Harga Besi Kanal C
Bahan Bangunan, Besi

12 Harga Besi Kanal C Per Batang 2020 : Besi CNP Berstandar SNI

Harga Besi Kanal C – Ada banyak sekali jenis besi yang beredar dipasaran. Salah satunya adalah besi CNP atau yang dikenal sebagai besi kanal C. Sesuai namanya, besi ini memiliki menyerupai huruf C. Nah yang jadi pertanyaan, apa kegunaan besi kanal C dan berapa harganya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahan simak informasi arsiteki.com berikut ini.

Apa Itu Besi Kanal C

Besi kanal C berbeda dengan baja ringan kanal C. Material bahan bangunan ini jauh lebih kuat karena terbuat dari lembaran baja yang dibentuk menyerupai huruf C. Proses pembuatannya menggunakan teknologi canggih dan material berkualitas tinggi untuk menghasilkan besi yang kuat dan presisi.

Ada beberapa proses pembuatan besi kanal C. Yang pertama adalah pemotongan bahan plat besi, lalu dilanjutkan dengan proses penekukan untuk menghasilkan bentuk penampang seperti huruf C. Kemudian proses yang terakhir adalah proses finishing berupa pendinginan.

Ukuran Besi CNP

Proses penekukan dilakukan dengan mesin canggih untuk menghasilkan penampang huruf C yang presisi sesuai ukuran. Berbicara soal ukuran, besi kanal C tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 60 mm, 75 mm, 100 mm, 120 mm, 150 mm, dan 200 mm.

Ukuran di atas merupakan ukuran lebar. Sedangkan untuk ketebalannya mulai dari 1.6 mm sampai 3.2 mm. Kemudian untuk panjangnya mencapai 6 meter.  Setiap ukuran dibanderol dengan harga berbeda-beda. Namun sebelum membahas soal harga, mari kita simak terlebih dahulu kegunaan besi CNP atau C-channel tersebut.

Kegunaan Besi Kanal C

Apabila baja ringan kanal C biasanya digunakan sebagai rangka atap rumah tinggal, namun untuk besi kanal C lebih diperuntukan sebagai rangka atap bangunan komersial dan industri. Hal ini tak lepas dari karakteristik besi kanal C lebih kuat dan kokoh.

Selain untuk banguan industri, besi kanal C juga bisa diaplikasikan untuk rangka kanopi,  pagar, dan untuk menunjang elemen arsitektur pada rumah. Masih banyak kegunaan lainnya. Bahkan tak jarang besi ini dimanfaatkan untuk produk-produk otomotif.

Sayangnya besi kanal C kurang cocok sebagai atap rumah tinggal. Sebab bobotnya jauh lebih berat dibanding baja ringan kanal C. Namun dibalik itu, besi CNP memiliki beragam kelebihan yang bisa anda simak di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Besi CNP

Kelebihan dan Kekurangan Besi CNP

Sebelum membeli besi ini ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan besi kanal C. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, silahkan simak informasi berikut.

Kelebihan

  1. Memiliki daya tahan yang kuat dan kokoh karena terbuat dari bahan dasar baja yang diproses dengan teknologi canggih dan modern.
  2. Besi kanal C tersedia dalam berbagai macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhkan pemasangan rangka atap ataupun kebutuhan lainnya.
  3. Mudah dipasang karena memiliki bentuk penampang huruf C yang sangat presisi sehingga cocok lebih mudah diaplikasikan untuk berbagaii macam konstruksi.
  4. Mudah didapatkan di banyak toko bangunan
  5. Tahan lama dan pastinya anti rayap sehingga bisa menghemat biaya perawatan bangunan
  6. Beberapa jenis besi kanal C sudah dilengkapi teknologi tahan karat

Kekurangan

  1. Harga besi kanal C relatif lebih mahal dibanding baja ringan kanal C
  2. Memiliki bobot yang tergolong berat sehingga harus diimbangi dengan konstruksi bangunan yang kuat

Untuk mendapatkan semua kelebihan di atas anda harus membeli besi CNP (Kanal C) yang telah berstandar SNI. Harga besi kanal C berstandar SNI memang sedikit lebih mahal, namun sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

Meskipun harga besi kanal C non SNI lebih murah, akan tetapi biasanya kurang presisi dan mudah berkarat. Alhasil daya tahannya menjadi berkurang dan bisa membahayakan konstruksi rangka atap. Untuk menghindari hal tersebut, maka kami sarankan untuk membeli besi kanal C berstandar SNI. Lalu berapa harganya?

Harga Besi Kanal C SNI

Daftar Harga Besi CNP

Perlu anda ingat, harga besi kanal C di setiap daerah berbeda-beda. Sebagai gambaran kami akan memberikan daftar harga besi kanal C berstandar SNI yang kami ambil dari  tokobesibaja.com.

TIPE BESIPANJANGHARGA
Kanal C 60 x 30 x 10 x 1,6mm6 meterRp. 160.000
Kanal C 75 x 45 x 15 x 2,3mm6 meterRp. 181.000
Kanal C 100 x 50 x 20 x 2,3mm6 meterRp. 224.000
Kanal C 100 x 50 x 20 x 3,2mm6 meterRp. 311.000
Kanal C 125 x 50 x 20 x 2,3mm6 meterRp. 247.000
Kanal C 125 x 50 x 20 x 3,2mm6 meterRp. 345.000
Kanal C 150 x 50 x 20 x 2,3mm6 meterRp. 271.000
Kanal C 150 x 65 x 20 x 2,3mm6 meterRp. 300.000
Kanal C 150 x 50 x 20 x 3,2mm6 meterRp. 379.000
Kanal C 150 x 65 x 20 x 3,2mm6 meterRp. 420.000
Kanal C 200 x 75 x 20 x 2,3mm6 meterRp. 366.000
Kanal C 200 x 75 x 20 x 3,2mm6 meterRp. 517.000

Seperti yang anda lihat di atas, harga besi kanal C berstandar SNI memang cukup mahal. Untuk harga termurah mencapai Rp. 160 Ribuan. Sedangkan yang termahal sekitar Rp. 500 Ribuan. Sebenarnya ada yang jauh lebih murah, namun kualitasnya belum berstandar SNI sehingga kami tidak merekomendasikannya.

Untuk membedakan besi kanal C SNI dan Non-SNI sebenarnya cukup mudah. Anda bisa melihat dari tingkat presisi, ketebalan produk, dan material yang digunakan. Untuk yang SNI pastinya dibentuk secara presisi menggunakan baja berkualitas tinggi yang dijamin kuat dan kokoh.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Atap AlderonHarga Besi Siku Lubang
Daftar Harga Besi Hollow

Daftar Harga Besi Behel

Harga besi kanal C di atas merupakan harga per batang dengan ukuran panjang 6 meter. Utuk memastikan harga besi kanal C yang kami sampaikan, silahkan datang langsung ke toko besi atau bahan bangunan terdekat. Cukup sekian informasi arsiteki.com, semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bagi yang berencana membeli besi berbentuk huruf C tersebut.

5/5 (1 Review)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *