Desain Rumah Minimais Type 36
Desain Eksterior

Desain Rumah Minimalis Type 36 Terbaru Model 1 & 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis Type 36 – Bagi yang memiliki budget terbatas dan lahan sempit, kami sarankan untuk membangun rumah minimalis type 36. Ukuran rumah type 36 memang tak terlalu besar, sehingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih terjangkau.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah minimalis type 36 dan salah satunya adalah desain. Setiap orang memiliki selera desain berbeda-beda, namun ada baiknya memilih desain minimalis yang terlihat modern.

Kami sendiri lebih menyukai desain rumah minimalis modern dibandingkan bergaya klasik. Alasannya adalah agar tidak ketinggalan jaman dan bisa menjadi pusat perhatian banyak orang. Namun semuanya kembali lagi ke selera masin-masing orang.

Bagi yang terpaksa membeli rumah perumahan, maka mau tak mau harus menerima desain apa adanya, dan sama antara satu rumah dengan rumah lainnya.  Hal tersebut bukan menjadi masalah, karena nantinya bisa direnovasi dan didesain sesuai selera.

Dalam mendesain rumah minimalis type 36, kita harus memperhatian desain tampak depan, tampak samping, tampak belakang, dan denah. Menurut kami, denah menjadi yang utama. Pasalnya rumah type 36 memiliki lahan yang sempit, sehingga kita harus mengatur posisi setiap ruangan agar tetap lega.

Sebagai contoh, kami sudah menyiapkan desain denah rumah minimalis type 36 beserta tampak depan serta beragam referensi desain lainnya yang bisa kalian simak di bawah ini.

Referensi Desain Rumah Minimalis Type 36 

1. Desain Denah

Denah Rumah Minimalis Type 36

Pada gambar denah di atas terlihat bahwa rumah type 36 hanya memiliki dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar mandi, dan dapur berukuran kecil. Selain itu, tersedia pula garasi dan taman di sisi depan serta belakang.

Yah, rata-rata rumah type 36 hanya memiliki dua kamar tidur. Oleh karena itulah banyak orang yang melakukan renovasi dan merubahnya menjadi rumah dua lantai. Para pemilik rumah perumahan juga biasanya merubah taman belakang menjadi dapur sehingga dapurnya lebih luas.

Desain Denah Rumah Minimalis Type 36

Apabila salah mengatur posisi dan ukuran ruangan, maka rumah type 36 bisa menjadi sangat sempit dan akan menggangu kenyamanan penghuni rumah.  Jadi lebih baik terlebih dahulu merancang denah rumah, sebelum merancang tampak depan, samping, ataupun belakang.

Setelah denah rumah terancang sempurna, maka selanjutnya kita tinggal merancang tampak luar. Nah bagi yang bingung memilih desain tampak luar ruang minimalis type 36, silahkan simak referensi yang disampaikan arsiteki.com berikut ini.

2. Desain Rumah Minimalis Type 36 1 Lantai

Desain Rumah Minimalis Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Desain rumah juga harus mengikuti perkembangan jaman. Oleh karena itulah banyak orang yang lebih memilih rumah minimalis modern, seperti gambar yang kami sampaikan di atas.

Salah satu ciri khas rumah minimalis modern adalah memiliki desain berbentuk kotak, seperti pada bagian pilar hingga list jendela. Sedangkan bentuk atapnya bisa bebas, sesuai selera pemilik rumah.

Desain Rumah Minimalis Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Agar desain rumah minimalis type 36 semakin keren, kita bisa menambahahan batu alam pada bagian pilar ataupun teras. Saat ini juga sudah banyak keramik berbentuk batu alam yang hargannya cukup terjangkau sehingga bisa menjadi alternatif selain batu alam asli.

Rumah Minimalis Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Tampak depan rumah sangat menentukan apakah itu rumah minimalis atau bukan. Bagi yang bingung menentukan seperti apa tampak depannya, silahkan memilih salah satu referensi di atas.

Kemudian untuk bagian kusen bisa menggunakan kusen kayu atau kusen alumunium. Kami sendiri lebih menyukai kusen kayu, karena lebih awet dan lebih kuat. Namun apabila berbicara soal harga, maka kusen alumunium jauh lebih murah.

Model Rumah Minimalis Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Saat ini rata-rata rumah perumahan menggunakan kusen berbahan alumuniun agar harga rumah yang dijual bisa ditekan menjadi lebih murah. Apapun jenis kusen yang digunakan asalkan kuat, tentu bukan menjadi masalah.

Menurut kami, desain rumah minimalis type 36 akan semakin istimewa apabila ditambah batu alam. Selain itu, jangan lupa memasang pagar bergaya minimalis yang memiliki desain simple, namun tetap modern.

Sumber Gambar : Pinterest

Setiap perumahan memiliki desain berbeda-beda. Semakin mahal harganya, tentu semakin keren desainnya. Harga juga mempengaruhi kualitas dari material bangunan yang digunakan. Apabila rumahnya murah, kemungkinan menggunakan batako.

Saat ini batako menjadi pilihan banyak orang dalam membangun rumah. Alasannya adalah karena harga batako yang murah dan ukurannya lebih besar dibandingkan batu bata. Alhasil biaya pembangunan rumah dapat ditekan menjadi lebih murah.

Contoh pemakaian batako dalam membuat rumah minimalis type 36 bisa dilihat pada gambar di atas. Yah, rumah yang menggunakan batako dan batu bata hasilnya sama saja. Namun soal kekuatan, kami lebih menganjurkan menggunakan batu bata.

Gambar Rumah Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Beragam gambar desain rumah minimalis type 36 yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi dalam membangun rumah idaman. Selain gambar di atas, masih banyak lagi gambar rumah minimalis type 36 lainnya yang bisa kalian simak di bawah ini.

3. Desain Taman

Desain Rumah Minimais Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Walaupun ukuran rumah type 36 kecil, namun sebaiknya kita tetap melengkapinya dengan taman untuk memperindah serta menciptakan nuansa yang asri dan segar. Ukuran tamannya bisa di sesuaikan dengan sisa lahan. Kemudian untuk bagian samping taman bisa digunakan sebagai garasi.

Gambar Rumah Minimalis Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Pemilihan jenis tanaman juga perlu diperhatikan. Kita bisa menggunakan rumput jepang ataupun ruput gajah mini yang dipadukan dengan berbagai jenis tanaman lainnya, seperti cemara udang, beringin dollar, dll. Bagi yang suka bunga, juga bisa menambahkan bunga di sekeliling taman, sehingga taman terlihat lebih asri.

4. Desain Garasi

Desain Rumah Minimalis
Sumber Gambar : Pinterest

Karena keterbatasan layan, maka jangan heran apabila garasi rumah minimalis type 36 cukup kecil. Rata-rata hanya bisa menampung satu mobil dan satu motor. Garasinya juga berada di luar, sehingga sering kali ditambahkan kanopi agar kendaraan tidak kehujanan.

Desain kanopi untuk garasi juga beragam. Namun ada baiknya memilih desain kanopo yang minimalis sehingga terlihat menyatu dengan desain rumah secara keseluruhan.

Gambar Desain Kanopi Minimalis
Sumber Gambar : Pinterest

Biaya membuat kanopi untuk rumah minimalis type 36 juga tak terlalu mahal. Dimana biayananya dihitung per-meter berdasarkan luas garasi. Selain itu, biayanya dipengaruhi desain dan material yang digunakan.

5. Desain Teras

Desain Teras Rumah Minimalis Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Jangan harap rumah type 36 memiliki teras yang luas. Ukurannya harus diperkecil bisa digunakan untuk ruang lainnya. Meskipun begitu, kita tetap bisa menaruh kursi santai dan meja kecil agar bisa bersantai di depah rumah.

Desain Teras Rumah Minimalis Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Bagi yang membeli rumah perumahan type 36 bisa melakukan renovasi agar teras bisa lebih luas. Renovasi yang dilakukan bisa sekalian mengganti keramik ataupun menambahkan aksen batu alam agar desain terasa semakin keren.

Desain Teras Rumah Minimalis Type 36
Sumber Gambar : Pinterest

Desain teras juga harus sesuai dengan konsep utama rumah, yakni bergaya minimalis. Jadi lebih baik menggunakan keramik ataupun batu alam yang polos. Namun sebelumnya kembali lagi ke selera masing-masing pemilik rumah.

6. Desain Rumah Minimalis Type 36 2 Lantai

Desain Rumah Type 36 2 Lantai
Sumber Gambar : Pinterest

Renovasi rumah minimalis type 36 menjadu dua lantai merupakan solusi paling tepat untuk menambah ruangan dilahan terbatas. Namun biaya yang harus dikeluarkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Alasan kenapa biaya renovasi rumah satu lantai menjadi dua lantai mahal adalah karena harus merubah bagian pondasi dan menambahkan cakar ayam. Belum lagi untuk membeli material-material bangunan, seperti semen, batu bata, pasir, dll.

Sumber Gambar : Pinterest

Meskipun biaya yang harus dikeluarkan sangat banyak, namun akan sebanding dengan hasil yang didapatkan. Terlebih rumah menjadi lebih besar dan ruangan bisa semakin banyak.

Biasanya lantai dua akan dijadikan sebagai kamar tidur. Sedangkan lantai satu dikhususkan untuk ruang tamu, ruang keluarga, serta dapur. Alhasil posisi denah rumah akan dirubah, mengikuti kebutuhan ruangan.

Sumber Gambar : Pinterest

Desain lantai satu dan lantai dua harus senada, sehingga sama-sama bergaya minimalis. Bagi yang bingung bagaimana merancang desainnya, silahkan melihat gambar desain rumah minimalis type 36 di atas.

Setelah desainnya cocok, maka selanjutnya tinggal mencari tukan bangunan atau mempercayakannya ke kontraktor. Pastikan memilih kontroktor yang bisa dipercaya agar tidak sembarangan dalam memilih material bangunan serta pengerjaannya tepat waktu dan tidak asal-asalan.

Sumber Gambar : Pinterest

Kualitas material bangunan yang digunakan sangat berpengaruh terhadap ketahanan rumah. Kita harus menggunakan ukuran besi yang pas dan semen berkualitas. Apabila perlu dicor, lebih baik menggunakan beton cor yang menggunakan truk molen, karena lebih kuat dibandingkan beton cor manual.

Nah sekian informasi arsiteki.com mengenai desain rumah minimalis type 36 satu lantai dan dua lantai. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi dalam membangun rumah idaman.

5/5 (1 Review)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *