Gambar Rumah Minimalis Type 45
Desain Eksterior

Desain Rumah Type 45 Minimalis Beserta Biaya dan Denah

Desain Rumah Type 45 – Keterbatasan lahan membuat banyak orang lebih memilih membangun rumah type 45. Ukurannya memang kecil, namun sudah lebih dari cukup untuk dihuni keluarga kecil yang menginginkan hunian nyaman dengan ukuran tidak terlalu besar.

Dibandingkan rumah minimalis type 36, tentu rumah type 45 jauh lebih nyaman. Pasalnya rumah type 45 memiliki ukuran seluas 45 meter persegi dengan dimensi sekitar 5 x 9 meter atau 6 x 7.5 meter. Dimensinya memang tidak terlalu besar, namun dengan penataan ruangan yang baik, maka akan terasa lebih luas.

Untuk mendapatkan rata ruang yang sempurna, kami sarankan untuk terlebih dahulu membuat denah rumah type 45. Tujuan membuat denah rumah adalah sebagai gambaran luas ruangan sehingga ukurannya sesuai dengan luas rumah.

Mengingat luas tanah yang dibangun cukup sempit, maka kalian harus memikirkan secara matang-matang luas setiap ruangan. Terlebih jika ingin membuat rumah type 45 dengan 3 kamar tidur, tentu ukurannya tidak boleh asal-asalan.

Yah, rumah type 45 tetap bisa memiliki 3 kamar tidur. Namun jangan harap ukurannya luas. Apabila menginginkan kamar dan ruangan yang luas, ada baiknya membuat rumah dua lantai. Biaya yang dibutuhkan sudah pasti jauh lebih mahal, karena sama saja membuat rumah 1 lantai type 90.

Berapa Biaya Membangun Rumah Type 45?

Berbicara soal biaya, tentu biaya membuat rumah type 45 tidaklah murah. Sebab untuk membangun rumah dengan luas 45 meter persegi kalian harus menyiapkan budget melebihi 100 Juta Rupiah. Sebagai gambaran, harga borongan bangunan per meter persegi sekitar Rp. 2.5 Juta sampai Rp. 3.5 Juta, tergantung kualitas material yang digunakan.

Apabila kita kalikan dengan biaya borongan terendah, yakni Rp. 2.500.000 per m2, maka untuk membangun rumah type 45 membutuhkan anggaran sekitar Rp. 112.500.000. Itupun kualitas material yang digunakan masih sangat standar. Biayanya bisa berkali-kali lipat lebih mahal apabila menggunakan material berkualitas tinggi.

Untuk menghemat biaya membangun rumah type 45, kalian bisa menggunakan sistem borongan tenaga. Sebagai gambaran, silahkan simak artikel arsiteki.com sebelumnya mengenai “Harga Borongan Bangunan“. Pada artikel tersebut, kami sudah menyelaskan biaya borongan rumah per pekerjaan seperti biaya membuat pondasi, tembok, dll.

Denah Rumah Type 45

Setelah memiliki budget yang cukup untuk membangun rumah type 45, maka selanjutnya kita tinggal meminta jasa arsitek atau merancang rumah yang akan dibangun. Kalian juga bisa merancangnya sendiri apabila tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membayar jasa arsitek. Nah sebagai referensi kami akan memberikan contoh denah rumah type 45 yang bisa kalian simak di bawah ini.

1. Denah 2 Kamar

Bagi yang menginginkan rumah type 45 dengan dua kamar, silahkan kalian mencontoh gambar denah rumah type 45 di atas. Pada denah tersebut masih menyisakan sedikit ruang untuk dapur dan untuk ruang tamu serta ruang makan dibuat menjadi satu tanpa adanya partisi. Hal ini bertujuan agar menghasilkan space yang lebih luas sehingga tetap ada ruang bermain untuk anak serta ruang bersantai beras

2. Denah 3 Kamar

Denah Rumah Minimalis Type 45 3 Kamar Tidur

Idealnya rumah type 45 hanya memiliki 2 kamar. Namun apabila ingin rumah type 45 3 kamar, maka terpaksa harus mengorbankan ruang makan dan ruang keluarga. Luas dapur juga terbatas karena harus dibagi menjadi dua dengan kamar mandi. Apabila ingin lebih luas, kami sarankan untuk merubah ukuran kamar kedua dan kamar ketiga menjadi lebih kecil dengan ukuran 2.5 x 2.5 meter.

3. Denah 2 Lantai

Bagi yang memiliki budget cukup untuk membuat rumah dua lantai, maka bisa mencoba mengaplikasikan denah rumah type 45 dua lantai di atas. Dimana pada denah tersebut telah tergambar empat kamar tidur dengan kamar tidur utama di lantai atas. Yah, ruangan di lantai dua lebih dikhususkan untuk kamar tidur. Sedangkan untuk lantai pertama sudah dilengapai ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, teras, dan satu kamar.

Desain Rumah Minimalis Type 45

Setelah menggambar denah ruangan, maka selanjutnya kita tinggal mengambar tampak rumah dari sisi depan, belakang, hingga samping. Bagi yang tinggal diperumahan mau tidak mau hanya bisa mengandalkan tampak depan saja, karena bagian saming berdempetan dengan rumah lainnya. Sebagai referensi kalian bisa melihat contoh desain rumah type 45 minimalis berikut ini.

1. Desain Rumah Type 45 1 Lantai

Desain Rumah Type 45 Minimalis

Desain rumah minimalis tetap menjadi tren hingga saat ini. Banyak orang yang menyukai desain ini karena akan membuat rumah terlihat lebih mewah dan modern. Sebagai referensi kalian bisa melihat gambar desain rumah type 45 di atas yang dibuat oleh Naib Jaya Kreasindo.  Desain di atas cukup simple, namun tetap membuat rumah terlihat keren.

Model Rumah Type 45 Modern Minimalis

Biasanya rumah type 45 memiliki tampak depan dengan panjang 6-7 meter. Dari luar memang terlihat kecil, namun tidak salahnya merancang tampak depan agar terlihat lebih minimalis dan modern. Kalian juga bisa menambahkan taman kecil di depan rumah dan memadukannya dengan aksen batu alam.

Gambar Rumah Minimalis Type 45

Desain atap wajib menjadi salah satu perhatian utama saat membuat rumah minimalis type 45. Kalian bisa memilih desain atap linmas seperti gambar di atas ataupun model lainnya. Selain itu, kalian bisa menambahkan batu alam untuk memperindah tampak depan rumah.

2. Desain Rumah Type 45 2 Lantai

Rumah Minimalis Type 45 2 Lantai

Bingung memilih desain rumah type 45 2 Lantai yang keren? Silahkan kalian mengaplikasikan desain di atas. Yang kurang dari desain di atas adalah kanopi untuk menutupi kendaraan dari hujan dan terik panas matahari. Untuk yang lainnya sudah sangat keren. Dimana sudah ada teras yang dipercantik GRC. Ukuran taman di depan rumah memang kecil, namun menjadikan pelataran depan rumah menjadi lebih luas.

Bagi yang menginginkan desain rumah tingkat type 46 yang lebih modern, maka bisa mengaplikasikan desain di atas. Yang menarik dari desain tersebut adalah bentuk atap yang menunjukan kesan modern dan berbeda dari rumah lainnya. Selain itu, tersedia pula raling kaca di lantai atas dan railing diteras depan yang semakin menunjukan kesan modern minimalis.

Gambar Rumah Modern Type 45

Membuat rumah yang unik dan berbeda dari rumah lainnya merupakan suatu keharusan. Nah bagi yang menginginkan desain rumah minimalis type 45 yang unik dan menarik, maka kalian bisa mencoba desain di atas. Desainnya memang sedikit nyentrik, namun tetap memberikan kesan yang mewah dan modern.

Apabila tertarik membuat rumah dengan desain di atas maka kalian harus menyiapkan budget melebihi 200 Juta Rupiah. Sebab untuk membuat rumah seperti gambar di atas membutuhkan beragam material bangunan yang harganya cukup mahal seperti kusen alumunium, lantai granit, genteng metal, plafon PVC, dll.

Baca Juga Informasi Arsiteki.com Lainnya
Harga Cat CatylacDesain Rumah Klasik
Desain Rumah Minimalis Type 36

Desain Kolam Ikan Minimalis 

Masih banyak contoh desain rumah type 45 lainnya. Paling tidak informasi yang kami sampaikan di atas bisa menjadi gambaran sebelum membuat rumah minimalis type 45. Nah cukup sekian informasi arsiteki.com pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam membangun rumah impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *