Cara Pendaftaran Pemasangan Listrik Baru Online
Tips Properti

15 Cara Pendaftaran Pemasangan Listrik Baru Online : Syarat & Prosedur

Arsiteki.comSekarang anda tidak perlu datang ke kantor PLN untuk mengajukan permohonan pasang listrik baru. Sebab saat ini sudah ada pendaftaran pemasangan listrik baru online melalui situs resmi PLN.

Dengan adanya pendaftaran secara online maka pasang listrik baru menjadi semakin mudah dan cepat. Menariknya lagi, pendaftaran pemasangan listrik baru online tidak hanya diperuntukan untuk kebutuhan ruman tangga saja, namun juga untuk bisnis, industri, publik, dan sosial.

PLN juga memberikan dua opsi produk layanan berupa listrik pascabayar dan prabayara dengan pilihan daya mulai dari 450 VA sampai 41500 VA. Semakin tinggi daya yang dipilih, maka semakin mahal biaya yang harus anda keluarkan. Nah untuk mengetahui berapa biayanya, silahkan simak informasi berikut “Biaya Pasang Listrik Baru“.

Yah, pasang listrik baru memang tidak gratis. Anda harus membayar biaya pemasangan beserta biaya tambahan lainnya seperti materai dan biaya jaminan langganan. Meskipun tidak gratis, namun PLN sering kali memberikan diskon pemasangan listrik baru untuk kebutuhan rumah tangga.

Untuk kebutuhan industri, bisnis, publik, dan sosial tidak akan mendapatkan diskon pemasangan. Lagi pula diskon tersebut tidak selamanya ada, karena tergantung dari kebijakan PLN. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimana cara pendaftaran listrik baru online dan apa saja syaratnya?

Cara Pendaftaran Pemasangan Listrik Baru Online

Cara Pasang Listrik Baru Online

Tidak ada persyaratan khusus untuk pemasangan listrik baru secara online. Yang pasti anda harus membayar biaya pemasangan terlebih dahulu agar listrik bisa dipasang. Nah untuk mengetahui setiap langkah cara pendaftaran pemasangan listrik baru online silahkan simak di bawah ini.

  1. Cara pendaftaran pemasangan listrik baru online yang pertama adalah membuka situs resmi PLN https://layanan.pln.co.id/
  2. Selanjutnya pilih menu Pasang Baru pada bagian Web Korporasi PLN.
  3. Kemudian akan muncul informasi mengenai syarat dan ketentuan pasang baru. Silahkan baca informasi yang ditampilkan. Jika sudah klik Setuju
  4. Lalu akan ada informasi tambahan yang menyebutkan bahwa syarat dan ketentuan tersebu akan menjadi Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik Antara PLN dengan Pelanggan. Silahkan klik OK.
  5. Setelah itu anda harus melengkapi Data Pemohon dan Data Pelanggan yang dibutuhkan untuk pemasangan listrik baru PLN. Pastikan semua data yang dimasukan merupakan data yang valid sesuai kartu identitas (KTP)
  6. Selanjutnya scroll ke bawah untuk mengisi produk layanan. Silahkan anda memilih listrik Pascabayar atau Prabayar sesuai kebutuhan. Selain itu, anda harus mengisi jumlah daya listrik yang dipilih serta keperluan pemasangan listrik
    Jika semua formulir sudah diisi, kemudian klik Hitung Biaya. Setelah itu anda akan mendapatkan informasi mengenai rincian biaya yang harus dibayarkan untuk pemasangan listrik baru.
  7. Langkah selanjutnya tinggal memberikan tanda cawang pada bagian “Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN(Persero)”
  8. Kemudan masukan kode verifikasi dan klik “Simpan Perubahan”.
  9. Setelah itu anda akan mendapatkan email berisi kode konfirmasi. Silahkan klik link yang dilampirkan pada email tersebut.
  10. Lalu masukan kode konfirmasi yang dilampirkan melalui email
  11. Setelah konfirmasi berhasil, maka akan muncul informasi kode booking dan total biaya yang harus dibayarkan.
  12. Untuk mengetahui detail cara pembayaran silahkan buka email.
  13. Selanjutnya anda harus membuka email untuk mengetahui petunjukan pembayaran melalui Transfer Antar Bank. Pembayaran harus dilakukan selambat-lambatnya 31 hari sejak diterimanya email konfirmasi.
  14. Setelah pembayaran berhasil, silahkan menunggu pihak PLN untuk melakukan pemasangan listrik.
  15. Untuk mengecek status permohonan pelanggan silahkan membuka situs web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/status-permohonan-pelanggan.

Silahkan mengikuti setiap langkah cara pendaftaran pemasangan listrik baru online yang kami sampaikan di atas. Apabila ada kendala dalam pendaftaran silahkan menghubungi Contact Center PLN di nomor (kode area)123 atau melalui akun sosial media PLN.

Syarat dan Cara Pasang Listrik Baru di Kantor PLN

Cara Pasang Listrik Baru di Kantor PLN
Bagi yang ragu mendaftar secara online, maka kami sarankan untuk melakukan pendaftaran pemasangan listrik baru secara langsung di kantor PLN terdekat. Cara pendaftarannya juga cukup mudah. Namun sebelum membahas caranya, silahkan simak terlebih dahulu syarat pasang listrik baru berikut ini.

Syarat Pasang Listrik Baru

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila mengajukan permohonan pasang listrik baru di kantor PLN. Adapun syarat-syaratnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Fotocopy kartu identitas. Anda bisa menggunakan KTP atau SIM yang masih berlaku
  2. Ada baiknya menyerahkan denah lokasi atau menyebutkan lokasi pemasangan listrik secara jelas untuk mempermudah proses survey lokasi pemasangan listrik
  3. Memberikan surat kuasa jika pengajuan permohonan pemasangan listrik diwakilkan orang lain
  4. Membayar biaya pemasangan listrik

Hanya itu saya syarat pasang listrik baru di kantor PLN.  Syaratnya terglong sangat mudah, karena hanya membutuhkan kartu identitas dan membayar biaya pemasangan listrik. Lalu bagiamana prosedur pemasangan listrik melalui kantor PLN?

Cara Pasang Listrik Baru

Setelah mengetahui semua syarat yang dibutuhkan, selanjutnya mari kita membahas mengenai cara pendaftaran pemasangan listriK baru di kantor PLN. Untuk mengetahui seperti apa prosedurnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan datang langsung ke kantor PLN terdekat dengan membawa persyaratan di atas.
  2. Kemudian pihak PLN akan meninjau lokasi pemasangan untuk mengukur jarak tiang listrik dan jarak ke trafo.
  3. Setelah lokasi dinyatakan mendukung pemasangan listrik baru, maka selanjutnya anda diminta melakukan pembayaran biaya adminstrasi pemasangan listrik dan beberapa biaya tambahan lainnya seperti materia, biaya jaminan, dan token listrik perdana minimal Rp. 5.000. Semua biaya tersebut dibayarkan di kantor PLN
  4. Selanjutnya anda harus menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).
  5. Setelah semua prosedur di atas dilakukan maka pihak PLN akan mulai melakukan pemasangan listrik.

Perlu diingat, pihak PLN hanya bertugas untuk menyambungkan listrik ke meteran. Untuk urusan instalasi listrik diserahkan ke pemilik rumah. Kami sarankan untuk menggunakan jasa instalasi listrik yang berpengalaman agar instalasi pemasangan listrik rapi dan aman.

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Plafon Akustik

Syarat KPR Rumah BRI
Harga Genteng Sakura RoofDaftar Harga Atap Tegola

Proses instalasi pemasangan listrik membutuhkan keahlian khusus. Apabila dipasang secara sembarangan maka dapat menyebabkan korsleting yang berujung malapetaka. Nah demikianlah informasi mengenai cara pendaftaran pemasangan listrik baru online dan secara langsung di kantor PLN. Semoga informasi arsiteki.com di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *