Harga Cat Kiloan
Bahan Bangunan, Cat

4 Harga Cat Kiloan Yang Bagus dan Murah

Harga cat kiloan yang murah menjadi alasan banyak orang lebih memilih cat jenis ini dibanding merk-merk terkenal seperti Dulux, Avian, Jotun, Propan, dll. Namun apakah kualitasnya bagus? Dari segi kualitas tergantung dari cat kiloan yang dibeli.

Bisanya cat tembok kiloan dijual berdasarkan kualitasnya. Konsumen akan diberikan pilihan cat berkualitas Standar, Pro, Super, dan Gloss. Apabila dibandingkan dengan merk-merk terkenal, mungkin kualitasnya jauh dibawahnya.

Proses pembuatan cat tembok kiloan tentu berbeda dengan cat dari merk-merk terkenal. Begitu pula dengan bahan baku yang digunakan. Inilah yang menjadi alasan mengapa harga cat kiloan jauh lebih murah.

Coba kalian bandingkan antara harga cat kiloan dengan harga cat dari merk terkenal. Harganya berselisih sangat jauh. Sebab harga cat kiloan rata-rata di bawah Rp. 10.000/kg untuk cat dengan kualitas standar.

Ada pepatah yang mengatakan “Ada Harga, Ada Kualitas“.  Pepatah tersebut juga berlaku untuk cat tembok. Dari segi warna mungkin sama, namun kualitasnya akan berbeda.

Kelebihan

Meksipun memiliki banyak kekurangan, namun cat kiloan tetap memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihannya silahkan simak di bawah ini.

  1. Tersedia dalam berbagai pilihan warna
  2. Bisa diaplikasian di berbagai objek pengecetan, seperti tembok, GRC, gypsum, triplek, dll
  3. Harga cat kiloan sangat murah
  4. Mudah didapatkan di berbagai toko cat yang secara khusus menjual cat kiloan
  5. Dapat dibeli secara eceran sehingga lebih hemat

Nah itulah beberapa kelebihan cat tembok kiloan. Menurut kami kelebihan utama cat kiloan adalah harganya sangat murah. Selain itu kita bisa membelinya secara eceran sehingga bisa disesuaikan dengan bidang pengecatan.

Bagi yang memiliki budget terbatas untuk mengecet tembok rumah mungkin akan lebih memilih membeli cat kiloan dibanding merk-merk terkenal yang harganya berkali-kali lihat lebih mahal. Namun sebelum membelinya, silahkan simak terlebih dahulu kekurangan cat tembok kiloan berikut ini.

Kekurangan

Mungkin tidak semua cat tembok kiloan memiliki kualitas yang jelek. Terlebih cat ini tersedia dalam berbagai pilihan kualitas. Namun dari pengalaman kami memakainya, cat tembok kiloan memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut.

  1. Warna cepat pudar sehingga tidak cocok untuk diaplikasikan di luar ruangan
  2. Daya rekat cat rendah. Alhasil cat mudah mengelupas
  3. Meskipun memiliki banyak pilihan warna, namun pilihan warna hanya terbatas untuk warna-warna yang umum.
  4. Dibuat dengan bahan baku yang belum teruji kualitasnya
  5. Mudah berjamur
  6. Memiliki daya sebar yang rendah
  7. Bisa membahayakan kesehatan karena memiliki kadar VOC yang tinggi

Tidak semua cat kiloan memiliki kualitas yang sama. Mungkin ada yang bagus. Untuk membuktikannya silahkan datang langsung ke toko cat kiloan terdekat. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan saat membeli cat tembok kiloan, yakni kadar VOC (Volatile Organic Compound).

Untuk merk cat yang bagus rata-rata memiliki kadar VOC yang rendah sehingga tidak membahayakan kesehatan. Namun bagaimana dengan cat tembok kiloan? Kami yakin pembuatnya tidak memperhatikan hal tersebut.

Ciri-ciri cat yang memiliki kadar VOC tinggi adalah mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Setelah cat mengering, maka VOC akan menguap ke udara dan apabila dihirup oleh manusia dapat membuat pernasapan terganggu.

VOC yang tinggi juga bisa menyebabkan iritasi kulit karena didalamnya terkandung bahan kimia yang mengakibatkan reaksi alergi. Terlepas dari bahaya tersebut, daya tahan cat tembok kiloan juga terkadang kurang bagus.

Ada banyak sekali cat kiloan yang memiliki warna cepat pudar dan mudah mengelupas. Kualitas warna yang dihasilkan juga berbeda karena teknologi yang digunakan tidak secanggih merk-merk mahal.

Bagi yang tidak mempermasalahkan kekurangan di atas maka tidak ada salahnya membeli cat kiloan. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui harga cat tembok kiloan, silahkan simak di bawah ini.

Harga Cat Kiloan

 

Harga Cat Kiloan
Perlu diingat, harga cat tembok kiloan di setiap toko cat berbeda-beda. Begitu pula dengan kualitas yang ditawarkan. Sebagi gambaran kami akan memberikan daftar harga cat kiloan berdasarkan kualitasnya.

KUALITAS CATHARGA
Kualitas StandarRp. 9.000/kg
Kualitas ProRp. 14.000/kg
Kualitas SuperRp. 18.000/kg
Kualitas GlossRp. 33.000/kg

Harga di atas merupakan harga pasaran yang berlaku di daerah kami, Purwokerto. Untuk daerah lain mungkin lebih mahal atau bahkan lebih murah. Namun rata-rata harga cat tembok kiloan untuk kualitas standar di bawah Rp. 10.000/kg.

Berapapun harganya, kami jamin lebih murah dibanding harga cat dari merk-merk terkenal seperti Dulux, Jotun, Avian, Mowilex, dan berbagai merk cat lain yang sudah terbukti kualitasnya.

Soal kualitas silahkan anda lihat sendiri. Biasanya di toko cat kiloan akan disediakan contoh hasil cat. Dari contoh tersebut anda bisa menentukan, apakah kualitasnya bagus atau tidak.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membuat Sertifikat TanahHarga Cat Propan
Harga Cat JotunDaftar Harga Cat Avitex

Nah demikianlah informasi arsiteki.com seputar harga cat tembok kiloan. Silahkan datang langsung ke toko cat kiloan terdekat untuk memastikan harga yang berlaku di daerah anda. Jangan lupa untuk terlebih dahulu mengecek kualitas cat sebelum membelinya.

5/5 (2 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *