Cara Merawat Wallpaper Dinding Yang Benar
Tips Properti

Cara Merawat Wallpaper Dinding Yang Benar Agar Awet

Arsiteki.com – Wallpaper dinding menjadi solusi yang menarik pengganti cat belakangan ini. Dimana sudah banyak yang menggunakan wallpaper dinding, dan kamu juga harus tau nih bagimana cara merawat wallpaper dinding.

Sejatinya dalam proses setelah pemasangan wallpaper dinding kamu nantinya membutuhkan beberapa perawatan agar membuat wallpaper diding awet. Pasalnya jika tidak dirawat wallpaper dinding bisa jamuran, mengelupas, corak luntur dan lainnya.

Perawatan wallpaper dinding terbilang sangat simple kok hanya membutuhkan beberapa langkah mudah untuk nantinya membuat wallpaper dinding menjadi awet. Hal-hal basic seperti membersihkan dan menjaga suhu ruangan memang bakalan menjadi hal yang menarik untuk kamu ketahui.

Namun JENIS WALlPAPER DINDING yang banyak dan berbeda-beda membuat kamu wajib nih untuk memberikan perlakukan yang berbeda beda karena bahan yang berbeda tentunya. Berikut adalah beberapa Cara Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet & Menarik yang sudah Arsiteki.com rangkum.

Cara Merawat Wallpaper Dinding

Cara Merawat Wallpaper Dinding Yang Benar

1. Bersihkan Wallpaper Dinding Secara Rutin

Ingin wallpaper dinding kamu tetap awet dan tidak cepat kusam? Kamu harus sering-sering untuk membersihkan wallpaper dinding rumah kamu secara rutin agar selalu bersih dan warnanya tetap cerah. Setiap hari banyak debu yang beterbangan dan menempel pada wallpaper dinding, jika tidak sering dibersihkan akan menyebabkan noda membandel yang sulit dibersihkan pada wallpaper dinding rumah kamu.

Ada berbagai jenis wallpeper dinding dengan bahan yang bervariasi seperti wallpaper dinding kertas, wallpaper anyaman dan wallpaper kain yang cara membersihkannya pun berbeda-beda. Untuk membersihkan wallpaper tersebut, kamu bisa menggunakannya dengan alat yang sesuai dengan wallpaper dinding yang kamu miliki.

2. Membersihkan Wallpaper dengan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner digunakan untuk membersihkan bahan yang berbahan kain seperti pada sofa, karpet dan lainnya yang berbahan kain. Begitu juga dengan wallpaper dinding yang berbahan kain, wallpaper jenis ini cara membersihkannya dengan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang menempel pada wallpaper dinding kain agar terlihat cerah dan wallpaper pun akan bersih dari debu.

Jika kamu tidak mempunyai alat vacuum cleaner, kamu bisa menggunakan sikat untuk membersihkan wallpaper dinding dan harus dilakukan dengan hati-hati agar wallpaper dinding kain kamu tidak rusak.

3. Menggunakan Lap Lembap untuk Membersihkan Wallpaper Dinding Anyaman

Wallpaper dinding yang terbuat dari anyaman lebih sulit dibersihkan dari wallpaper yang terbuat dari bahan lainnya. Wallpaper dinding anyaman memiliki banyak serat yang memiliki celah kecil dan sangat rentan kemasukan debu sehingga untuk membersihkannya pun harus teliti karena banyak debu yang masuk kedalam celah-celah tersebut.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan lap yang lembap atau bisa juga dengan kuas untuk menghilangkan debu-debu yang masuk pada wallpaper dinding anyaman yang kamu miliki. Lakukan secara rutin agar wallpaper dinding anyamanmu terus awet dan tetap bersih sehingga akan lebih sedap dipandang mata.

4. Gunakan Lap Kering untuk Wallpaper Dinding Kertas

Banyak orang yang menggunakan wallpaper dinding dari bahan ini karena selain pemasangannya yang mudah, wallpaper kertas juga memiliki banyak motif yang bisa dipilih sesuai selera kamu. Wallpaper dinding kertas merupakan bahan yang mudah rapuh, jadi untuk membersihkannya pun harus dengan hati-hati agar tidak gampang rusak.

Cara membersihkan wallpaper dinding kertas ini kamu bisa menggunakan lap kering atau kain bekas yang halus agar wallpaper kertas tidak rusak dan hasilnya pun akan lebih memuaskan. Jika kamu kesulitan saat membersihkan di tempat yang tinggi, kamu bisa menggunakan sapu atau pel yang dibalut dengan kain agar kamu bisa menjangkaunya tanpa menggunakan tangga.

5. Memakai Sikat Berbulu Halus untuk Membersihkan Noda Membandel

Mempunyai wallpaper dinding terkadang kita malas untuk membersihkannya, hal ini yang menyebabkan banyak debu yang menempel sehingga lama-kalamaan akan menimbulkan noda yang membandel dan sulit untuk dibersihkan.

Untuk membersihkan noda yang membandel pada wallpaper dinding ini, kamu bisa menggunakan sikat yang berbulu halus agar wallpaper dinding tidak rusak. Selain itu, cara membersihkannya pun harus secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak atau menyobek wallpaper yang kamu miliki.

6. Perhatikan Dinding yang Akan kamu Pasangi Wallpaper

Sebelum memasang wallpaper dinding, kamu harus memperhatikan tembok yang akan kamu pasangi wallpaper jangan sampai tembok kamu lembap karena akan menyebabkan wallpaper dinding berjamur dan cepat rusak. Jika tembok kamu lembap, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan cat khusus anti lembap agar tembok kamu aman dan bisa dipasang wallpaper dinding yang kamu suka.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mebersihkan permukaan tembok terlebih dahulu agar bebas dari debu dan kotoran agar lem pada wallpaper dinding akan merekat sempurna dan hasilnya pun akan memuaskan.

7. Gunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Noda

Cara Merawat Wallpaper Dinding Yang Benar
Jika wallpaper dinding kamu terkena noda seperti tinta atau krayon, kamu tidak usah khawatir karena kamu bisa membersihkannya dengan perasan jeruk nipis. Cara mebersihkannya pun sangat mudah, cukup campur perasan jeruk nipis dengan air hangat dan gunakan spons atau kain lembut usahakan jangan sampai basah hanya lembap saja lalu gosokkan pada wallpaper yang terkena noda tersebut dan diamkan beberapa saat. Setelah didiamkan kemudian lap bekas gosokan spons tadi dengan kain atau lap kering secara perlahan agar wallpaper dinding tidak rusak.

8. Kelembaban Ruangan

Ruangan yang terlalu lembab tentusaja tidak baik untuk walalpeper dinding karena bisa membiat lem menjadi mengelupas. Selain itu terlalu lembab juga bisa memuncuklkan jamur pada wallpaper dinding.

9. Siapkan Lem Jika Mengelupas

Banyak kejadian wallpaper dinding mengelupas di karenakan penggunaan lem yang murahan sehingga tidak tahan lama. Pastikan kamu punya lem kusus untuk memperbaki wallpaper dinding yang terkelupas tersebut.

10. Buang Noda

Noda pada wallpaper dinding memang tidak bisa di hindarkan entah dari noda makanan atau noda apapun. Di harapkan kamu cepat membersihkan, saran untuk membersihkannya bisa di elap menggunakan air hangat.

11. Bersihkan Debu

Rajin membersihkan debu di wallpaper dinding merupakan langkah yang juga tepat, pasalnya debu pada wallpaper dinding akan membuat tampilanny menjadi kotor. Kamu bisa membersihkan dengan penyedot debu atau kain bersih.

12. Cepat Basuh Saat Terkena Air

Jangan biarkan wallpaper dinding yang terkena air, usahakan kamu untuk bisa langsung membasuhnya supaya langsung kering. Kamu bisa membasuhnya dengan air hangat dan kain bersih.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membuat Sertifikat TanahCara Menabung Untuk Beli Rumah
Harga  Wallpaper DindingSyarat dan Cara Mengurus IMB

Itu dia beberapa cara merawat wallpaper dinding yang benar menurut ARSITEKI.COM yang bisa kamu praktekan. Dimana cara pengaplikasiannya sendiri berbeda-beda sesuai dengan bahan dari wallpaper tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *