Harga Borongan Membuat Tangga Beton Terbaru 2021

Harga Borongan Membuat Tangga Beton – Tangga memang menjadi salah hal yang cukup penting bagi sebuah hunian, terutama untuk sebuah hunian dengan dua lantai atau lebih. Dengan tangga pastinya akan memudahkan kita untuk masuk ke lantai atas.

Ada berbagai macam jenis tangga mulai dari tangga besi, tangga kayu dan ada juga tangga beton. Namun yang sering kita jumpai dalam setiap hunian adalah jenis tangga beton. Meskipun memiliki biaya yang terbilang cukup mahal namun dengan menggunakan tangga beton akan terasa lebih kuat.

Untuk membuat tangga beton memang dibutuhkan banyak material seperti besi beton, pasir dan juga semen. Selain itu, waktu pengerjaan tangga beton ini juga terbilang cukup lama, sehingga pastinya akan memakan biaya yang cukup banyak.

Nah bagi anda yang ingin membuat tangga beton, kalian harus pastikan terlebih dahulu dana yang kalian miliki. Untuk itu mari kita simak bersama-sama mengenai harga borongan membuat tangga beton terbaru saat ini. Berikut ulasan lengkapnya.

Harga Borongan Membuat Tangga Beton

Tangga beton

Untuk membuat tangga yang terbuat dari beton kita memang memerlukan banyak bahan material, mulai dari pasir, semen, besi beton serta batu split untuk membuat adonan cor. Untuk mendapatkan bahan material tersebut memang cukup mudah, pasalnya semua bahan material tersebut sekarang sudah banyak tersedia di toko bahan bangunan di daerah anda.

Sementara itu, bahan material tersebut pastinya memiliki harga yang tidaklah murah, jadi jangan kaget kalau untuk membuat tangga beton akan memerlukan biaya yang cukup besar. Nah, dibandingkan dengan tangga kayuu dan tangga besi, tangga beton pastinya memiliki beberapa keunggulan yang cukup bagus diantaranya ialah.

Keunggulan Tangga Beton

Keunggulan Tangga beton

  • Sangat awet dan tidak mudah aus, sementara itu biaya perawatan juga tidak terlalu tinggi.
  • Beton sangat mudah diangkut dan dicetak, sehingga akan mempermudah pemasangan dan pengecoran.
  • Memiliki kekuatan daya tekan tinggi, sehingga sangat aman untuk semua penghuni rumah.
  • Ukuran untuk tangga beton terhitung lebih kecil dibandingkan dengan beton tak bertulang dan pasangan batu yang biasa digunakan untuk pembuatan tangga.

Disisi lain dalam pembuatan tangga beton kita juga harus memperhatikan tips-tips membuat tangga beton sehingga tangga beton yang kita buat akan jauh lebih awet dan lebih kuat. Nah bagi anda yang akan membuat tangga beton berikut adalah beberapa tips yang perlu kalian perhatikan dalam membuat tangga beton.

Tips Membuat Tangga Beton

Tips Membuat tangga beton

  • Sebelum melakukan pengecoran tangga beton lebih baik kita periksa terlebih dahulu rangkaian besi yang sudah dirakit.
  • Selanjutnya pastikan rangkain besi tersebut sudah kuat dan kokoh dan bisa menahan berat cor yang akan dituangkan diatasnya.
  • Amankan seluruh kawat dan besi serta material yang tidak terpakai sebelum melakukan pengecoran.
  • Cek juga jarak treger dan juga lokasi penempatan beban cor.
  • Selanjutnya jika bahan material cor sudah siap, silahkan lakukan pengecoran tangga sesuai dengan rancangan awal.

Nah itulah beberapa keunggulan dan juga tips membuat tangga beton yang perlu kalian ketahui. Setelah kalian mengetahui tips-tips membuat tangga beton dengan benar, langkah selanjutnya ialah kalian tinggal mencari tahu berapa harga borongan untuk membuat tangga beton. Nah untuk lebih lengkapnya lagi mari kita simak ulasan berikut ini.

Sistem Perhitungan Pengecoran Bidang Miring

Untuk menghitung pembuatan dari tangga beton memang terbilang cukup rumit, pasalnya kita tidak mengetahui harga-harga material yang kita perlukan. Apalagi saat ini bahan material untuk membuat tangga beton tidak bisa dipastikan, pasalnya banyak harga material yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Cara menghitung pembuatan tangga beton dimulai dari besar ruangan yang akan dipakai. Dan misalkan besar ruangan 10 meter x 16 meter maka anda bisa menggunakan plat dengan ketebalan 12 cm. Dan penggunaan beton readymix biasanya dihitung dalam satuan kubik, kemudian dikombinasikan dengan plat lantai yang dibutuhkan.

Dan yang paling penting adalah keakuratan perhitungan akan berpengaruh pada harga borongan membuat tangga beton yang akan dikeluarkan. Jika volume plat lantai = 10 m x 16 m x 0,15 m = 24 meter kubik. Angka perkiraan bisa disesuaikan dengan lokasi bangunan milik anda. Dan setelah perhitungan plat lantai beres, selanjutnya kalian tingga menghitung keamanan yang perlu diperhatikan.

Hal ini berfungsi sebagai cadangan jika ada keadaan yang tak terduga seperti tumpah, salah hitung dan lainya. Dan angka keamanan tersebut dibuat 2.5% x 24 m3 = 0,6 m3. Maka jumplah rancangan volume readymix yang diperlukan sekitar 24.60 meter kubik dan dibulatkan menjadi 25 meter kubik. Untuk asumsi 1 truk molen biasanya mengangkut sekitar 5-7 kubik.

Maka sudah pasti total material yang harus dipesan yakni sekitar 5 truk dengan perhitungan 25 kubik dibagi 5. Dan berdasarkan perhitungan tersebut, jika diasumsikan harga beton cor readymix berkisar Rp 750 ribu untuk satu kubiknya. Jadi jika anda membutuhkan cor sebesar 25 kubik maka jumplah yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 18.750.000.

Harga tersebut belum termasuk dengan alat untuk cor yang biasanya sekitar Rp 3 jutaan. Nah itulah cara menghitung pembuatan tangga beton yang perlu kalian ketahui.

Demikian infromasi yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan jangan lupa terus simak ulasan artikel terbaru dari kami mengenai harga batu split per Meter kubik terbaru saat ini.

Tinggalkan komentar