Harga Batu Bata Merah
Bahan Bangunan

Harga Batu Bata Merah Terlengkap dan Terbaru 2020

Harga Batu Bata Merah Terbaru – Batu bata merupakan salah satu bahan material bangunan yang sangat dibutuhkan dalam membuat suatu bangunan rumah ataupun bangunan. Sementara itu, banyak sekali jenis batu bata dan salah satunya ialah batu bata merah ini.

Batu bata juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan yakni untuk membuat pondasi ataupun membuat tembok rumah. Saat ini kalian juga banyak menjumpai berbagai macam jenis batu bata yang tersedia di toko-toko bahan bangunan di daerah anda.

Dengan ini kalian dapat menyesuaikan jenis dan ukuran batu bata yang cocok untuk digunakan dalam membangun sebuah rumah. Hal ini tentu saja dapat kalian sesuaikan dengan anggaran biaya agar tidak membengkak nantinya.

Nah, bagi anda yang sedang membangun sebuah rumah dan ingin menggunakan batu bata merah untuk membuat tembok rumah, mestinya kalian ingin tahu berapa harga batu bata merah per kubiknya kan. Nah berkut adalah Harga Batu Bata Merah Terlengkap dan Terbaru saat ini.

Harga Batu Bata Merah Terlengkap

Harga Batu Bata Merah
Harga Batu Bata Merah

Untuk membangun sebuah rumah ataupun bangunan kalian tentu saja bisa memilih beberapa bahan material bagunan untuk membuat tembok rumah anda. Seperti halnya batu bata merah, batu bata putih ataupun batu bata beton. Dari beberapa jenis batu bata tersebut tentu saja memiliki harga batu bata yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan juga kualitasnya.

Misalnya saja, jika batu bata merah dijual dengan harga 400 rupiah perbuahnya, maka untuk batu bata putih ataupun batu bata beton memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan batu bata merah tersebut. Hal ini tentu saja dapat menjadi perbandingan kalian dalam membangun sebuah rumah, dengan jenis batu bata mana yang lebih irit dan juga hemat biaya bagi anda.

Selain itu, tingkat keawetan batu bata merah memang sudah teruji kualitasnya. Pasalnya batu bata merah ini sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk membangun sebuah rumah maupun gendung. Tak hanya itu saja, batu bata merah juga memiliki tingkat kekuatan yang cukup kokoh sehingga tak heran jika bagunan-bangunan dengan menggunakan batu bata merah tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

Nah, jika kalian sudah menentukan jenis batu bata mana yang akan dijadikan pondasi maupun tembok rumah anda. Kalian tinggal menganggar berapa kebutuhan batu bata yang kalian perlukan untuk membuat satu rumah. Selain itu, sesuaikan juga dengan Rencana Anggaran Bangunan (RAB) agar biaya tidak membengkak.

Untuk membangun sebuah rumah pastinya kalian membutuhkan batu bata yang tidak sedikit. Dan sebagai bentuk efisiensi ada baiknya kalian membeli batu bata secara bertahap. Namun sebelum anda benar-benar membeli batu bata sebaiknya kalian cari tahu terlebih dahulu harga batu bata merah per kubinya. Dan berikut adalah informasi mengenai harga batu bata merah terlengkap dan terbaru saat ini.

Spesifikasi BataSatuanHarga
BatakoBijiRp. 3.500,-
Batu Bata Merah (biasa)BijiRp. 725,-
Batu Bata Merah (oven)BijiRp. 900,-
Batu Kali Belahm3Rp. 185.000,-
Splitpick upRp. 270.000,-
SplittrukRp. 1.270.000,-
Batu Kneckerm3Rp. 210.000,-
Batu Candi (30 x 30)m2Rp. 120.000,-
Batu Andesit (30 x 30)m2Rp. 160.000,-
Batu Bali10 kgRp. 70.000,-

Untuk harga batu bata merah biasa diatas memang memiliki harga yang cukup murah per bijinya. Hal ini tentu akan memberikan gambaran bagi anda haru berapakah batu bata yang anda perlukan untuk membuat sebuah satu rumah yang sesuai dengan keinginan kalian. Selain itu, harga batu bata merah biasa ataupun oven tidak mencapai 1000 rupiah per bijinya.

Namun dalam memilih batu bata, kalian harus cermati beberapa hal agar tidak salah dalam membelinya. Seperti halnya kami sarankan untuk melihat ukuran dan bentuk batu bata merah tersebut. Pada dasarnya batu bata merah memiliki bentuk prisma segi empat panjang dengan sudut siku-siku tajam dan permukaan yang rata serta tidak retak.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan cara lain untuk mengetahui kualitas dari batu bata merah tersebut yakni dengan cara mendengarkan bunyi benturanya. Nah, apabila anda saling mengetuk dua buah batu bata merah dan bata mengeluarkan suara yang nyaring, maka batu bata merah tersebut memiliki kualitas yang baik dan bagus.

Tak hanya itu saja, kalian juga bisa merendam batu bata merah tersebut kedalam air. Dan jika dibelah batu bata merah tersebut memiliki warna merah yang merata. Sedangkan untuk perendamanya dilakukan untuk melihat daya serap bata merah tersebut terhadap air. Dan jika direndam kedalam air, yang terserap sedikit, maka artinya kualiatas dari batu bata merah tersebut terbilang sangat bagus.

Batu Bata Merah
Batu Bata Merah

Kelebihan Batu Bata Merah

  1. Relatif tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasang batu bata merah tersebut.
  2. Ukuran batu bata merah yang kecil memudahkan pengankutan.
  3. Mudah untuk membentuk bidang yang kecil dan dikerjakan di area yang sempit.
  4. Harga batu bata merah terbilang sangat murah.
  5. Batu bata merah ini mudah di dapatkan.
  6. Batu bata merah memiliki ketahanan yang tinggi terhadap panas, sehingga dapat menjadi pelindung terhadap api.

Kekurangan Batu Bata Merah

  1. Sulit untuk membuat pasangan bata yang rapi.
  2. Bata merah mudah terpengaruh suhu.
  3. Cenderung lebih boros dalam penggunaan perekat (semen dan pasir).
  4. Waktu pemasangan lebih lama dibandingkan dengan bahan dinding lainya.
  5. Memilikin berat jenis yang besar, sehingga membebani struktur yang menopangnya.
  6. Kualitas dan ukuran yang kurang seragam.

Nah guys, itulah informasi mengenai harga batu bata merah per kubinya. Jika anda ingin membangun sebuah rumah tentu saja, kalian harus memiliki anggaran dasar untuk membeli material seperti bata, besi dan lainya. Sehingga pada saat penggarapan rumah, biaya yang sudah disediakan tidak membengkak lagi.

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Keramik Lantai

Cara menghitung kebutuhan baja ringan
Harga Asbes Per Lembar

Harga Pipa Conduit

Selain itu penggunaan batu bata merah memang lebih kuat dan lebih awet tahan lama, namun karena ukuranya yang kecil menjadikan penggarapan dan penataan batu bata merah ini membutuhkan ketelitian serta waktu yang cukup lama. Dan demikian infromasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

5/5 (2 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *