Tips Properti

Harga Borongan Baja Ringan Per Meter Terbaru 2020

Harga borongan baja ringan per meter sebenarnya cukup tejangkau. Kita hanya perlu merogoh kocek beberapa ratus ribu saja untuk per meternya. Namun apabila dikalikan dengan luas bangunan, tentu biaya yang dikeluarkan akan semakin besar. Belum lagi jika menggunakan material berkualitas tinggi yang otomatis akan mempengaruhi harga borongan per meter.

Biasanya harga borongan baja ringan per meter akan lebih mahal dibandingkan kita membangun baja ringan tanpa borongan. Meskipun begitu, banyak orang yang lebih memilih borongan agar pengerjaannya lebih cepat. Terlebih para pemborong baja ringan biasanya lebih berpengalaman sehingga pengerjaannya lebih rapi dan pastinya lebih cepat dibanding tukang biasa. 

Memasang baja ringan bukanlah hal yang mudah. Tidak semua tukang biasa melakukannya, karena perlu pengalaman dan perhitungan secara matang agar hasilnya maksimal. Oleh karena itulah banyak orang yang lebih memilih sistem borongan dibandingkan menggunakan jasa tukang biasa. Namun sebelum itu silahkan simak tips memilih jasa borongan berikut ini.

Tips Memilih Jasa Borongan

  1. Memilih jasa pekerja borongan yang sudah berpengalamanan, sehingga mengetahui dengan benar cara memasang dan memilih ukuran baja ringan yang sesuai dengan ukuran atap ataupun ukuran rumah.
  2. Meskipun menyerahkan semua material yang digunakan ke pekerja borongan, namun kita tetap harus mengontrol penggunaan material agar mendapatkan material baja ringan berkualitas, seperti baja ringan Taso ataupun merk lainnya.
  3. Sebelum menyerahkan pekerjaan atap rumah ke pekerja borongan, kami sarankan untuk terlebih dahulu menghitung kebutuhan baja ringan agar tidak tertipu dengan margin keuntungan yang terlalu besar.
  4. Pilihlah pekerja borongan yang profesional agar waktu pengerejaaan bisa tepat waktu.
  5. Hindari pekerja borongan yang memiliki reputasi buruk.
  6. Jangan tergiur harga borongan baja ringan yang lebih murah dibanding harga yang berlaku dipasaran, karena bisa berakibat material yang digunakan merupakan material jelek dan pengerjaannya asal-asalan.
  7. Meminta rancangan RAB terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan jasa borongan baja ringan

Menghitung terlebih dahulu kebutuhan baja ringan memang sangat penting. Tentu kalian tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak dibandingkan membangun sendiri. Nah bagi yang mengetahui cara mengitungnya, silahkan simak informasi arsiteki.com berikut ini “Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan“.

Setelah mengetahui total kebutuhan material serta biaya yang dikeluarkan, selanjutnya kita tinggal mencari jasa borongan baja ringan dan meminta untuk dibuatkan RAB terlebih dahulu. RAB sendiri merupakan singkatan Rancangan Anggaran Biaya. Dengan meliha RAB, maka kita bisa mengetahui berapa total material yang dibutuhkan serta biaya jasa yang harus dibayarkan

RAB yang diberikan setiap pemborong mungkin berbeda-beda. Kita tinggal mencari yang termurah, namun tetap memperhatikan kualitas material yang digunakan. Biasanya pemborong akan membagi jasa mereka per item dengan harga berbeda-beda. Material yang digunakan juga mempengaruhi harga borongan baja ringan per meter. Nah sebagai gambaran sebesar besar biayanya, silahkan simak dibawah ini.

Daftar Harga Borongan Baja Ringan Per Meter

Harga Borongan Baja Ringan Per Meter
Harga Borongan Baja Ringan Per Meter
NOITEM PEKERJAANHARGA
1Biaya Borongan Rangka Atap Baja ringan  0,75 x 75 mm SNI Jarak Kuda-kuda standard 120 cmRp. 125.000
2Biaya Borongan Rangka Atap Bajaringan  1 x 75 mm SNI Jarak Kuda-kuda standard 120 cmRp. 145.000
3Biaya Borongan Atap Metal Berpasir StandardRp. 80.000
4Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Carmelin 0,25 mmRp. 120.000
5Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Frisco  0,3 mmRp. 140.000
6Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Frisco  0,35 mmRp. 160.000
7Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Frisco  0,4 mmRp. 180.000
8Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Frisco  0,45 mmRp. 210.000
9Biaya Borongan Atap Spandek 0,3 mmRp. 90.000
10Biaya Borongan Atap Spandek 0,35 mmRp. 110.000
11Biaya Borongan Atap Spandek 0,4 mmRp. 130.000
12Biaya Borongan Alumunium Foil Single sideRp. 25.000
13Biaya Borongan Alumunium Foil Double sideRp. 30.500

Perlu kalian ketahui, bahwa harga borongan baja ringan per meter di setiap pemborong bisa berbeda-beda. Namun biasanya pemborong akan mengambil keuntungan sebesar 10% hingga 20% dari total biaya pekerjaan serta material yang digunakan. Kalian tinggal mencari yang termurah, namun tetap memperhatian sisi profesionalisme dari pekerja borongan yang dipilih.

Apabila asal memilih pekerja borongan, maka resikonya pekerjaaan menjadi kurang rapi dan membuat waktu pekerjaannya menjadi terlalu lama. Lebih parahnya lagi, harga borongan baja ringan per meter menjadi terlalu mahal dan melebihi harga standar. Untuk menghindari hal tersebut, maka lebih baik mengikuti tips yang kami sampaikan diatas.

Agar biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau, kalian juga bisa memilih jasa borongan tenaganya saja. Itu artinya kita harus membeli material baja ringan sendiri dan untuk pemasangannya diserahkan ke tenaga borongan. Apabila membeli material sendiri, tentu biayanya lebih murah. Nah untuk mengetahui harga material yang harus dibeli, silahkan simak informasi berikut “Daftar Harga Baja Ringan Per Batang

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Alat Potong Keramik

Harga Batu Bata Merah
Harga Dak Beton Per Meter

Harga Pasir Satu Truck

Nah demikianlah informasi mengenai harga borongan baja ringan per meter. Semoga artikel arsiteki.com kali ini bisa menjadi gambaran mengenai biaya yang dibutuhkan untuk membangun baja ringan dengan sistem borongan.

3.5/5 (17 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *