Daftar Harga Kaca Tempered
Bahan Bangunan, Kaca

Harga Kaca Tempered Per Meter Terbaru 2020

Harga Kaca Tempered 2020 – Berbagam macam jenis kaca beredar dipasaran, dan salah satunya adalah kaca tempered. Kaca ini sangat special, karena dibuat dengan proses pemanasan mencapai 700 derajat celcius yang menjadikan kaca tempered jauh lebih kuat dibanding kaca standar.

Ada banyak hal yang perlu kalian ketahui sebelum menggunakan kaca tempered. Oleh karena itulah kami akan mengulas lebih jauh mengenai kelebihan, kekurangan, ukuran, dan harga kaca tempered yang beredar dipasaran. Nah untuk mengetahui informasinya secara mendetail silahkan simak artikel berikut ini.

Proses Pembuatan

Proses Pembuatan Kaca Tempered
Proses Pembuatan Kaca Tempered

Yah, proses pembuatan kaca tempered memang berbeda dengan kaca pada umumnya. Meski sama-sama dipanaskan, namun suhu yang digunakan untuk membuat kaca tempered jauh lebih panas. Inilah salah satu alasan mengapa harga kaca tempered lebih mahal, karena proses pembuatannya lebih sulit.

Sejatinya kaca tempered terbuat dari kaca biasa. Namun yang membuat kaca ini lebih kuat adalah karena melewati proses pemanasan hingga 700 derajat celcius, dan kemudian kaca didinginkan secara mendadak dengan cara menyemprotkan udara secara merata ke kedua sisi kaca sehingga kaca mengalami pengerasan lebih maksimal.

Setelah mengalami proses pemanasan dan pendinginan yang ekstrim, maka akan menghasilkan kaca yang tahan terhadap goresan dan benturan 5x lebih kuat dari kaca biasa. Meskipun lebih kuat, namun bukan berarti kaca ini tidak bisa pecah. Bahkan kaca jenis ini sangat rentan terhadap retakan kecil, karena retakan tersebut bisa menyebar ke semua bagian kaca hingga akhirnya membuat kaca menjadi pecah.

Asalkan tidak terbentur dengan sangat keras, kami yakin kaca tempered tidak akan pecah. Terlebih jika menggunakan kaca tempered yang memiliki ketebalan di atas 8mm, tentu akan jauh lebih kuat. Ukuran kaca tempered yang beredar dipasaran juga beraneka ragam. Yang paling tipis sekitar 3mm dan yang paling tebal mencapai 19mm.

Kelebihan Kaca Tempered

Kelebihan Kaca Tempered
Kelebihan Kaca Tempered

Ada banyak kelebihan lainnya yang menjadikan harga kaca tempered lebih mahal dibanding kaca biasa. Nah untuk mengetahui semua kelebihan kaca tempered, silahkan simak di bawah ini.

1. Sangat Kuat

Kelebihan utama kaca tempered adalah kekuatannya. Kaca ini sangat kuat, karena telah melalui proses penguatan yang menjadikan kaca tempered tidak mudah pecah dan tergores. Karena faktor inilah kaca tempered sangat cocok diaplikasikan sebagai kanopi ataupun pagar plakon.

2. Tidak Mudah Tergores

Tentu kalian tidak asing dengan tempered glass yang sering digunakan sebagai pelindung layar handphone. Bagi yang sering menggunakannya, tentu paham dengan betul bahwa kaca tempered tidak mudah tergores oleh benda tajam. Hal yang sama juga berlaku untuk kaca tempered yang biasanya digunakan untuk pintu rumah, jendela, partisi, ataupun kebutuhan lainnya

3. Tidak Mudah Pecah

Sering kali kaca biasa akan langsung pecah apabila terbentur benda keras ataupun terjatuh. Kekuatan kaca biasa memang berbeda dengan kaca tempered yang 5x lebih kuat terhadap benturan dan goresan. Oleh karena itulan kaca ini sangat cocok diaplikasikan sebagai atap kanopi yang bisa sewaktu-waktu kejatuhan benda dari atas atas.

4. Aman Digunakan

Bagi yang khawatir kaca tiba-tiba pecah saat terjadi gempa, maka lebih baik mengganti kaca yang lama dengan kaca tempered. Sebab kaca tempered tidak akan mudah pecah, meski terjadi gempa berkekuatan besar. Apabila sewaktu-waktu pecah juga tidak perlu khawatir, karena pecahan kaca tempered berbentuk seperti kerikil sehingga lebih aman.

5. Tahan Panas

Salah satu kelebihan kaca tempered glass yang paling utama adalah tahan panas. Kaca ini mampu bertahan dalam suhu sangat panas sehingga cocok dijadikan sebagai pintu kamar mandi yang menggunakan water heater.

Kekurangan Kaca Tempered

Kekurangan Kaca Tempered
Kekurangan Kaca Tempered

Semua kelebihan di atas bisa menjadi bukti bahwa kualitas kaca tempered sangat terjamin. Namun dibalik itu, kaca tempered memiliki beberapa kekurangan yang wajib kalian ketahui sebelum menggunakannya. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut.

1. Sulit Dipotong

Berbeda dengan kaca biasa yang mudah dipotong dengan alat pemotong kaca, kaca tempered justru sangat sulit dipotong. Untuk memotong kaca ini harus menggunakan laser cutter khusus dan harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Apabila nekat memotong dengan alat pemotong kaca biasa, maka kami jamin akan langsung pecah.

2. Rentan Terhadap Retakan Kecil

Meksipun sangat kuat, namun retakan kecil pada kaca tempered bisa membuat seluruh bagian kaca langsung hancur. Sebab bagian yang retak akan menyebar ke seluruh bagian kaca dan menjadikan kaca tempered langsung hancur.

3. Sulit Dibor atau dilubangi

Jangan harap bisa melubangi kaca tempered dengan mudah. Kalian butuh alat khusus untuk melubangi kaca tersebut. Kami sarankan untuk langsung membeli kaca yang sudah dilubangi agar bisa dipasang lubang kunci atau pegangan.

4. Proses Pembuatan Lama

Proses pembuatan kaca tempered sangat panjang, sehingga menjadikan produksi kaca tempered glass lebih lama dibanding kaca biasa. Oleh karena itulah kami sarankan untuk memasan jauh hari sesuai ukuran yang diinginkan agar tidak menghambat proyek pembanguan rumah ataupun untuk kebutuhan lainnya.

5. Harga Mahal

Mengingat proses pembuatan yang lebih sulit dan proses produksi yang lama, maka jangan heran apabila harga kaca tempered sangat mahal. Harganya berkali-kali lipat dibanding kaca biasa. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui berapa harganya, silahkan simak informasi arsiteki.com berikut ini.

Ukuran Kaca Tempered

Ukuran dan Ketebalan Kaca Tempered
Ukuran dan Ketebalan Kaca Tempered
TEBAL KACAUKURAN STANDAR
Tebal 3 mm2130cm x 3045cm
Tebal 4 mm2130cm x 3045cm
Tebal 5 mm2130cm x 3045cm
Tebal 6 mm2130cm x 3045cm
Tebal 8 mm2130cm x 3045cm
Tebal 10 mm2130cm x 3045cm
Tebal 12 mm2130cm x 3045cm
Tebal 15 mm2130cm x 3045cm
Tebal 19 mm2130cm x 3045cm

Sebelum membahas soal harga, kami sarankan untuk terlebih memahami ukuran kaca tempered agar tidak salah sat membelinya. Kaca jenis ini tersedia dalam berbagai macam ukuran. Yang paling tipis berukuran 3mm dan yang paling tebal mencapai 19mm. Ketebalan kaca tempered sangat berpengaruh terhadap harga jualnya.

Semakin tebal ukuran kaca, maka harganya semakin mahal. Bahkan harga kaca tempered untuk ketebalan 19mm dibanderol melebihi 2 Juta Rupiah per m². Selain ukuran yang berbeda-beda, kaca tempered juga tersedia dalam berbagai macam warna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.  Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui harganya, silahkan simak di bawah ini.

Harga Kaca Tempered

Harga Kaca Tempered
Daftar Harga Kaca Tempered
TEBAL DAN JENIS KACA HARGA PER M²
Kaca Tempered Tinted Green 8mmRp. 645.000
Kaca Tempered Tinted Dark Blue 5mmRp. 330.000
Kaca Tempered Tinted Euro Grey 6mmRp. 407.000
Kaca Tempered Tinted Bronze 5mmRp. 330.000
Kaca Tempered Tinted Green 6mmRp. 407.000
Kaca Tempered Stopsol Green 5mmRp. 436.000
Kaca Tempered Tinted Blue Green 5mmRp. 344.000
Kaca Tempered Tinted Green 12mmRp. 1.104.000
Kaca Tempered Tinted Blue Green 6mmRp. 430.000
Kaca Tempered Stopsol Euro Grey 8mmRp. 859.000
Kaca Tempered Clear 3mmRp. 187.000
Kaca Tempered Stopsol Dark Blue 5mmRp. 436.000
Kaca Tempered Stopsol Dark Blue 6mmRp. 598.000
Kaca Tempered Clear 10mmRp. 465.000
Kaca Tempered Stopsol Blue Green 8mmRp. 898.000
Kaca Tempered Stopsol Green 8mmRp. 859.000
Kaca Tempered Stopsol Euro Grey 6mmRp. 598.000
Kaca Tempered Stopsol Green 6mmRp. 598.000
Kaca Tempered Tinted Dark Blue 12mmRp. 1.104.000
Kaca Tempered Tinted Dark Blue 6mmRp. 407.000
Kaca Tempered Clear 8mmRp. 386.000
Kaca Tempered Tinted Dark GREY 3mmRp. 242.000
Kaca Tempered Tinted Dark GREY 5mmRp. 278.000
Kaca Tempered Tinted Dark GREY 6mmRp. 407.000
Kaca Tempered Tinted Blue Green 8mmRp. 694.000
Kaca Tempered Stopsol Blue Green 6mmRp. 630.000
Kaca Tempered Stopsol Dark Blue 8mmRp. 859.000
Kaca Tempered Clear 5mmRp. 187.000
Kaca Tempered Clear 12mmRp. 522.000
Kaca Tempered Clear 4mmRp. 187.000
Kaca Tempered Clear 6mmRp. 258.000
Kaca Tempered Tinted Euro Grey  8mmRp. 645.000
Kaca Tempered Tinted Euro Grey 5mmRp. 330.000
Kaca Tempered Tinted Green 5mmRp. 330.000
Kaca Tempered Clear 15mmRp. 1.999.000
Kaca Tempered Clear 19mmRp. 2.750.000
Harga Kaca Terbaru Cek Di Sini

Harga di atas merupakan harga kaca tempered yang dijual oleh CV Green Mile Indonesia. Harga di tempat lain bisa saja lebih murah atau bahkan lebih mahal. Untuk memastikannya kami sarankan untuk datang ke toko kaca terdekat. Namun biasanya kita harus inden terlebih dahulu karena tidak semua toko kaca menyediakan kaca jenis ini, terutama untuk yang memiliki ketebalan di atas 10mm.

Owh yah, harga yang kami sampaikan merupakan harga per M², jadi siapkan uang lebih apabila membutuhkan kaca berukuran besar. Kaca tempered sendiri bisa diaplikasikan untuk berbagam macam kebutuhan, seperti membuat kanopi, pagar atap rumah, dinding kaca, pintu kaca, jendela kaca, tangga, ekskaltor, elevator, dan berbagai macam kebutuhan lainnya.

Selain untuk kebutuhan bangunan, kaca tempered juga sering kali digunakan untuk panel meja dan lemari kaca. Harga yang mahal akan membuat kaca tempered terasa lebih istimewa. Namun buka itu tujuan utama menggunakan kaca ini, melainkan karena faktor keamanan yang lebih baik dibanding kaca biasa.

Agar pemasangan kaca tempered lebih aman, kami sarankan utuk meminta bantuan ke tukang kaca yang berpengalaman. Biasanya tukang kaca juga memberikan jasa pemasangan kaca sampai benar-benar terpasang. Namun yang pasti biayanya akan lebih mahal, karena harga di atas hanyalah bahannya saja.

Nah cukup sekian informasi arsiteki.com. Semoga daftar harga kaca tempered yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi bagi kalian yang berencana membeli kaca tersebut. Jangan lupa untuk mengecek langsung ke toko kaca terdekat, karena harga yang kami sampaikan bisa berbeda di setiap daerah.

5/5 (2 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *