Tutorial

6 Cara Mengatasi Tabung Gas Yang Bocor Di Rumah Dengan Tepat

Arsiteki.com – Ada beberapa cara untuk mengatasi tabung gas yang bocor dengan mudah dan tepat. Sebab kebocoran tabung gas bisa mengakibatkan kebakaran. Untuk mengatasi hal ini, alangkah baiknya kalian cari tahu cara yang tepat untuk mengatasinya pada artikel dibawah ini.

Penggunaan kompor gas memang sudah terbilang cukup merata di kalangan masyarakat Indonesia. Sebab beberapa tahun yang lalu, pemerintah memang menggalakan penggunaan kompor gas untuk menggantikan kompor minyak yang sebelumnya sempat populer selama puluhan tahun.

Untuk program ini terbilang cukup sukses meskipun masih terdapat beberapa masalah terkait dengan tabung gas yang digunakan. Ia, kebocoran tabung gas memang menjadi salah satu masalah utama dan paling sering terjadi.

Meskipun hal tersebut sudah banyak diantisipasi dengan penggunaan regulator yang terbilang aman, namun tetap saja masih ada tabung gas yang mengalami kebocoran. Dan tidak tanggung-tangguh, kebocoran tabung gas ini bisa saja menimbulkan masalah.

Bahkah bisa juga mengakibatkan kebakaran besar. Untuk itu, kami sarankan untuk menghindari masalah kebocoran pada tabung gas dirumah anda dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Tabung Gas Yang Bocor di Rumah Dengan Tepat

Cara Mengatasi tabung gas yang bocor

1. Hindari Kontak Liktrik dan Api

Hal yang pertama yang perlu anda lakukan saat mengatasi tabung gas yang bocor di rumah adalah dengan cara hindari kontak listrik dan api. Nah, jika tabung gas di rumah anda mengalami kebocoran, pastikan anda tidak menyalakan api dan segera mamastikan kompor dalam kondisi tidak menyala.

Hal ini memang sangatlah penting untuk menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas tersebut. Selain itu, hindari menyalakan lampu ataupun perangkat lain yang berhubungan dengan listrik. Hal ini dikarenakan kontak listrik bisa memicu timbulnya gas didalam ruangan dan bisa mengakibatkan ledakan pada tabung gas.

Dan jika tabung gasa di rumah ada bocor kami sarankan untuk bisa tetap tenang dan sebisa mungkin untuk menghindari melakukan kedua hal diatas agar kebocoran pada tabung gas tidak menimbulkan bahaya yang lebih besar lagi.

2. Segera Cabut Regulator

Langkah kedua untuk mengatasi tabung gas yang bocor di rumah adalah dengan segara mencabut regulator yang masih terpasang pada tabung gas. Hal ini harus segera kalian lakukan jikakalau kalian mengetahui tabung gas di rumah anda mengalami kebocoran.

Pasalnya gas yang terkumpul didalam ruangan bisa juga memicu ledakan dan juga sangat berbahaya bagi sistem pernapasan manusia. Selain itu, pastikan juga regulator tersebut tercabut dengan sempurna. Sehingga tidak mengakibatkan kebocoran yang lebih parah dari tabung gas tersebut.

3. Buka Ventilasi Rumah

Cara mengatasi tabung gas yang bocor di rumah selanjutnya ialah degan membuka ventilasi rumah. Nah, jika regulator pada tabung gas sudah dicabut, jangan lupa kalian harus membuka ventilasi ataupun jendela dapur dan pastikan sirkulasi udara di dapur cukup luas.

Nah jika perlu, segera bawa tabung gas keluar ruangan agar gas tidak menumpuk didalam ruangan dapur. Hal ini juga dilakukan agar tidak memicu timbulnya ledakan pada tabung gas tersebut.

dan untuk mengantisipadi hal seperti ini, akan lebih baik jika lebih awal anda memang memiliki ventilasi udara yang cukup diarea dapur, sehingga tidak terjadi penumpukan gsa yang bisa memicu terjadinya ledakan.

4. Tutup Tabung Dengan Kain Basah

Didalam kondisi tertentu bisa saja sudah terdapat api kecil di sekitar tabung gas. Anda mungkin akan merasa panik melihat hal ini, namun anda harus tenang dan segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Untuk itu kami sarankan untuk mengambil kain yang terdapat disekitar anda dan bahasi dengan air, lalu segera tutupkan pada air tersebut. Hal ini juga harus anda lakukan pada tabung gas anda, terutama pada bagian permukaan.

Dengan kain yang basah ini akan segera membuat api padam dan menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas tersebut. Jadi tetap tenang dalam mengatasi hal sperti ini agar anda bisa lebih tepat dalam mengatasinya.

5. Periksa Regulator Secara Berkala

Regulator

Untuk mengatasi gas yang bocor di rumah, kalian juga harus perlu memeriksa regulator secara berkala. Ya, kebocoran gas memang tidak selalu disebabkan oleh tabung atau karet tabung yang tidak pas saja.

Namun hal ini juga bisa disebabkan oleh regulator yang digunakan. Regulator bisa mengalami kerusakan, kebocoran dan juga bisa mengalami rapuh pada beberapa bagian akibat masa pakai yang sudah panjang.

Untuk itu anda harus mengatisipasi hal tersebut dengan baik dan jika sudah terlihat tanda-tanda regulator tersebut rusak maka lebih baik anda mengganti regulator tersebut dengan yang baru.

6. Jaga Kebersihan Kompor Secara Keseluruhan

Berikutnya ialah kalian juga harus menjaga kebersihan kompor secara keseluruhan agar segala sesuatu bisa tertata dengan rapi dan juga bersih. Selain itu anda juga harus memperhatikan perhatian penuh pada area di sekitar kompor.

Anda harus membersihkan area kompor anda sebersih mungkin, tak terkecuali regulator dan juga area di sekitar tabung gas anda, sehingga kotoran dan juga debu tidak menempel disana.

Nah guys itulah beberapa cara mengatasi tabung gas yang bocor di rumah anda dengan tepat. Jika anda mengatasi hal tersebut dengan tepat maka hal yang berbayaha sekalipun seperti kebakaran tidak akan terjadi.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membuat Sertifikat TanahCara Menabung Untuk Beli Rumah
Jenis Wallpaper DindingSyarat dan Cara Mengurus IMB

Yang paling penting adalah jika anda mengetahui tabung gas dirumah anda bocor anda jang panik agar anda bisa berpikir secara baik untuk mengatasi hal tersebut. Dan demikian informasi dari kami semoga bisa bermafaat bagi kalian semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *