Cara Memperbaiki tembok retak
Tutorial

Cara Memperbaiki Tembok Retak Berdasarkan Jenis Keretakan

Arsiteki.com – Setelah kita mengetahui penyebab rembok retak pada dinding runah, kini saatnya kita cari tahu bagaimana cara memperbaiki tembok yang retak tersebut. Ya, untuk memperbaiki tembok yang retak pada dinding rumah memang ada beberapa cara berdasarkan jenis keretakanya.

Dinding retak memang kerap terjadi pada suatu bangunan, bahkan pada bagunan baru sekalipun. Keadaan seperti ini nampaknya cukup mengganggu pemandangan dan lama kelamaan malah bisa membahayakan. Oleh sebab itu sebaiknya kita harus segera memperbaiki tembol yang retak pada dinding rumah kita. Dan berukut adalah cara memperbaiki tembok retak berdasarkan jenis keretakanya.

Cara Memperbaiki Tembok Retak Bedasarkan Jenis Keretakanya

Cara memperbaiki tembok retak bersadarkan jenis keretakanya

Untuk memperbaiki tembok yang retak kita memang harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar kita bisa menanganinya dengan tepat. Selain itu, dinding tembok yang retak juga memiliki banyak karakter yakni ada yang retak-retak seperti rambut dan juga ada pula yang retak karena kontruksi pondasi bangunan yang kurang baik.

Pada dasarnya tembok retak bisa terjadi karena beberapa hal seperti acian diaplikasikan sebelum plester mengering sempurna, komposisi adukan tidak pas, bahan baku berkualitas rendah, acian yang digunakan dari semen biasa dan masih banyak lagi penyebabnya. Lalu bagaimana cara memperbaiki tembok retak tersebut? simak ulasanya berikut ini.

1. Cara Memperbaiki Tembok Retak Rambut

retak rambut

Ya, retakan yang sering terjadi pada suatu bagunan terutama bangunan baru ialah retakan rambut. Retakan yang satu ini terbilang sering diremehkan karena bentuknya yang kecil dan terlihat tidak membahayakan. Akan tetapi hal ini akan membuat visual dinding rumah anda menjadi kurang indah.

Dan untuk mengatasi tembok retak rambut ini, anda bisa menggunakan base coat atau cat dasar untuk menutupinya. Namun jika kedepanya retakan rambut ini menjadi lebih besar maka anda harus membuat plesteran baru.

2. Cara Memperbaiki Tembok Retak Pada Bata

Retak bata

Selanjutnya tembok retak pada bata, hal ini juga sering terjadi pada sebuah bangunan lama hingga bangunan terbaru. Ya, retakan pada bata ini disebabkan karena kualitas bata yang digunakan kuran bagus. Sementara itu retakan yang terjadi bisanya berbentuk tegak lurus panjang ataupun menyamping.

Pada dasarnya bata pecah dan membuat plesteran serta acian pun pecah. Dan untuk mengatasi hal ini anda hanya perlu membuat celah kecil antara dinding dan balok atas agar tekanan berkurang. Selanjutnya isi celah dengan karet lalu buka retakan selebar 1 cm sampai kebata. Kemudian buat adukan semen pasir untuk menutup retakan dengan rapi.

Lalu biarkan mengering selama 3 hari, serta rapikan celah dengan acian putih. Dan setelah acian mengering lalu labur dengan plamir dan lanjutnkan dengan pengecatan kembali sesuai dengan warna cat tembok tersebut.

3. Cara Memperbaiki Tembok Retak Karena Beda Bahan

Perbedan bahan

Selain penyebab diatas ada juga retakan tembok karena beda bahan. Yang retakan karena beda bahan bisa terjadi karena plesteran menutup sambungan tembok campuran batu bata dengan beton atau kayu, contohnya pada sambungan pintu, kusen ataupun ventilasi.

Ya, retakan yang satu ini pasti akan sering timbul meski sudah diperbaiki. Dan cara mengatasi hal ini ialah dengan memotong kembali plester sepanjang 1 cm sepanjang retakan. Lalu uat dilatasi dengan campuran plester dan polimer 4%.

Kemudian isikan campuran kedalam retakan setebal 2 mm dan biarkan hingga mengering. Lalu lanjutkan dengan merapikan permukaan dengan menggunakan acian putih.

4. Cara Memperbaiki Tembok Retak Pada Saluran Pipa

Karena Pipa

Penyebab keretakan ini biasanya karena celah pemasangan pipa tidak dipotong sampai bata. Jadia celah hanya dibuat sampai bata atau pipa hanya diletakan diatasa bata lalu di plester kembali. Bentuk retakan pada saluran pipa biasanya terjadi disepanjang garis pipa.

Dan cara untuk mengatasi retak pada saluran pipa ialah dengan membuka kembali plester pada saluran pipa, dan bungkus pipa dengan kawat ayam. Setelah ity isi celah dengan adukan semen pasir, setelah itu biarkan tambalan mengering, lalu rapikan kembali.

5. Cara Memperbaiki Tembok Retak Karena Penyusutan

penyusutan

Untuk hal yang satu ini biasanya terjadi karena pelaburan acian terlalu cepat dan plester belum kering. Selain itu hal ini juga bisa terjadi karena kadar lumpur yang tinggi pada pasir dalam plesteran. Dan cara mengatasi tembok retak karena penyusutan ialah dengan melaburi acian kembali.

Anda juga bisa menggunakan acian putih dengan polimer 2%, lalu ratakan permukaan dengan amplas yang halus setelah acian mengering. Tunggu hingga acian sudah mengering setelah itu kalian bisa mengecatnya kembali sesuai dengan warna tembok tersebut.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki tembok retak berdasarkan jenis keretakanya. Dengan ini tembok akan kembali rata dan rapi dan tidak ada lagi terakan-retakan yang membuat diding rumah anda nampak jelek dan tidak bagus.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Plafon Gypsum TerbaruCara Membersihkan Keramik Kamar Mandi
Cara Mengatasi Genteng Bocor

Tips Mengatasi WC Mampet

Sementara itu, dengan mengetahui penyebab tembok retak kita bisa mengatasinya dengan tepat sehingga tembok tidak retak kembali. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *