Cara Mengatasi Dak Bocor
Tips Properti

Cara Mengatasi Dak Bocor Dari Bawah dan Atas

Arsiteki.com Bagaimana cara mengatasi dak bocor dari bawah ataupun dari atas? Caranya cukup mudah, karena hanya membutuhkan waterproofing untuk menutupi dan menambal dak yang bocor. Namun pengalikasiannya tidak boleh asal, karena membutuhkan trik khusus agar tidak lagi bocor di kemudian hari.

Masalah dak bocor sering terjadi pada rumah dua lantai yang mengunakan atap dak beton. Masalah tersebut tentu ada penyebabnya. Ada beberapa penyebab dak bocor yang wajib kalian ketahui agar bisa mengatasi masalah tersebut. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab dak bocor silahkan simak di bawah ini.

Penyebab Dak Bocor

  1. Atap dak beton menggunakan campuran yang terdiri dari pasir, semen, dan batu spling. Nah apabila komposisi dak beton tersebut kurang sempurna, maka mengakibatkan daya tahan dak beton berkurang sehingga bisa sewaktu-waktu mengalami kebocoran
  2. Penyebab yang kedua adalah karena terjadi pergerakan pada struktur bangunan atau pondasi yang menyebabkan struktur dak beton terganggu sehingga  bisa menyebabkan retak
  3. Kebocoran atap beton bisa terjadi karena beton belum kering sempurna, namun sudah digunakan untuk meletakan barang dengan bobot berat yang melebihi daya dukung pelat beton.
  4. Ketebalan dak beton terlalu tipis sehingga daya tahannya kurang bagus
  5. Ada genangan air yang menyebabkan air merembes ke dalam dak beton
  6. Tidak ada lapisan yang melindungi batas atas dak beton. Seharusnya bagian atas dak beton dilapis keramik, acian, ataupun cat waterprofing.
  7. Apabila ada saluran air didalam struktur dak beton dan saluran tersebut bocor, maka secara otomatis air akan merembes ke bawah.

Masih ada beberapa penyebab lainnya. Namun faktor pemicu utama dak bocor adalah terjadi retakan dan struktur beton yang kurang sempurna.

Cara Mengatasi Dak Bocor Dari Atas

Cara Mengatasi Dak Beton Bocor Dari Atas

Untuk mengatasi dak bocor kita harus memperbaiki bagian atas terlebih dahulu. Setelah itu baru bagian bawah. Apabila cuma bawahnya saja, maka akan percuma. Sebab permasalahan utama terletak pada bagian atas. Lalu bagaimana cara mengatasi dak bocor dari atas? Untuk mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini

  1. Langkah pertama adalah memeriksa kondisi dak beton. Perhatikan bagian mana yang bocor. Apabila bingung menentukan bagian yang bocor maka bisa mencoba menuangkan air di atas dak beton. Lalu diamkan sekitar 1 jam. Apabila ada rembesan air ke bawah dak, maka bisa dipastikan dak beton bermasalah.
  2. Setelah menemukan bagian yang bocor, lalu bersihkan bagian yang bocor dari debu dan kotoran. Untuk membersihkannya bisa menggunakan sikat atau dengan Kape scrape. Namun sebelum itu pastikan dak sudah kering dan tidak ada genangan air.
  3. Apabila terjadi retakan, maka kalian harus menutup bagian yang retak dengan dengan adukan semen yang ditambah cairan penguat semen (additive bonding agent) agar semen memiliki daya rekat tinggi. Pastikan semua bagian sudah ditambal dengan semen. Lalu diamkan sampai bener-bener kering
  4. Setelah menambal bagian yang bocor, kemudian lapisi bagian tersebut dengan waterproofing. Agar semakin kuat, kami sarankan untuk menempelkan serat fiber pada saat kondisi waterproofing masih basah.
  5. Jika semua bagian yang bocor sudah dilapisi serat fiber, maka aplikasikan kembali waterproofing secara merata pada seluruh permukaan dak beton untuk menutupi serat fiber.
  6. Setelah waterproofing mengering, ulangi pelapisan waterproofing dengan arah menyilang sampai dirasa cukup.

Cara Mengatasi Dak Bocor Dari Bawah

Cara Mengatasi Dak Beton Bocor Dari Bawah

Setelah memperbaiki bagian atas dak beton, maka selanjutnya tinggal mengatasi dak bocor dari bawah. Caranya cukup mudah, silahkan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Bersihkan terlebih dahulu bagian plafon dari kotoran dan debu dengan alat sederhana seperti sikat ataupun kape scrape
  2. Apabila menemukan jamur pada plafon, kami sarankan untuk menggunakan cairan Fungicidal Wash yang bisa membunuh 99% jamur dan lumut
  3. Selanjutnya tinggal melapisi plafon dngan alkali sealer atau cat dasar agar pengecetak dak beton yang bocor tidak belang-belang
  4. Tunggu sampai aklali sealer mengering. Biasanya memakan waku 1-2 jam.
  5. Kemudian tinggal mengecat ulang platfon yang bocor sampai benar-benar rata. Kami sarankan untuk melapisinya hingga dua kali pengecetan.
  6. Cat yang digunakan tidak boleh asal. Ada baiknya menggunakan cat anti bocor seperti Cat No Drop ataupun merk lain yang telah teruji kualitas dan daya tahannya.

Tujuan mengatasi dak bocor dari bawah adalah agar kondisi plafon kembali seperti semula. Namun cara tersebut akan percuma jika bagian atas belum diperbaiki. Oleh karena itulah kami sarankan untuk terlebih dahulu memperbaiki bagian atas sebelum mengatasi dak bocor bagian bawah.

Bagi baru berencana menggunakan dak beton sebagai atap, kami sarankan untuk menggunakan bondek cor yang bisa mencegah dak mengalami kebocoran. Bondek cor sendiri merupakan lapisan besi yang terbuat dari galvanis dan galvalum.

Fungsi bondek cor adalah untuk melapisi bagian bawah dak sehingga bisa mencegah kebocoran. Untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak artikel “Daftar Harga Bondek Cor” pada artikel sebelumnya.

Lebih baik mencegah dari pada memperbaiknya. Namun apabila sudah terlanjur tidak menggunakan bondek cor, maka kalian bisa mencoba cara mengatasi dak bocor yang kami sampaikan di atas.

Baca Juga Informasi Lainnya
Daftar Harga Kuas CatHarga Dak Keraton
Harga Pintu TemperedDaftar Harga Besi Hollow

Nah demikianlah tutorial singkat mengenai cara mengatasi dak beton bocor dari bawah ataupun dari atas. Silahkan kalian mengikuti setiap langkah yang kami berikan agar dak beton tidak mengalami kebocoran. Cukup sekian informasi arsiteki.com kali ini, semoga bisa menjadi solusi untuk mengatasi dak bocor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *