Harga Baja Ringan Per Batang
Bahan Bangunan

Harga Baja Ringan Per Batang 2019 (Terbaru & Termurah)

Harga Baja Ringan 2019 – Untuk membangun rumah yang kuat dan kokoh, kita harus menggunakan bahan bangunan yang berkualitas, dan salah satunya adalah baja ringan. Saat ini baja ringan menjadi pilihan banyak orang dalam membuat struktur atap rumah. Alasannya adalah karena harganya lebih murah dibandingkan membuat struktur atap berbahan kayu.

Ada banyak sekali merk baja ringan berkualitas yang beredar dipasaran, seperti Kencana Trust, Alfa Prima, TASO, dan masih banyak lagi lainnya. Baja ringan tersebut dijual per batang dengan ukuran berbeda-beda. Namun untuk panjangnnya, rata-rata per batang adalah 6 meter.

Struktur atap baja ringan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan atap kayu. Namun pemasangannya harus dilakukan oleh orang berpengalaman agar bisa terpasang secara presisi dan kuat. Biaya pembasangan baja ringan juga cukup terjangkau, dan apabila kita total maka biayanya jauh lebih terjangkau dibandingkan kita membuat rangka atap kayu.

Banyaknya merk baja ringan yang beredar dipasaran, tentu membuat kita bingung memilihnya. Oleh karena itulah kami akan memberikan tips memilih baja ringan berkualitas yang bisa kalian simak di bawah ini.

Tips Memilih Baja Ringan

Bagaimana Cara Memilih Baja Ringan Berkualitas ?
Bagaimana Cara Memilih Baja Ringan Berkualitas ?

1.  Standarisasi Baja Ringan

Sebelum membeli baja ringan, kita harus melihat terlebih dahulu kualitasnya. Pastikan membeli baja ringan bermutu tinggi (High Tension Steel) yang minimal telah memenuhi standar G550. Dengan memenuhi standar tersebut bisa dikatakan sebagai nilai tegangan tarikan sebuah baja ringan.

Apabila baja ringan telah memenuhi standar G550, maka nilai tegangan tarikannya adalah 550 Mpa. Alhasil baja ringan tersebut sudah terbukti kuat dan kokoh untuk menopang berbagai jenis atap rumah.

Kualitas baja ringan juga bisa dilihat dari nilai SAE grade-nya. Dimana untuk baja ringan terbaik memiliki nilai SAE grade 980. Kedua standarisasi tersebut sama-sama menujukan nilai tegangan baja ringan. Jadi semakin tinggi nilainya, maka kualitasnya semakin baik.

2. Lapisan Anti Korosi

Semua baja ringan dilengkapi lapisan anti korosi yang melindungi baja ringan dari keropos. Yah, lapisan anti korosi memang sangat penting. Pasalnya baja ringan harus mampu bertahan dari cuaca dan kondisi lingkungan sekitar, seperti hujang, angin, dll.

Rata-rata baja ringan yang beredar dipasaran menggunakan lapisan Zinc (Galvanis) dan lapisan Aluminium Zinc (Galvalume). Kedua lapisan anti korosi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda-beda. Dimana untuk Zinc lebih tahan terhadap campuran semen dan air garam.

Harga baja ringan yang dilengkapi lapisan zinc biasanya lebih murah dibandingkan yang menggunakan Galvalume. Pasalnya baja ringan berlapis Galvalume jauh lebih tipis dan lebih ringan serta lebih kuat terhadap zat-zat korosi seperti air garam.

Meskipun lebih kuat terhadap zat-zat penyebab korosi, namun baja ringan galvalume tidak cocok dengan campuran semen. Jadi bagi yang membangun rumah dengan semen, lebih baik menggunakan baja ringan berlapis zinc. Sedangkan bagi yang membangun rumah didaerah pantai, maka lebih baik memakai baja ringan berlapis galvalume.

3. Ketebalan Anti Korosi

Yang tak kalah penting, kita harus mempertimbangkan ketabalan lapisan anti korosi agar baja ringan mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Sebab ketebalan lapisan korosi akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan baja ringan dalam menopang beban atap.

Saran kami, pilihlah baja ringan galvalume yang memiliki ketebalan standar 150 gram/m2. Sedangkan untuk baja ringan galvanis tida boleh kurang dari 180 gram/m2. Semakin tebal lapisannya, tentu akan semakin kuat. Namun biasanya harga baja ringan tersebut akan lebih mahal.

4. Sistem Pengaku / Bracing

Namanya juga baja ringan, pasti bobotnya ringan. Hal ini dikarenakan bentuk baja ringan yang sangat tipis. Dimana ketebalan minimum untuk baja ringan adalah 0.75 mm. Mengingat bentuknya yang tipis, maka baja ringan membutuhkan sistem pengaku atau bracing yang kuat agar bisa menopang bobot atap.

Sistem bracing tersebut berguna untuk menguatkan struktur baja ringan, sehingga pemasangannya harus sesuai dengan struktur atap yang dibangun. Sistem bracing sediri terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berkut.

  • Diagonal web Bracing
  • Ikatan angin, untuk meneruskan gaya dari lateral tie.
  • Top Chord Bracing
  • Pengaku pada batang atas yang biasanya berupa reng.
  • Pengaku pada batang bawah.
  • Lateral Tie
  • Bottom Chord Bracing
  • Pengaku batang (Web) tekan.

Bagi orang awam ataupun tukang bangunan standar, pasti kurang mengetahui bagaimana caranya membangun sistem pengaku atau bracing yang kuat dan kokoh. Oleh karena itulah kami sarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi ke ahli baja ringan ataupun arsitek yang sudah berpengalaman.

5. Alat Sambung Baja Ringan

Untuk menghubungkan rangkaian baja ringan harus disambung dengan alat bernama Self Drilling Screw (SDS) atau bisa dikatakan sebagai sekrup yang bisa terpasang tanpa mur. Pemasangan Self Drilling Screw (SDS) harus menggunakan alat khusus agar bisa terpasang secara kuat pada rangka baja ringan.

Adapun alat khusus tersebut berupa screw driver yang telah dilengkapi kontrol torsi. Alat tersebut akan mencegah pemasangan SDS menjadi aus sehingga pemasangan menjadi lebih sempurna.

6. Garansi

Sama halnya dengan membeli barang elektronik, baja ringan juga dilengkapi garansi. Oleh karena itulah sebelum membeli baja ringan kita harus bertanya terlebih dahulu garansinya. Hal ini sangat penting sebagai jaminan kualitas baja ringan yang kita beli, sehingga tak perlu takut untuk pemakaian jangka panjang.

Masih ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan saat membeli baja ringan. Namun yang pasti kita harus memperhatikan kualitasnya. Menurut kami tak jadi masalah membeli baja ringan yang harganya lebih mahal, karena material tersebut akan digunakan dalam jangka waktu belasan hingga puluhan tahun.

Biasanya semakin mahal harga baja ringan, maka kualitasnya semakin baik. Namun sebenarnya harga baja ringan terbaik tidaklah terlalu mahal. Bahkan biaya yang dikeluarkan dalam membangun atap rumah menggunakan baja ringan lebih murah dibandingkan memakai rangka atap kayu.

Nah untuk mengetahui berapa harga baja ringan per batang dengan kualitas terbaik yang beredar dipasaran, silahkan simak informasi arsiteki.com berikut ini.

Daftar Harga Baja Ringan Per Batang

Daftar Harga Baja Ringan Per Meter
Daftar Harga Baja Ringan Per Meter

Namun bagi yang mencari baja ringan terbaik dengan harga terjangkau, kami sarankan untuk membeli merek TASO, Prima Truss, Kencana Truss, ataupun Cilegon Steel. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, berapakah harga baja ringan terbaik tersebut?

1. Harga Baja Ringan Prima Truss

NoJENIS BAJAPANJANGHARGA PER BATANG
1Kaso Baja Ringan Prima Truss 0.65 mm6 MeterRp. 70.000
2Kaso Baja Ringan Prima Truss 0.70 mm6 MeterRp. 75.000
3Kaso Baja Ringan Prima Truss 0.75 mm6 MeterRp. 80.000
4Kaso Baja Ringan Prima Truss 1.00 mm6 MeterRp. 105.000
5Reng Baja Ringan Prima Truss 0.40 mm6 MeterRp. 35.000
6Reng Baja Ringan Prima Truss 0.45 mm6 MeterRp. 40.000

Kualitas baja ringan Prima Truss sudah terbukti. Merk tersebut merupakan bagian dari Prima Inti Truss yang sudah berpengalaman dalam membuat baja ringan berkualitas dan telah memenuhi standar SNI. Ketahanan baja ringan Prima Truss juga sudah terbukti, jadi kita tak perlu ragu memakai merk tersebut untuk membuat rangka atap yang kuat dan kokoh.

2. Harga Baja Ringan Kencana Truss

NoJENIS BAJAPANJANGHARGA PER BATANG
1Kaso Baja Ringan Kencana Truss 100 mm6 MeterRp. 120.000
2Kaso Baja Ringan Kencana Truss 75 mm6 MeterRp. 80.000
3Kaso Baja Ringan Kencana Truss 70 mm6 MeterRp. 70.000
4Kaso Baja Ringan Kencana Truss 65 mm6 MeterRp. 65.000
5Kaso Baja Ringan Kencana Truss 60 mm6 MeterRp. 58.000
6Reng Baja Ringan Kencana 45 mm6 MeterRp. 40.000

Kencana Truss menawarkan bajar ringan berkualitas yang telah memenuhi standar SNI. Merk tersebut juga sangat berpengalaman dalah membuat baja ringan yang tahan karat, ringan, awet, dan hemat biaya. Harga baja ringan Kenjaga Trust memang cukup terjangkau, namun kualitasnya tak kalah bagus dari merk ternama lainnya.

3. Harga Baja Ringan TASO

NoJENIS BAJAPANJANGHARGA PER BATANG
1Kaso Baja Ringan Taso 0.65 mm6 MeterRp. 95.000
2Kaso Baja Ringan Taso 0.70 mm6 MeterRp. 98.000
3Kaso Baja Ringan Taso 0.75 mm6 MeterRp. 100.000
4Kaso Baja Ringan Taso 1.00 mm6 MeterRp. 150.000
5Reng Baja Ringan Taso Tebal 0.40 mm6 MeterRp. 55.000
6Reng Baja Ringan Taso Tebal 0.45 mm6 MeterRp. 60.000

Kami yakin semua orang sudah mengenai merk baja ringan yang dimiliki PT. Tatalogam Lestari tersebut. Selama ini baja ringan Taso dikenal akan kualitasnya. Untuk menjaga kualitas produknya, Taso selalu menggunakan bahan baku tersertifikasi SNI 4096 yang menjadikan baja ringan TASO kuat, ringan, anti-rayap, dan tahan lama.

4. Harga Baja Ringan BMT Truss

NoJENIS BAJAPANJANGHARGA PER BATANG
1Kaso Baja Ringan BMT C75.606 MeterRp. 57.000
2Kaso Baja Ringan BMT C75.706 MeterRp. 62.000
3Kaso Baja Ringan BMT C75.756 MeterRp. 65.000
4Kaso Baja Ringan BMT C75.1006 MeterRp. 96.000
5Reng Baja Ringan BMT 28.456 MeterRp. 29.000
6Reng Baja Ringan BMT 30.456 MeterRp. 32.000

Merk baja ringan terkenal lainnya adalah BMT Truss (Baja Mandiri Teknik). Seperti yang anda lihat di atas, harga baja ringan BMT Truss cukup terjangkau. Namun harga di setiap daerah bisa berbeda-beda, karena tergantung penjualnya. Meskipun begitu kualitasnya tetap terjaga dan sudah memenuhi standar SNI.

5. Harga Baja Ringan Alfa Truss

NoJENIS BAJAPANJANGHARGA PER BATANG
1Kaso Baja Ringan Alfa Truss C75.756 MeterRp. 65.000
2Kaso Baja Ringan Alfa Truss C75.656 MeterRp. 60.000
4Kaso Baja Ringan Alfa Truss C75.1006 MeterRp. 57.000
5Reng Baja Ringan Alfa Truss 31.456 MeterRp. 29.000

Satu lagi merk baja ringan ternama yang mutunya sudah terjamin dan harganya sangat terjangkau. Kelebihan baja ringan Alfa Truss diantaranya adalah terbuat dari bahan ringan dan kuat serta mampu bertahan dari karat serta rayap. Tak hanya itu, baja ringan ini juga memiliki tingkat kekauan yang tinggi dengan standar Grade 550.

Sebenarnya masih banyak merk baja ringan terbaik lainnya. Namun bagi yang mencari baja ringan murah dengan kualitas terbaik, maka silahkan memilih salah satu baja ringan di atas. Owh yah, harga baja ringan di setiap daerah berbeda-beda. Bisa saja harganya lebih murah atau bahkan lebih mahal.

Bagi yang saat ini masih ragu memakai baja ringan sebagai rangka atap, ada baiknya terlebih dahulu melihat kelebihan dan kekurangan rangka atap baja ringan yang kami rangkum di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan
Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan

Kelebihan Atap Baja Ringan

  1. Kelebihan yang pertama adalah memiliki bobot sangat ringan sehingga lebih mudah dipasang
  2. Berbeda dengan kayu, atap baja ringan tidak akan dimakan rayap
  3. Selain itu, rangka atap baja ringan memiliki kelebihan tidak mudah terbakar
  4. Proses pemasangannya lebih cepat dibandingkan membangun rangka atap dengan kayu
  5. Tahap terhadap segala kondisi dan cuaca. Pasalnya rangka baja ringan tidak akan memuai dan susut sehingga lebih optimal dalam menompang beban atap
  6. Harga baja ringan sangat terjangkau sehingga menghemat biaya pembuatan atap rumah
  7. Lebih tahan gempa dibanding rangka atap kayu

Kekurangan Atap Baja Ringan

  1. Meski pemasangannya cukup mudah, namun perlu dilakukan oleh orang yang berpengalaman sehingga rangka baja ringan bisa terpasang secara presisi. Apabila struktur pemasangannya salah, maka baja ringan bisa roboh.
  2. Sebelum pemasangan rangka atap baja ringan harus didesain terlebih dahulu agar kebutuhan bahan bisa pas dan pemasangannya lebih mudah
  3. Secara tampilan arsitektur tidak sebagus rangka atap kayu, sehingga harus ditutup plafon agar tidak menggangu pandangan saat berada di dalam rumah
  4. Tidak semua tukang bangunan bisa memasang rangka baja ringan, sehingga kita harus menggunakan jasa ahli

Nah demikianlah informasi seputar baja ringan, mulai dari tips pemasangan, harga, hingga kelebihan dan kekurangan atap yang menggunakan baja ringan. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan jangan lupa simak pula artikel mengenai Desain Rumah Minimalis Type 36 yang kami sampaikan pada artikel arsiteki.com sebelumnya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *