Harga Kayu Jati Belanda
Bahan Bangunan

15 Harga Kayu Jati Belanda Bekas Palet Per Batang Terbaru 2020

Arsiteki.com – Harga kayu jati belanda yang murah membuat banyak orang tertarik mengolah limbah kayu ini menjadi furnitur bernilai tinggi. Selain murah, kayu jati belanda juga memiliki guratan unit dengan nuansa alami yang indah.

Meskipun memiliki nama Jati Belanda, namun bukan berarti kayu ini berasal dari Belanda. Kayu jenis ini juga berbeda dengan kayu Jati yang kita kenal selama ini. Pada dasarnya kayu jati belanda merupakan kayu pinus/pinewood yang banyak tumbuh di benua Asia dan Amerika, termasuk Indonesia.

Rata-rata kayu jati belanda yang beredar dipasaran merupakan kayu bekas palet atau ex-palet. Inilah salah satu alasan mengapa harga kayu paket Jati belanda dijual dengan harga murah. Meskipun murah, namun tidak mengurangi keindahan kayu ini.

Kelebihan Kayu Jati Belanda

Contoh Furnitur Jati Belanda
Ada banyak sekali furniture yang bisa dibuat menggunakan kayu jati belanda, seperti meja kantor, kursi, rak dinding, lemari, maupun beragam kerajinan kayu lainnya. Nah bagi kalian yang tertarik membelinya, silahkan simak beragam kelebihan kayu jati belanda berikut ini.

1. Harga Murah

Mengingat kayu ini merupakan kayu limbah (Ex-Palet), maka jangan heran apabila harga kayu jati belanda sangat terjangkau. Biasanya kayu jati belanda dijual perbatang atau perikat dengan ukuran bervariasi.

Jangan harap mendapatkan kayu jati belanda yang panjangnya lebih dari 2 meter. Rata-rata hanya memiliki panjang 75cm sampai 1.2 meter. Untuk harga termurah sekitar 7 Ribuan. Namun terkadang ada yang menjual dengan harga lebih mahal.

2. Memiliki Serat Yang Unik

Salah satu kelebihan utama kayu jati belanda adalah memiliki serat yang unik. Serat kayu ini berbeda dari kayu lainnya. Kalian akan mendapatkan serat kayu yang natural dengan warna yang cerah seperti kuning muda atau krem kayu.

Serat kayu jati belanda juga sangat halus dan mudah difinishing menggunakan beragam produk finishing seperti clear, coating, ataupun cat kayu. Berkat kelebihan inilah kayu jati belanda sangat cocok digunakan untuk membuat mebel, furniture, atau bahkan kerajinan berbahan kayu.

3. Kuat dan Ringan

Berbeda dengan kayu jati biasa yang terkenal berat, kayu jati belanda memiliki bobot jauh lebih ringan. Kelebihan tersebut akan membantu para pengrajin untuk membuat furnitur maupun mebel menggunakan kayu jenis ini.

Meskipun ringan, namun kekuatan kayu jati belanda tergolong sangat baik. Sebab kayu ini tahan terhadap goncangan serta resisten terhadap benturan. Namun apabila dibandingkan dengan kayu keras seperti jati ataupun bengkirai tentu masih kalah

4. Tahan Terhadap Penyusutan dan pembengkakan

Masalah utama pada kayu adalah sering mengalami penyusutan dan pembengkakan. Biasanya hal ini terjadi karena kayu masih basah dan disebabkan oleh kelembaban dan suhu. Untungnya kayu jati belanda tidak seperti itu.

Kayu jati belanda terbukti memiliki kadar penyusutan dan pembengkakan yang sangat minim. Terlebih untuk kayu yang sudah dioven, pastinya jauh lebih kuat dan dapat terhindar dari penyusutan dan pembengkakan.

5. Mudah Didapatkan

Alasan mengapa perusahan-perusahan ekspedisi menggunakan jati belanda sebagai kotak kemasan kayu (palet) adalah karena kayu ini mudah didapatkan. Kayu jati belanda atau kayu pinus bisa tumbuh dengan sangat subur di wilayah Asia maupun Amerika sehingga kayu jenis ini tidak ada habis-habisnya.

Kekurangan Kayu Palet Jati Belanda

Kekurangan Kayu Jati Belanda

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun bukan berarti kayu jati belanda tidak memiliki kekurangan. Kalian wajib mengetahui apa saja kekurangan kayu ini. Nah untuk mengetahui apa saja kekurangannya, silahkan simak berikut ini.

1. Kandungan Getah Tinggi

Salah satu kekurangan utama kayu jati belanda adalah memiliki kandungan getah tinggi yang membuat proses finishing lebih sulit. Untuk mengatasi hal ini, kayu harus benar-benar kering sehingga material finishing bisa menempel sempurna.

Ada baiknya kayu jati belanda dioven terlebih dahulu sebelum digunakan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kandungan getah atau minyak yang terkandung didalam kayu jati belanda sehingga nantinya lebih mudah di finishing.

2. Banyak Lubang

Meskipun tidak semua, namun rata-rata kayu jati belanda yang beredar dipasaran merupakan kayu bekas palet. Hal ini menyebabkan kayu jati belanda memiliki banyak lubang paku. Kalian harus pintar memilih agar mendapatkan kayu dengan kondisi terbaik yang layak digunakan sebagai furnitur maupun kebutuhan lainnya.

Harga Kayu Palet Jati Belanda

Daftar Harga Kayu Jati Belanda

Nah demikianlah beragam kelebihan dan kekurangan kayu jati belanda. Selanjutnya mari kita membahas mengenai harga kayu jati belanda yang beredar dipasaran. Namun perlu kalian ketahui bahwa harga kayu jati belanda disetiap penjual berbeda-beda. Sebagai gambaran silahkan simak informasi berikut ini.

NOUKURANHARGA 
175 x 9.5 x 2cmRp. 7.000
2110 x 7.5 x 1.5cmRp. 7.500
3114 x 8 x 1.5cmRp. 8.000
4120 x 7.5x 1.5cmRp. 9.000
5114 x 9.5 x 1.5cmRp. 10.000
6110 x 1.5 x 1cmRp. 10.000
7120 x 4 x 2cmRp. 8.000
8120 x 9.5 x 2cmRp. 13.000
9110 x 14 x 2cmRp. 21.000
10180 x 9 x 1.5cmRp. 40.000
11100 x 25 x 2cmRp. 60.000
1280 x 30 x 1.5cmRp. 65.000
13120 x 28 x 2cmRp. 70.000
14120 x 40 x 3.5cmRp. 350.000
15240 x 9 x 1.5cmRp. 68.000

Harga kayu jati belanda di atas merupakan harga termurah yang kami dapatkan di Tokopedia. Harga ditempat lain mungkin berbeda. Namun kami yakin harganya tidak berbeda jauh dengan harga di atas. Dimana untuk harga termurah sekitar Rp. 7 Ribuan.

Dengan harga yang terjangkau anda bisa mendapatkan kayu terbaik untuk furniture. Kayu jenis ini menawarkan keindahan alami dengan serat yang unik dan halus. Namun saat membelinya pastikan kondisi kayu layak digunakan.

Kami sendiri menyarankan untuk memiliki kayu jati belanda yang bukan bekas palet. Sebab untuk bekas palet rata-rata memiliki bekas lubang paku yang akan mengurangi keindahan kayu saat digunakan untuk membuat furniture.

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Lem Pipa Paralon

Daftar Harga Plywood
Harga Kayu Usuk 

Harga Plafon Gypsum

Cukup sekian informasi arsiteki.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang tertarik membeli kayu jati belanda.

5/5 (1 Review)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *