Daftar Harga Gypsum Terbaik di Indonesia
Bahan Bangunan

Harga Gypsum Per Lembar 2020 : Jayaboard, Aplus, Knauf & Elephant 

Harga Gypsum Per Lembar – Ada banyak sekali merk-merk gypsum ternama di Indonesia, seperti Jayaboard, Aplus, Elephant, Yoshino, Starband, Indoboard, dan masih banyak lagi lainnya. Setiap merk menawarkan produk berkualitas yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti buatan Plafon, Partisi, dll.

Yah, gypsum merupakan material yang paling tepat untuk membuat partisi ruangan. Pasalnya biaya membuat partisi dengan Gypsum jauh lebih terjangkau dibanding menggunakan batu bata ataupun material lainnya. Karena alasan itulah banyak kantor ataupun rumah pribadi yang menggunakan gypsum sebagai partisi.

Selain sebagai partisi ruangan, gypsum juga cocok digunakan untuk membuat plafon. Bagi kalian yang berencana menggunakannya, kami sarankan untuk menggunakan rangka besi hollow atau hollow alumunium untuk mengimbangi bobot papan gypsum yang biasanya dijual per lembar dengan ukuran 120 x 240 cm.

Sebenarnya bobot gypsum tergolong sangat ringan sehingga cocok untuk rangka plafon bermaterial besi Hollow. Tak hanya ringan, papan gypsum juga mudah dibentuk menjadi berbagai macam model.

Kelebihan Gypsum

Sebelum membeli papan gypsum yang banyak beredar dipasaran, kami sarankan untuk menyimak terlebih dahulu semua kelebihan papan gypsum berikut ini.

  1. Papan gypsum memiliki tampilan yang rata dan halus, sehingga cocok diaplikasikan untuk membuat partisi ruangan ataupun plafon. Namun tidak semua merk gypsum memiliki kualitas yang sama, jadi saat membelinya pastikan memiliki bentuk yang rata dan halus agar lebih mudah dipasang.
  2. Selain bentuknya yang rata dan halus, papan gypsum juga mudah dibentuk dengan cara dipotong sesuai kebutuhan.
  3. Pemasangan gypsum juga sangat mudah dan cepat. Untuk memasangnya bisa menggunakan kayu ataupun rangka besi Hollow. Namun ada baiknya meminta bantuan ke tukang yang berpengalaman agar gypsum terpasang rapi
  4. Kelebihan lainnya adalah tidak mudah terbakar dan tidak termakan rayap sehingga lebih awet dibanding material lainnya
  5. Mudah dirawat dan diperbaiki. Apabila ada salah satu bagian yang mengalami kerusakan, maka perbaikannya sangat mudah. Pasalnya kita hanya perlu mengganti bagian yang rusak saja, tanpa perlu membongkar secara keseluruhan. Kemudian bagian yang rusak tinggal didempul menggunakan kompon agar kembali rapi.
  6. Salah satu kelebihan yang paling penting bisa digunakan sebagai dekorasi rumah. Sebab kita bisa mengecat gypsum dengan berbagai warna ataupun mempercantiknya dengan sticker wallpaper.
  7. Apabila menggunakan papan gypsum berkualitas, maka akan mampu meredam suara dengan sangat baik. Alhasil material ini sangat cocok untuk penyekat ruangan yang membutuhkan privasi. Namun apabila ingin lebih maksimal, maka kalian bisa menambahkan busa peredam suara.
  8. Material ini mudah didapatkan, karena hampir semua toko bangunan menjual papan gypsum.

Kekurangan gypsum

Kelebihan gypsum memang sangat banyak. Namun bukan berarti material ini tanpa kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang wajib kalian ketahui sebelum memakai papan gypsum sebagai plafon atap rumah ataupun partisi ruangan. Nah untuk mengetahui semua kekurangannya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Kekurangan yang pertama adalah tidak tahan terhadap air, jadi pastikan atap rumah terhindar dari bocor.
  2. Apabila terkena air, maka bisa meninggalkan bercak pada permukaan gypsum. Lebih parahnya lagi, gypsum bisa hancur dan membaut plafon rumah menjadi roboh.
  3. Bisa dikatakan gypsum jauh lebih rapuh dibanding papan kalsiboard. Sebab gypsum mudah pecah apabila terkena benturan keras.

Setelah mengetahui semua kelebihan dan kekurangan di atas, maka kalian bisa yakin 100% apakah akan menggunakan papan gypsum atau tidak. Bagi yang sudah yakin, maka tinggal membelinya di toko bangunan terdekat. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, berapakah harga gypsum per lembar?

Soal harga tergantung dari merk yang dibeli. Di Indonesia sendiri ada beberapa merk gypsum ternama yang telah terbukti kualitasnya, seperti Jayaboard, Aplus, Elephant, Knauf, dan Aplus. Setiap merk memawarkan beberapa varian gypsum dengan ketebalan berbeda-beda.

Ketebalan sebuan gypsum mempengaruhi harga jualnya. Semakin tebal, maka semakin mahal harga gypsum yang dijual. Nah untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak informasi daftar harga gypsum per lembar yang kami rangkum pada artikel arsiteki.com berikut ini.

1. Harga Gypsum JayaBoard 

Harga Gypsum Jayaboard
Harga Gypsum Jayaboard
TIPE & KETEBALANUKURANHARGA
Jayaboard Sheet Rock 9mm120 x 240 cmRp. 77.000
Jayaboard Sheet Rock 6.5mm120 x 240 cmRp. 65.000
Jayaboard Sheet Rock 12mm120 x 240 cmRp. 95.000
Jayaboard Indo Board 9mm120 x 240 cmRp. 65.000
Jayaboard Heatstop 9mm120 x 240 cmRp. 90.000
Jayaboard Firestop 13mm120 x 240 cmRp. 157.000
Jayaboard Firestop 16mm120 x 240 cmRp. 175.000
Jayaboard Wet-area Optimum 9mm120 x 240 cmRp. 106.000
Jayaboard Wet-area Optimum 12mm120 x 240 cmRp. 159.000

Gypsum Jayaboard sudah terkenal akan kualitasnya. Jayboard menyediakan banyak sekali varian gypsum. Nah salah satu produk terbaik Jayaboard adalah tipe Wet-Area Optimum. Gypsum tersebut dirancang secara khusus agar memiliki kemampuan tahan air sehingga cocok diaplikasikan untuk ruangan yang lembab seperti kamar mandi, dapur, ataupun lainnya.

Tak hanya menyediakan gypsum tahan air, Jayaboard juga memiliki gypsum yang memiliki kemampuan tahan api, yakni seri Firestop. Harga gypsym Jayaboard tersebut memang lebih mahal, namun sebanding dengan kemampuannya. Apabila ingin yang lebih murah, kalian juga bisa membeli gypsum Jayaboard standar yang dibanderol mulai Rp. 60 Ribuan.

2. Harga Gypsum Elephant 

Harga Gypsum Elephant
TIPE & KETEBALANUKURANHARGA
Elephant Standard 9mm120 x 240 cmRp. 60.000
Elephant Standard 12mm120 x 240 cmRp. 80.000
Elephant Fire Resistant 9mm120 x 240 cmRp. 100.000
Elephant Moisture 9mm120 x 240 cmRp. 70.000

Gypsum Elephant merupakan produk buatan PT Siam Indo Gypsum. Kualitas gypsum tersebut juga tak kalah bagus dibanding merk lainnya. Soal harga juga cukup terjangkau. Pasalnya untuk gypsum standar kita cukup membelinya dengan harga sekitar Rp. 60.000 per lembar.

Bahkan untuk varian Fire Resistant yang memiliki kemampuan tahan api hanya dibanderol sekitar Rp. 100.000 per lembar. Itu artinya harga gypsum Elephant lebih murah dibandingkan merk Jayaboad. Meskipun murah, namun bukan berarti kualitas gypsum ini murahan, jadi kalian tak perlu ragu membelinya.

3. Harga Gypsum Knauf 

Harga Gypsum Knauf
Harga Gypsum Knauf
TIPE & KETEBALANUKURANHARGA
Knauf 9mm120 x 240 cmRp. 53.000
Knauf 12mm120 x 240 cmRp. 72.000
Knauf MoistureShield 9 mm120 x 240 cmRp. 95.000
Knauf MoistureShield 12mm120 x 240 cmRp. 125.000

Bagi yang mencari papan gypsum murah meriah, kami sarankan untuk membeli merk Knauf. Merk ini memang terkenal akan harganya yang murah. Sebab harga gypsum Knauf untuk ketebalan 9mm dibanderol sekitar Rp. 50 Ribuan per lembar. Kualitasnya juga cukup bagus karena memiliki karakteristik yang kuat, ringan, dan mudah dipotong.

Selain tipe standar, Knauf juga menyediakan varian MoistureShield yang cocok untuk area rumah dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi, dapur, dan area rumah lainnya.  Harga gypsum Knauf MoistureShield  memang sedikit lebih mahal. Sebab untuk ketebalan 9mm dibanderol dengan harga sekitar Rp. 95 Ribu/lembar dan untuk 12mm sekitar Rp. 125 Ribu/lembar.

4. Harga Gypsum Aplus

Harga Papan Gypsum Aplus
Harga Papan Gypsum Aplus
TIPE & KETEBALANUKURANHARGA
Aplus 9mm  120 x 240 cmRp. 48.000
Aplus 12mm  120 x 240 cmRp. 55.000
Aplus  Water resistant 9mm120 x 240 cmRp. 77.000
Aplus Sound 12mm  120 x 240 cmRp. 220.000
Aplus G-Strength 9mm 120 x 240 cmRp. 57.000

Merk Gypsum Alpus sudah terkenal seantero Indonesia sebagai salah satu merk Gypsum terbaik. Kualitas gysum Aplus bisa dilihat dari banyak seri yang disediakan. Sebagai contoh adalah seri Aplus Sound yang merupakan seri khusus dengan kemampuan meredam suara lebih baik dibanding gypsum lainnya.

Apabila ingin yang lebih murah juga ada tipe standar yang dibanderol mulai Rp. 48 Ribuan sampai Rp. 55 Ribuan. Selain itu, tersedia pula tipe G-Strength yang dirancang secara khusus dengan lapisan fibermash didalamnya. Lapisan tersebut menjadikan gypsum ini kuat dan anti lendut dengan bobot yang tetap ringan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Atap SpandekHarga Seng Galvalum
Harga Plafon Gypsum

Harga Seng Plastik Terbaru

Mungkin di luar sana masih ada beberapa merk lainnya. Namun apabila mencari yang terbaik, maka kami sarankan untuk memilih salah satu merk gypsum terbaik yang kami rekomendasikan di atas. Untuk membelinya silahkan datang langsung ke toko bangunan terdekat.

4.6/5 (8 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *