Cara Mengatasi Genteng Bocor dengan Mudah
Tips Properti

Cara Mengatasi Genteng Bocor Saat Musim Hujan Paling Mudah

Cara Mengatasi Genteng Bocor – Saat musim hujan datang, genteng bocor memang manjadi dalah satu musuh utama yang harus dikalahkan. Ya, bagaimana tidak? kalau kita tidak mengatasi genteng yang bocor bisa-bisa kenyamanan keluarga di rumah akan terganggu.

Seperti yang kita ketahui jika genteng merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi rumah kita. Dan jika genteng pada atap rumah kita bocor ataupun geser, maka air hujan dan juga benda-benda asing lainya akan dengan mudah masuk kedalam rumah kita.

Selain itu, permasalahan ini juga dapat merusak furniture yang ada di dalam rumah. Sementara itu, untuk jangka panjang juga akan membuat bangunan rumah kita bisa rusak dan kalau tidak segera mengatasi genteng yang bocor maka titik bocor pada atap rumah kita bisa semakin meluas.

Lalu apasih penyebab genteng rumah kita menjadi bocor? dan bagaimana pula cara mengatasi genteng bocor? Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Sebelum kita mengatasi genteng yang bocor pada atap rumah kita, pastinya kita harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab terjadinya genteng bocor. Apakah itu genteng benar-benar bocor karena retakan pada genteng atau genteng di atap rumah kita hanya geser.

Hal ini memang harus dilakukan agar kita bisa mengatasinya dengan tepat dan genteng di rumah kita tidak kembali bocor ketika hujan datang. Nah, tak perlu berlama-lama lagi berikut adalah beberapa penyebab genteng rumah kita menjadi bocor.

Penyebab Genteng Bocor

  1. Genteng yang bocor data disebabkan karena posisi genteng yang tidak pas atau berantakan. Nah, jika ini penyebabnya kalian hanya perlu merapikan letak genteng hingga posisi genteng presisi agar genteng tidak lagi bocor.
  2. Lain lagi jika ada bagian genteng yang rusak atau pecah. Segera ganti genteng tersebut dengan yang baru, akan tetapi genteng tersebut harus memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Namun jika anda kesulitan untuk mencari genteng yang sama ukuranya, anda bisa menggunakan material waterproofing plus serat kasa. Potong serat kasa pada bidang genteng sesuai dengan ukuran lalu olesi dengan larutan waterproof.
  3. Nah selanjutnya ketika adukan dibawah nok retak, maka anda harus segera menambal bagian yang retak tersebut dengan menggunakan aquaproof agar tidak bocor lagi.
  4. Selanjutnya kontruksi atap yang melengkung atau tidak kuat menahan beban atap juga menjadi penyebab genteng bocor. Nah untuk mengatasi hal ini sebaiknya ganti kontruksi atap dengan baja ringan.
  5. Berikutnya talang seng yang berkarat atau bolong juga bisa menjadikan genteng bocor. Dan kita bisa menggantinya dengan zink alum yang lebih tahan karat untuk mengatasi genteng bocor.
  6. Sedangkan jika talang dak beton yang retak, kita bisa menambalnya dengan menggunakan material waterproofing.

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Penyebab Genteng Bocor

Setelah kita mengetahui penyebab genteng yang bocor kini kita tinggal mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini. Nah untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah cara mengatasi genteng bocor dengan cepat dan mudah.

1. Menambal Genteng Yang Bocor

Cara mengatasi genteng bocro yang pertama ialah dengan menambal genteng. Langkah ini dilakukan jika ternyaya genteng anda bocor karena ada bagian yang retak. Dan anda bisa menambal genteng tersebut dengan menggunakan aquproof. Akan tetapi jenis genteng yang bisa ditambal dengan aquaproof sebaiknya jenis genteng beton.

2. Ganti Genteng Yang Bocor Dengan Genteng Yang Baru

Nah cara mengatasi genteng bocor yang berikutnya ialah dengan mengganti genteng dengan yang baru. Namun nampaknya tidak mudah untuk mencari pengganti genteng yang ukuranya sama persis, apalagi genteng tersebut sudah lama tidak diganti. Nah untuk mengatasi hal semacam ini anda bisa menggunakan alternatif bahan lain.

3. Renovasi Kontruksi Atap Rumah

Jika ternyata genteng yang bocor tersebut mudah sekali bocor dan tidak bisa dilakukan alternatif lain, maka kalian bisa melakukan penggantian kontruksi atap rumah anda. Nah salah satu penyebab genteng bocor ialah kontruksi atap rumah yang tidak sesuai. Genteng yang menahan beban atap terlalu berat bisa melengkung dan mudah patah ataupun retak.

4. Mengganti Jenis Genteng Dengan Genteng Yang Berbahan Dasar Lain

Nah ini adalah langkah terakhir mengatasi genteng yang bocor dirumah anda. Yakni dengan mengganti jenis genteng dengan genteng yang berbahan dasar lain. Perubahan iklim dan cuaca kadang membuat genteng tidak bisa bertahan lama. Dan satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini ialah dengan menggati jenis genteng dengan genteng yang berbahan dasar lain.

Itulah beberapa cara mengatasi genteng bocor paling mudah dan paling cepat. Dengan mencegah genteng rumah anda bocor pastinya kenyamanan ada didalam rumah akan semakin nyaman dan tidak perlu khawatir atap rumah anda bocor saat musim hujan datang.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Atap SpandekHarga Beton Instan
Harga Gypsum Per Lembar

Harga Cat Dasar Tembok

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa menjadi referensi kalian dalam memilih jenis genteng yang cocok untuk rumah kalian agar tidak bocor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *