Daftar Harga Perekat Bata Ringan Hebel
Bahan Bangunan

Harga Perekat Hebel Per Sak Terbaru 2020 (Lem Bata Ringan)

Harga Perekat Hebel – Cara memasang hebel berbeda dengan bata merah. Apabila bata merah memerlukan campuran semen dan pasir, maka hebel hanya membutuhkan lem atau perekat yang sering disebut sebagai semen instan atau semen mortar.

Bisa dikatakan biaya pemasangan hebel lebih terjangkau dibanding bata merah, karena tidak membutuhkan semen dan pasir. Cara memasang hebel juga sangat mudah. Kalian cukup mencampur perekat dengan air, kemudian oleskan pada permukaan hebel.

Setelah perekat dioleskan, lalu tinggal menyusunnya untuk membuat tembok rumah ataupun keperluan lainnya. Membuat tembok rumah dengan hebel merupakan keputusan yang sangat tepat. Selain lebih efesien, material ini juga kuat dan beratnya relatif ringan.

Hebel bisa digunakan untuk membuat rumah satu lantai ataupun lebih dari dua lantai. Bagi yang penasaran ingin mengetahui berapa harganya, silahkan simak informasi berikut “Daftar Harga Hebel Terbaru“.

Apabila membeli hebel jangan lupa membeli perekatnya. Harga perekat hebel yang beredar dipasaran berbeda-beda, tergantung merk yang dipilih. Untuk yang termahal bisa melebihi 100 Ribu Rupiah. Namun tidak semua harga perekat hebel mahal, karena ada yang dijual dibawah 50 Ribu.

Semakin mahal biasanya semakin bagus. Akan tetapi jika budgetnya terbatas, maka tidak ada salahnya memilih yang murah. Ada beberapa merk perekat hebel murah yang bisa dipilih. Nah untuk mengetahui apa saja merk hebel terbaik, namun tetap dibanderol dengan harga terjangkau silahkan simak ulasannya berikut ini

Daftar Harga Perekat Hebel

Harga Perekat Hebel
Ada banyak sekali merk perekat bata ringan hebel yang bisa kalian pilih. Setiap merk membanderol produknya dengan harga berbeda-beda. Kalian tinggal memilihnya sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki. Sebagai referensi kami akan memberikan daftar harga perekat hebel terbaik yang bisa kalian simak di bawah ini.

JENIS PEREKATKEMASANHARGA
Mortar Utama MU 38040 kgRp. 95.000
Global Union GU-50040 kgRp. 50.000
Demix A140 kgRp. 60.000
Leichtmix Broco LM 30140 kgRp. 65.000
Mortar Utama MU 30140 kgRp. 75.000
Powerbond PRO-88840 kgRp. 60.000
Aplus 22040 kgRp. 55.000
Multi Bond MB-83840 kgRp. 55.000
AM 4840 kgRp. 75.000
LV-50040 kgRp. 48.000
Dura 10040 kgRp. 60.000
Karya Mortar Thin Bed40 kgRp. 49.000
RAPI RM-12040 kgRp. 75.000
SuperThinbed SP-10040 kgRp. 54.000 

Perlu diketahui bahwa harga di atas merupakan harga lem herbel termurah yang ada di Markeplace Tokopedia. Harga ditempat lain mungkin berbeda, bisa lebih mahal atau bahkan lebih murah. Untuk memasatikannya silahkan datang langsung ke toko bangunan terdekat atau membelinya secara online.

Rekomendasi Lem Hebel Terbaik

Lem Hebel Terbaik
Setiap merk perekat hebel memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda-beda. Apabila mencari yang terbaik, kami sarankan untuk memilih Mortar Utama MU-380. Sudah sejak lama Mortar Utama dikenal sebagai produsen semen instan terbaik di Indonesia.

Kualitas produk Mortar Utama (MU) tidak perlu diragukan lagi. Merk ini menerapkan standar internasional untuk menjaga kualitas produk serta kepercayaan konsumen. MU 380 hanya satu dari sekian banyak produk yang dipasarkan Mortar Utama. Lalu apa saja kelebihan perekat hebel tersebut?

Kelebihan Mortar Utama MU-380 adalah memiliki daya rekat tinggi dengan ketebalan 3 mm. Hal ini sebanding dengan harga perekat hebel tersebut yang hampir 100 Ribu Rupiah. Bahkan di beberapa daerah harganya bisa mencapai 125 Ribu Rupiah per sak.

Selain Mortar Utama MU-380, sebenarnya masih banyak perekat hebel lain yang memiliki kualitas tak kalah bagus, namun dibanderol dengan harga lebih terjangakau. Lagi pula semen instan MU-380 sangat jarang dijumpai dipasaran, sehingga merk lain bisa menjadi alternatif.

Cara Menghitung Kebutuhan Perekat Hebel

Sebelum membeli perekat hebel kami sarankan untuk terlebih dahulu menghitung kebutuhan bahan. Hal ini sangat penting agar bisa mengira-ngira, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat dinding menggunakan bata ringan (hebel).

Sebagai contoh kami akan menghitung kebutuhan perekat hebel untuk dinding dengan panjang 10 meter dan tinggi 4 meter. Sedangkan untuk hebel yang digunakan memiliki ukuran 60 x 20 x 10 cm (AAC 10).

Secara teknis, daya sebar perekat hebel mencapai 10 m2 untuk pemasangan hebel AAC 10 dengan ketebalan perekat 3 mm. Satu sak hebel memiliki kapasitas 40 kg, jadi untuk 1 m2 membutuhkan 4 kg perekat hebel.

Kemudian tinggal menghitungnya dengan rumus sebagai berikut.

  • Luas dinding = 10 m x 4 m = 40 m2
  • Kebutuhan total = 40 mx 4kg/m= 160 kg
  • Jika dikonversikan dalam sak = 160 / 40 = 4 sak (1 sak = 40 kg).

Dapat kita simpulkan bahwa kebutuhan perekat hebel untuk luas dinding 40 meter persegi adalah sebanyak 4 sak.

Selain hebel AAC 10, dipasaran juga beredar hebel AAC 7.5 yang memiliki dimensi 60 x 20 x 7.5 cm. Daya sebarnya berbeda dengan hebel AAC 10. Sebab untuk AAC 7.5 memiliki daya sebar 16 m2/sak dengan tebal pengaplikasian 3 mm.

Mengingat daya sebarnya lebih luas, maka kebutuhan perekat untuk Hebel AAC 7.5 menjadi lebih sedikit. Sebab untuk dinding seluas 40 m2 hanya membutuhkan perekat sekitar 3 sak.

Meskipun kebutuhannya lebih sedikit, namun proses pemasangan Hebel AAC 7.5 lebih lama dibanding Hebel AAC 10. Jumlah hebel yang dibutuhkan juga lebih banyak. Alhasil biaya yang dikeluarkan tidak akan berbeda jauh.

Cara Memasang Bata Ringan Hebel

YouTube video

Cara memasang hebel jauh lebih mudah dibanding bata biasa. Waktu yang dibutuhkan juga lebih efisien, karena hanya perlu mencampur perekat dengan air.

Pastikan jumlah air yang digunakan sesuai agar tidak mengurangi daya rekat hebel. Secara teknis, 1 sak perekat hebel membutuhkan 9-9.5 liter. Jadi apabila jumlah air yang dicampurkan lebih dari 10 Liter/sak, maka bisa mengurangi kekuatan daya rekat.

Pada proses pemasangan bata ringan hebel, disarankan untuk terlebih dahulu membasahi bata ringan dengan air.  Setelah itu tinggal mengoleskan perekat ke permukaan bata ringan menggunakan roskam.

Perhatikan pula ketebalan perekat. Dimana ketebalan yang dianjurkan adalah 3mm. Setelah itu disarankan untuk menotok bata ringan menggunakan palu karet untuk memperkuat rekatan. Namun jangan terlalu keras, karena bisa membuat bata ringan pecah.

Baca Juga Informasi Lainnya
Daftar Harga Kuas CatCara Mengatasi Dak Bocor
Harga Pintu TemperedHarga Roll Cat 

Nah demikianlah informasi singkat mengenai harga perekat hebel. Semoga artikel arsiteki.com kali ini bermanfaat bagi kalian yang berencana membangun rumah dengan bata ringan hebel. Simak pula beragam informasi menarik lainnya yang akan kami update setiap hari.

5/5 (1 Review)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *