Tips Properti

Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter dan Upah Pasang

Arsiteki.com – Harga borongan pasang keramik dihitung berdasarkan permeter persegi. Selain itu, kualitas keramik juga berpengaruh terhadap harga borongan. Semakin bagus kualitasnya, tentu semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan.

Agar lebih terjangkau kami sarankan untuk membeli keramik sendiri, lalu pemasangannya diserahkan ke pemborong. Anda bisa memilih berbagai jenis keramik dari banyak sekali merk yang beredar dipasaran, seperti Roman, Kia, Centrino, Platinum, dan masih banyak lagi lainnya.

Yah, ada banyak sekali merk keramik yang beredar dipasaran. Untuk mengetahui harganya silahkan simak informasi berikut “Daftar Harga Keramik Lantai“. Setiap merk menawarkan kualitas keramik yang berbeda-beda. Namun pada umumnya terbagi menjadi KW1, KW2, dan KW3.

Perbedaan Kualitas Keramik

Banyak orang asal-asalan membeli keramik tanpa melihat kualitasnya. Padahal kualitas keramik sangat berpengaruh terhadap hasil akhir pemasangan. Nah agar bisa membedakan kualitas keramik, silahkan simak informasi perbedaan keramik KW1, KW2, dan KW3 pada artikel arsiteki.com berikut ini.

Keramik KW1

Apabila mencari keramik dengan kualitas terbaik, maka anda harus membeli keramik KW1. Keramik ini memiliki ukuran yang sangat presisi sehingga pemasangan keramik bisa menjadi lebih rapi. Namun sebagus-bagusnya keramik jika pemasangannya asal-asalan maka hasil akhirnya tidak akan maksimal.

Keramik KW2

Kualitas keramik KW2 sebenarnya sudah cukup bagus karena memiliki panjang dan lebar yang presisi. Namun biasanya pada bagian pinggiran kurang rata sehingga membuat pemasangan terkesan kurang rapi. Untungnya harga keramik KW2 jauh lebih murah dibanding keramik KW1, jadi tak masalah apabila memiliki kekurangan.

Keramik KW3

Bagi yang mencari keramik murah-meriah maka bisa membeli keramik KW3. Namun jangan harap bisa mendapatkan keramik dengan kualitas yang bagus. Sebab rata-rata keramik KW3 memiliki ukuran yang tidak presisi dengan selisih panjang serta lebar antar keramik sekitar 1-3 mm.

Jangan terlalu berharap banyak jika membeli keramik KW3. Tentu hasil akhirnya tidak akan serapi keramik KW1 maupun KW2. Agar terlihat lebih rapi anda bisa memperlebar ukuran nat. Jika biasanya nat keramik antara 3-5mm, maka anda bisa memperlebar nat minimal 5mm.

Meskipun terlihat mudah, namun sebenarnya cara memasang keramik cukup sulit. Sebab jarak antara nat harus presisi sehingga hasil pemasangan rapi. Jika pemasangannya asal-asalan maka bisa merusakan estitika ruangan.

Apabila memakai keramik KW3 cukup bisa dimaklumi jika hasil pemasangan keramik terlihat kurang rapi. Namun apabila yang dipasang merupakan keramik KW1 maka hasilnya harus sebaik mungkin agar uang yang anda keluarkan untuk membeli keramik tidak terbuang sia-sia.

Pastikan menggunakan jasa pemborong berpengalaman agar mendapatkan hasil pemasangan keramik yang memuaskan. Nah yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah harga borongan pasang keramik per meter? Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

Harga Borongan Pasang Keramik

Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter
Harga borongan pasang keramik tergantung dari metode borongan yang anda pilih. Jika memilih borongan+material maka biayanya cukup mahal. Namun apabila material dari anda, maka hanya perlu membayar biaya ongkos pasang saja sehingga lebih terjangkau.

Biaya pasang keramik juga tergantung dari jenis keramik yang dipasang. Sebab harga borongan pasang keramik lantai berbeda dengan keramik dinding dan pink keramik. Sebagai gambaran silahkan simak simak di bawah ini.

  1. Keramik lantai  : Rp 35.000/m2 – Rp 60.000/m2
  2. Keramik dinding : Rp 65.000/m2 – Rp 100.000/m2
  3. Plint keramik : Rp 15.000/m2 – Rp 25.000/m2

Harga borongan pasang keramik di atas hanya ongkos pasang saja. Jika dengan material maka bisa berkali-kali lihat lebih mahal, karena tergantung dari kualitas keramik yang digunakan. Setiap pemborong juga mematok jasanya dengan harga berbeda-beda.

Lebih baik anda menghubungi pemborong terdekat untuk memastikan harga borongan pasang keramik yang mereka patok. Jangan heran apabila harganya lebih mahal atau lebih murah dibanding harga di atas. Sebab setiap pemborong berhak membanderol jasanya sesuai dengan kualitas pekerjaan yang mereka tawarkan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Daftar Harga Atap SiripBiaya Borongan Rumah type 36
Harga Borongan Bangunan

Harga Borongan Baja Ringan

Nah demikianlah informasi mengenai ongkos pasang borongan pasang keramik per meter. Semoga informasi di atas bisa menjadi gambaran bagi anda yang berminat menggunakan jasa pemborong untuk memasang keramik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *