu solid. Namun sebelum membelinya kami sarankan untuk menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan Plywood berikut ini.

Kelebihan Plywood

Ada banyak kelebihan Plywood yang menjadikan kayu olahan ini lebih baik dibanding kayu olahan lainnya. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihannya silahkan simak di bawah ini.

  1. Memiliki daya tahan sangat baik terhadap penyusutan kayu.
  2. Memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebih lebar dibanding kayu solid sehingga cocok digunakan untuk membuat furniture
  3. Tersedia dalam berbagai macam ketebalan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan
  4. Sangat mudah diaplikasikan untuk membuat furniture
  5. Memiliki permukaan yang rata dan halus sehingga lebih mudah difinishing menggunakan HPL atau Cat.
  6. Harga Plywood jauh lebih murah dibanding kayu solid
  7. Lebih kuat dibanding kayu olahan lainnya

Kekurangan Plywood

Setelah mengetahui semua kelebihan Plywood. Sekarang kita tinggal membahas mengenai kekurangan kayu olahan yang satu ini.

  1. Plywood tidak cocok digunakan di luar ruangan. Material ini hanya direkomendasikan untuk furniture yang berada di dalam ruangan (indoor).
  2. Memiliki daya tahan yang kurang terhadap cuaca dan air. Oleh karena itulah kami tidak menyarankan material ini untuk membuat furniture di luar ruangan.

Sejatinya Plywood cukup kuat. Namun dibanding kayu solid, tentu jauh dibawahnya. Material ini hanya cocok untuk membuat furniture didalam ruangan seperti kitchen set, meja TV, lemari, meja rias, ataupun furniture lainnya.

Apabila berencana membeli Plywood untuk membuat pintu, kami sarankan untuk berpikir dua kali. Lebih baik membuat pintu dari kayu solid ataupun memakai pintu alumunium yang daya tahannya berkali-kali lihat lebih kuat.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun banyak pengusa meubel yang menggunakan Plywood sebagai material dasar. Nantinya Plywood akan di finishing menggunakan HPL maupun dicat menggunakan cat Duco.

Hasil akhirnya akan menghasilkan furniture berkualitas dengan nilai jual tinggi. Harga furniture dengan material plywood memang lebih mahal dibanding kayu olah lainnya. Bahkan didaerah saya harganya bisa mencapai 1.8 Juta permeter persegi.

Mahalnya harga furniture berbahan dasar plywood sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Sebab Plywood menggunakan kayu solid yang dibuat berlapis agar kuat dan tidak mudah patah.

Bagi yang budgetnya tidak cukup untuk membeli ataupun memesan furniture berbahan Plywood maka bisa mencoba membuatnya sendiri. Lagi pula plywood sangat mudah diolah menjadi berbagai macam furniture.

Daftar Harga Plywood

Harga PlywoodBagi yang tertarik membuat furniture berbahan plywood sendiri maka bisa membeli material ini diberbagai toko bangunan. Harga di setiap toko berbeda-beda, tergantung dari merk serta kualitas plywood yang dibeli. Sebagai referensi kami akan memberikan daftar harga Plywood berikut ini.

NO MERK DAN KETEBALAN HARGA
1 Hana Plywood 3mm (Albasia) Rp. 58.800
2 Hana Plywood 4mm (Albasia) Rp. 62.000
3 Hana Plywood 6mm (Albasia) Rp. 102.900
4 Hana Plywood 9mm (Albasia) Rp. 175.350
5 Hana Plywood 12mm (Albasia) Rp. 212.100
6 Hana Plywood 15mm (Albasia) Rp. 256.200
7 Hana Plywood 18mm (Albasia) Rp. 307.000
8 Palem UTY Super 3mm Rp. 67.000
9 Palem UTY Super 6mm Rp. 99.000
10 Palem UTY Super 9mm Rp. 148.000
11 Palem UTY Super 12mm Rp. 183.000
12 Palem UTY Super 15mm Rp. 225.500
13 Palem UTY Super 18mm Rp. 265.000
14 Meranti MC 6mm Rp. 86.500
15 Meranti MC 9mm Rp. 132.500
16 Meranti MC 12mm Rp. 162.500
17 Meranti MC 15mm Rp. 207.500
18 Meranti MC 18mm Rp. 230.000

Daftar harga di atas merupakan harga Plywood di marketplace Tokopedia. Harga di toko bangunan mungkin sedikit berbeda. Namun kami yakin selisih harganya tidak akan terlalu banyak. Palingan hanya selisih 5-20 Ribu Rupiah per lembar.

Yah, plywood dijual perlembar dengan ukuran 1220 x 2440 mm. Kayu olahan ini tersedia dalam beberapa ukuran ketebalan yang bisa kalian simak di atas. Selan itu, plywood juga terbuat dari berbagai macam jenis kayu solid, seperti Meranti, Palem, Albasia, dll.

Jenis kayu yang digunakan mungkin akan berpengaruh terhadap daya tahan plywood. Kami sendiri lebih memilih kayu keras sekelas Meranti dibanding plywood yang terbuat dari kayu palem maupun albasia.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Atap Plastik Harga Kayu Kamper 
Daftar Harga Lantai Parket 

Harga Kusen Kayu Jati

Nah demikianlah informasi arsiteki.com seputar harga plywood yang beredar dipasaran. Perlu kalian ingat bahwa harga di setiap daerah berbeda-beda. Untuk memastikannya silahkan datang langsung ke toko bangunan terdekat atau membelinya secara online.

Tinggalkan komentar