Tips Properti

Cara Mengatasi WC Yang Mampet Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasu WC Yang Mampet – Water Closet atau yang kita kenal dengan WC merupakan salah satu ruangan yang sering digunakan oleh para penghuninya. Namun apa jadinya jika WC tersebut mampet? pasti hal ini akan menjadi salah satu masalah yang cukup besar bagi para penghuninya.

Dan tidak jarang jika pemilik rumah pun menggunkan banyak cara mengatasi WC yang mampet tersebut, untuk mengembalikan sebagai mana fungsinya lagi secara maksimal. Namu ada beberapa faktor yang mempengaruhi WC tersebut mampet, namun salah satu hal yang sering terjadi ialah akibat kebiasaan buruk yakni membuang sampah ke WC tersebut.

Nah untuk mengatasi hal semacam ini kalian juga bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi WC mampet. Ya, kalian bisa menggunakan bahan-bahan dapur untuk mengatasi WC yang mampet. Nah bagaimanakan caranya? yuk kita simak bersama-sama cara mengatasi WC yang mampet dengan bahan alami berikut ini.

Cara Mengatasi WC Yang Mampet Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi WC Yang Mamapet Terbaru
Cara Mengatasi WC Yang Mamapet Terbaru

Seperti yang kita ketahui jika penyebab WC mampet ialah akibat kebiasan buruk kita yang sering membuang sampah ke WC tersebut. Ya, untuk mengatasi hal ini tentu cukup terbilang mudah apabila kita mengetahui caranya. Namun akan menjadi sebaliknya jika kita tidak tahu cara mengatasi WC yang mampet tersebut.

Dan untuk menghindarai WC mempet lagi alangkah baiknya kita membuang sampah pada tempatnya dan jangan di WC ya sob. Nah, bagi anda yang mengalami malah WC mampet kalian bisa simak artikel berikut ini yang akan mengulas cara mengatasi WC yang mampet dengan bahan alami, berikut informasi lengkapnya.

1. Menggunakan Soda Api

Untuk mengatasi WC yang mampet bisa dengan menggunakan soda api, bahan kimia yang dikenal dengan istilah natrium hidroksida ini dikenal sangat ampuh untuk mengatasi WC yang mampet. Soda api ini akan bereaksi langsung saat terkena air yang kemudian menciptakan gelembung dengan jumplah yang banyak.

Gelembung inilah yang nantinya akan bekerja secara efektif untuk mengikis dan menghancurkan kotoran dan berbagai macam sisa bahan yang mengendap didalam WC. Pemakaian soda api ini paling cocok untuk mengatasi gangguan penyumbatan pada WC karena relatif lebih aman dan tidak mengakibatkan pengendapan pada saluran pembuangan.

2. Menggunakan Cairan Sabun dan Air Panas

Selain menggunakan soda api kalian juga bisa menggunakan cairan sabun dan air panas. Benda-benda berbahan pulp seperti tisu toilet maupun pembalut yang dibuang kedalam WC kerap menjadi penyebab utama penyumbatan saluran pembuangan. Namun tenang saja, untuk mengatasi hal ini kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada dirumah anda.

Ya, seperti halnya cairan sabun dan air panas bisa kalian gunakan untuk membersihkan saluran yang tersumbat. Dan kalian hanya cukup memasukan sabun cair atau dengan alternatif berupa sabun batang yang dicairkan ke dalam WC yang mampet. Setelah itu tuangkan air panas sebanyak mungkin hingga sabun mulai berbusa dan biarkan selama kurang lebih 20 menit.

3. Baking Soda dan Cuka

Selain menggunakan cairan sabun dan air panas kalian juga bisa menggunakan baking soda dan cuka untuk mengatasi WC yang mampet. Kombinsai dua bahan alami ini sudah menjadi resep ampuh yang dikenal lebih efektif untuk berbagai masalah dirumah seperti bau menyengat, kotoran membandel dan WC yang mampet.

Ya, untuk mengatasi WC yang mampet kalian hanya perlu mengkombinasikan kedua bahan ini dengan perbandingan 2:1. Campuran baking soda dan cuka akan menghasilkan efek serupa seperti soda api yakni gelembung dengan jumplah banyak. Untuk itu pastikan kalian menutup WC agar gelembung yang dihasilkan tidak luber.

4. Pemutih Pakaian

Satu lagi cara mengatasi WC yang mampet anda bisa menggunakan pemutih pakaian. Caranya ialah tuangkan cairan pemutih pakaian secukupnya kedalam WC lalu tambahkan sedikit detergen. Tinggalkan selama 30 menit dan bilas WC menggunakan air bersih hingga beberapa kali agar saluran pembuangan kamu bisa kembali berfungsi dengan baik.

5. Hanger Kawat atau Selang Panjang

Nah, jika kalian sudah menggunakan cara diatas manun tidak ujung berhasil kalian juga bisa menggunakan akwat hanger atau selang panjang untuk mengatasi WC yang mampet tersebut. Caranya ialah dorong selang yang sudah dipersiapkan ke dalam WC hingga kotoran yang menyumbat dapat terdorong dan mengalir.

Nah guys itulah beberapa cara mengatasi WC mampet dengan bahan alami yang ada dirumah anda. Selain lebih praktis dengan menggunakan bahan alami tentu akan menghemat biaya. Selain itu, bahan-bahan alami terseubut juga pastinya lebih mudah dicari dan banyak terdapat di dapur rumah kalian.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Atap SpandekHarga Engsel Pintu
Harga Gypsum Per Lembar

Harga Cat Dasar Tembok

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi WC yang mampet. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa menjadi referensi kalian dalam membersihkan WC anda. Sekian dan janga lupa simak terus artikel-artikel terbaru dari Arsiteki.com sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *