10 Cara Memperbaiki Listrik Konslet Di Rumah

Arsiteki.com – Cara memperbaiki listrik konslet sebenarnya cukup mudah. Namun banyak pemilik rumah yang merasa takut sehingga menyerahkan masalah tersebut ke teknisi listrik. Sebelum menghubungi teknisi listrik kami sarankan untuk mencoba mengatasinya sendiri. Lalu bagaimana caranya?

Cara mengatasi listrik konslet tergantung dari penyebabnya. Apabila penyebab listrik konslet tergolong berat maka lebih baik serahkan ke teknisi listrik yang sudah berpengalaman dalam hal instalasi. Penyebab listrik konslet sangatlah beragam. Anda wajib mengetahui hal tersebut.

Listrik konslet biasanya disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek antara konduktor positif dan negatif yang terdapat didalam kabel. Jika hal tersebut terjadi maka konduktor yang saling berhubungan akan menghasilkan arus listrik sangat besar dan akan mengakibatkan panas yang bisa menyebabkan kebakaran.

Ada banyak sekali kasus kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik. Oleh karena itulah anda harus hati-hati apabila mengalami hal ini. Lebih baik segera memperbaikinya untuk mencegah hal-hal yang tidai diinginkan. Nah untuk mengetahui cara memperbaiki listrik konslet silahkan simak di bawah ini.

Penyebab Listrik Konslet

Penyebab Listrik KonsletSebelum membahas lebih jauh mengenai cara memperbaiki listik konslet, mari kita simak terlebih dahulu beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab utama listrik rumah mengalami konslet. Adapun penyebabnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pemakaian kabel listrik yang tidak sesuai standar SNI.
  2. Instalasi listrik yang sembarangan
  3. Proses intalasi listrik yang dilakukan secara sembarangan dan tidak sesuai standar sehingga membuat instalasi listrik rentang mengalami gangguan, salah satunya adalah terjadinya listrik konslet.
  4. Penggunaan kabel listrik yang tidak sesuai standar SNI. Biasanya kabel yang digunakan terlalu kecil sehingga tidak bisa mengimbangi arus listrik. Alhasil listrik bisa mengalami korsleting.
  5. Kondisi kabel instalasi sudah tidak bagus sehingga mengakibatkan insolator yang membungkus kabel terkelupas dan menyebabkan kabel phasa dan netral saling berhubungan.
    Kondisi kabel mengalami kerusakan karena digigit tikus
  6. Penyebab selanjutnya adalah karena dudukan lampu, stop kontak, ataupun saklar terkena air.
  7. Terjadi korsleting pada perangkat elektronik seperti TV, Kulkas, Mesin Cuci, dll.

Selain penyebab di atas masih ada beberapa penyebab lainnya. Namun pada intinya penyebab korsleting listrik adalah karena hubungan arus pendek. Nah untuk memperbaiki masalah tersebut, silahkan simak informasi arsiteki.com berikut ini.

Cara Memperbaiki Listrik Konslet

Cara Mengatasi Korsleting Listrik

Saat listrik konslet biasanya MCB akan jeglek atau berubah dari posisi ON dan OFF. Namun hal ini hanya terjadi apabila instalasi listrik dilakukan dengan baik. Apabila instalasi listrik dilakukan secara sembarangan maka bisa saja MBC tidak merespon saat terjadi korsleting.

Mengingat pentingnya instalasi listrik maka kalian harus mencari jasa instalasi listrik yang berpengalaman. Nah untuk mengetahui biaya instalasi listri, silahkan simak informasi berikut “Daftar Biaya Instalasi Listrik Rumah“.

Kembali lagi ke soal cara memperbaiki listrik konslet, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Yang pertama adalah jangan memaksakan MCB yang jeglek. Apabila listrik masih konslet maka otomatis MCB akan tetap jeglek meski sudah mencoba memindahkan posisi MBC ke ON.

Apabila tetap memaksa merubah posisi MCB ke ON maka sangat berbahaya. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kebakaran yang akan berakibat sangat fatal. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kami sarankan untuk mencoba cara memperbaiki lisrik konslet berikut ini.

  1. Biarkan MCB tetap berada dalam keadaan OFF.
  2. Langkah pertama adalah mencari lokasi terjadinya korsleting.
  3. Silahkan matikan semua perangkat elektronik yang terhubung ke stop kotak dan perangkat kelistrikan lainnya, termasuk lampu
  4. Kemudian coba hidupkan MCB dan ubah posisinya ke ON
  5. Jika semua perangkat kelistrikan sudah dimatikan dan MCB tetap jeglek maka kemungkinan besar penyebab korseleting listrik adalah kabel instalasi
  6. Namun apabila berhasil merubah posisi MCB ke ON maka kemungkinan penyebabnya adalah salah satu perangkat kelistrikan yang ada dirumah
  7. Untuk memastikannya, silahkan hidupkan satu persatu perangkat kelistrikan. Apabila pada saat menyalakan salah satu saklar lampu atau perangkat kelistrikannya lainnya dan tiba-tiba MCB kembali jeglek, maka disitulah letak konsleting listrik terjadi.
  8. Silahkan melakukan perbaikan pada bagian yang konslet seperti mengganti lampu, stop kontak, atau bahkan kabel yang terhubung ke perangkat kelistrikan tersebut.
  9. Jangan lupa untuk mematikan MCB saat melakukan perbaikan
  10. Setelah selesai barulah menghidupkan MCB dan lihat apakah masih terjadi korsleting listrik atau tidak.

Hanya itu saja cara memperbaiki listrik konslet. Bisa dikatakan caranya cukup mudah, namun apabila penyebab listrik konslet dikarenakan kabel instalasi maka lebih baik meminta bantuan ke teknisi listrik yang sudah berpengalaman.

Cara Mencegah Korsleting Listrik

Ada pepatah yang mengatakan, lebih baik mencegah dari pada memperbaiki. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mengikuti tips mencegah korsleting listrik berikut ini.

  1. Gunakan kabel berstandar SNI yang telah teruji kekuatan dan ketahannya
  2. Jangan sembarangan memilih saklar atau stop kontak. Pakailah produk berkualitas seperti Saklar Lampu Broco ataupun merk ternama lainnya
  3. Jangan merubah atau memodifikasi MCB karena hal tersebut sangat berbahaya. Apabila terjadi perubahan tegangan listrik ataupun penggantian MCB lebih baik dilakukan oleh pihak PLN
  4. Untuk mengindari gigitan tikus pada kabel instalasi, lebih baik melindungi kabel dengan paralon. Hal yang sama juga berlaku pada saat melakukan instalasi kabel di dalam beton
  5. Selalu lakukan pengecekan pada kabel instalasi untuk mecegah kabel rusak
  6. Instalasi listrik ruma harus dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli dan berpengalaman.

Silahkan mengikuti tips yang kami sampaikan di atas agar terhindar dari korsleting listrik. Apabila sudah mengalami masalah tersebut maka segera lakukan perbaikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Cukup sekian informasi arsiteki.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Merk Keramik Terbaik” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Tinggalkan komentar