Daftar Harga Batu Kali Pondasi
Bahan Bangunan

Harga Batu Kali Per Kubik dan Per Truk Untuk Pondasi Rumah

Harga Batu Kali – Kekuatan sebuah bangunan yang sangat bergantung dari pondasi. Kekuatan sebuah bangunan sangat bergantung dari pondasi yang digunakan. Ada beragam jenis pondasi yang lazim digunakan di Indonesia. Salah satunya adalah pondasi batu kali. Sesuai namanya, pondasi jenis ini menggunakan batu kali sebagai bahan dasar.

Selain pondasi batu kali masih banyak jenis pondasi lainnya seperti pondasi cakar ayam dan tiang pancang atau sumuran. Namun dari semuanya, pondasi batu kali tetap menjadi yang terpopuler. Sebab pondasi tesebut dikenal kuat, kokoh, dan tahan lama.

Sudah sejak lama pondasi batu kali digunakan sebagai dasar bangunan. Konstruksi yang sederhana dan efisien menjadi pertimbangan utama menggunakan pondasi jenis ini. Soal kekuatan juga tidak perlu diragukan lagi, karena memiliki daya tahan tinggi terhadap goncangan.

Untuk membuat pondasi ini anda perlu membeli batu kali terlebih dahulu. Biasanya pondasi batu kali dijual per kubik atau per truk. Untuk satu truk bisa membuat 6 sampai 7 kubik batu kali, tergantung dari ukuran truk yang digunakan untuk membuat batu tersebut.

Kelebihan Pondasi Batu Kali

Kelebihan Batu Kali Sebagai Pondasi

1. Bentuk Konstruksi Sederhana

Salah satu kelebihan utama pondasi batu kali adalah konstruksinya sangat sederhana sehingga proses pengerjaannya lebih efisien. Meksipun begitu tetap butuh perhitungan secara matang untuk menghasilkan kekuatan yang maksimal.

Pastikan kedalaman pondasi sesuai dengan ukuran bangunan. Jika membuat bangunan lebih dari 1 lantai maka kedalamannya harus lebih dari 1 meter dan dipadukan dengan konstruks pondasi cakar ayam agar hasilnya lebih kuat.

2. Proses Pembuatan Lebih Cepat

Efisensi waktu dalam membangun sebuah rumah merupakan suatu hal yang sangat penting. Terlebih pembuatan pondasi batu kali sudah sangat familiar di kalangan tukang bangunan sehingga pengerjaannya lebih cepat dibanding pondasi jenis lainnya.

Untuk membuat pondasi batu kali tentu tidak hanya membutuhkan batu kali saja. Sebab konstruksi pondasi batu kali juga membutuhkan pasir dan semen untuk merekatkan pasangan batu kali agar konstruksinya lebih kuat.

3. Memiliki Daya Tahan Tinggi

Seperti yang kami sampaikan di atas, pondasi batu kali memiliki daya tahan tinggi terhadap goncangan. Berkat kelebihan ini maka pondasi batu kali bisa menjadi pilihan paling tepat untuk membangun rumah tahan gempa.

Pondasi batu kali tidak hanya bisa meredam getaran dari dalam tanah saja, namun juga dari lingkungan sekitar. Jadi anda tidak perlu khawatir jika lokasi rumah berada di pinggir jalan karena getaran yang ditimpulkan dari kendaraan dapat diredam.

4. Biaya Pembuatan Terjangkau

Harga batu kali yang terjangkau membuat biaya pembuatan pondasi batu kali lebih murah dibanding pondasi jenis lainnya. Selain itu, anda juga membutuhkan pasir dan semen sebagai bahas dasar untuk membuat pondasi jenis ini.

Semua bahan yang dibutuhkan memiliki harga yang relatif terjangkau. Proses pembuatan pondasi yang cepat juga menjadikan biaya lebih efesien. Dengan kelebihan tersebut maka sangat tepat jika anda memilih pondasi batu kali.

5. Menambah Kekuatan Bangunan

Apabila dari bawah saja sudah kuat, tentu bagian atas juga ikutan kuat. Inilah salah satu kelebihan konstruksi pondasi batu kali yang menjadikan rumah yang dibangun di atas pondasi batu kali menjadi lebih tahan lama hingga puluhan tahun.

Tentu anda semua tidak ingin rumah roboh ataupun ambruk dikarenakan kesalahan dalam memilih jenis pondasi. Namun kelebihan ini hanya bisa didapatkan apabila konstruksi pondasi dirancang secara tepat.

6. Ukuran Pondasi Mudah Disesuaikan

Kelebihan selanjutnya adalah ukuran pondasi mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa membuat pondasi batu kali dengan lebar dan kedalaman yang disesuaikan dengan ukuran bangunan.

Jangan ragu membuat pondasi dengan kedalaman lebih dari 1 meter agar konstruksi pondasi semakin kuat. Perhatikan pula campuran pasir dan semen yang digunakan untuk merekatkan semua batu kali.

Kekurangan Pondasi Batu Kali

Meksipun memiliki banyak sekali kelebihan, namun pondasi batu kali tetap memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang pertama adalah tidak cocok untuk bagunan bertingkat.

Apabila ingin membuat bangunan bertingkat, kami sarankan untuk memadukan pondasi batu kali dengan pondasi cakar ayam. Selain itu kedalaman pondasi harus disesuaikan dengan ukuran bangunan.

Kekurangan selanjutnya adalah tidak cocok untuk kondisi tanah yang tidak stabil karena bisa menyebabkan dinding rumah retak struktur. Namun apabila kedalaman pondasi batu kali tepat maka hal tersebut dapat dihindari.

Kondisi tanah yang tidak stabil dikarenakan pergeseran tanah ataupun gempa bumi memang sangat membahayakan kekuatan bangunan. Oleh karena itulah dibutuhkan perhitungan secara matang saat membuat pondasi rumah.

Harga Pondasi Batu Kali

Harga Batu Kali Per Kubik
Nah setelah mengetahui semua kelebihan dan kekurangan pondasi batu kali maka anda bisa memutuskan apakah akan menggunakan pondasi jenis ini atau tidak. Jika sudah yakin 100% maka tinggal membeli batu kali yang digunakan untuk pondasi.

Soal harga tidak perlu khawatir, sebab harga batu kali per kubik sangat terjangkau. Namun perlu anda ketahui bahwa harga batu kali di setiap daerah berbeda-beda. Apabila mengacu pada harga di marketplace maka harga untuk satu truk batu kali mencapai Rp. 1.6 Juta (6 kubik)

Jika satu truk berisi 6 kubik batu kali dihargai Rp. 1.6 Juta, maka harga batu kali per kubik sekitar Rp. 260 Ribuan. Harga di daerah lain mungkin lebih murah sekitar Rp. 250.000, terutama untuk daerah-daerah pedesaan yang masih memiliki banyak sungai dengan batu-batu berukuran besar.

Baca Juga Informasi Lainnya

Daftar Harga Atap Bitumen Onduvilla

Harga Sekrup Baja Ringan
Harga Atap Tegola Permeter

Daftar Harga Plafon Gypsum

Silahkan anda menghubungi penjual batu kali terdekat untuk memastikan harga batu kali per kubik sesuai harga pasaran di daerah anda. Semoga informasi arsiteki.com yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang berencana membuat pondasi dengan batu kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *