Harga Kayu Reng
Bahan Bangunan

Harga Kayu Reng Per Batang Ukuran 2×3 dan 3×4

Harga Kayu Reng – Ada beragam jenis konstruksi atap rumah, namun yang paling sering digunakan masyarakata Indonesia adalah atap kayu. Yah, atap kayu masih menjadi pilihan utama dibanding baja ringan ataupun atap beton. Alasannya adalah karena atap kayu dianggap lebih murah dan lebih kuat.

Kuat atau tidaknya atap kayu tergantung jenis kayu yang digunakan. Semakin keras kayunya, tentu semakin baik. Namun hal tersebut akan percuma apabila tidak diimbangi dengan struktur rangka atap yang baik. Sebab struktur atap kayu terdiri dari beberapa bagian yang sangat berpengaruh terhadap kekuatannya.

Rangka atap kayu terdiri dari beberapa bagian yang terdiri dari kuda-kuda, kaso (usuk), gording, dan reng. Setiap bagian memiliki fungsi berbeda-beda. Nah pada artikel kali ini kami hanya membahas mengenai Reng yang merupakan salah satu bagian paling penting dari konstruksi sebuah atap.

Fungsi Kayu Reng

Contoh Konstruksi Atap Kayu
Contoh Konstruksi Atap Kayu

Reng tidak hanya digunakan pada konstruksi atap kayu saja, namun juga atap baja ringan. Fungsi reng sendiri adalah sebagai tumpuan genteng ataupun penutup atap lainnya sepert seng, asbes, dll. Tanpa adanya reng, maka genteng akan langsung menimpa usuk atau taso sehingga genteng tidak bisa dipasang.

Posisi pemasangan reng berada di atas taso dan dipasang pada arah tegak lurus dengan jarak menyesuaikan dengan panjang genteng ataupun penutup atap yang digunakan. Tanpa adanya reng, maka secara otomatis genteng tidak bisa dipasang. Posisinya juga harus benar-benar tepat dan diukur sesuai dengan ukuran genteng.

Mengingat fungsi reng sangat penting, maka kami sarankan untuk memilih kayu berkualitas agar awet reng tetap awet untuk pemakaian jangka panjang. Apabila mencari kayu reng yang kuat dan tahan lama, maka kalian bisa memilih reng kayu jati.

Namun harga kayu reng jati sangatlah mahal. Sebab kayu jati tahan terhadap jamur, rayap, dan cuaca ekstrim sehingga lebih awet dibanding kayu jenis lainnya. Nah untuk mengetahui harga kayu reng tersebut, silahkan simak di bawah ini.

Ukuran Kayu Reng

Sebelum membahas soal harga kayu reng, mari kita terlebih dahulu membahas ukurannya. Dimana ukuran rata-rata kayu reng adalah 2x3cm atau 3x4cm dengan panjang sekitar 3-4 meter. Ukurannya memang lebih kecil dibandingkan kayu usuk, jadi wajar apabila harga kayu reng lebih terjangkau. Meskipun dimensinya cukup kecil, namun fungsi kayu reng sangatlah penting, jadi pastikan kalian memilih kayu berkualitas.

Harga Kayu Reng

Daftar Harga Kayu Reng
Daftar Harga Kayu Reng

Setelah mengetahui ukuran kayu reng yang sesuai dengan kebutuhan, maka selanjutnya kita tinggal membelinya. Ada banyak sekali penjual kayu reng disetiap daera. Kami yakin harganya akan berbeda-beda. Meskipun begitu, harganya tidak akan berbeda jauh dengan harga kayu reng yang kami sampaikan di bawah ini.

JENIS DAN UKURAN KAYU RENGPANJANGHARGA  
Kayu Meranti 2 x 3 cm4 MeterRp. 12.000
Kayu Meranti 3 x 4 cm4 MeterRp. 15.000
Kayu Borneo 2 x 3 cm4 MeterRp. 17.000
Kayu Borneo 3 x 4 cm4 MeterRp. 20.500
Kayu Kamper 2 x 3 cm4 MeterRp. 20.500
Kayu Kamper 3 x 4 cm4 MeterRp. 22.000

Seperti yang kalian lihat di atas, harga kayu reng tergolong terjangkau. Kayu ini dijual per batang dengan ukuran rata-rata mencapai 4 meter. Namun tak jarang ada yang menjualnya per meter, sehingga kalian bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Apabila dibandingkan dengan harga reng baja ringan, maka bisa dikatakan harga reng kayu lebih murah. Namun sayangnya reng kayu memiliki ukuran lebih pendek. Sebab reng baja ringan memiliki panjang mencapai 6 meter.

Yah, menggunakan reng kayu ada plus minusnya. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mempertimbangkan secara matang, apakah akan menggunakan konstruksi atap baja ringan atau kayu.

Jujur, saya sendiri lebih memilih baja ringan dibanding kayu. Sebab baja ringan memiliki durabilitas lebih baik terhadap api, cuaca, dan kondisi ekstrim lainnya. Kelebihan tersebut sebanding dengan harga baja ringan yang lebih mahal.

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Cat Paragon

Daftar Harga Batu Bata Merah
Harga Granit Lantai Termurah

Harga Pasir Satu Truck

Bagi yang memiliki budget terbatas, tentu tidak ada salahnya memilih kayu. Yang paling penting kalian harus memilih kayu berkualitas yang dijadikan sebagai reng ataupun taso. Nah cukup sekian informasi arsiteki.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

5/5 (3 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *