Cara Membuat Denah Rumah
Tips Properti

Cara Membuat Denah Rumah Sederhana Secara Mudah

Arsiteki.com – Cara membuat denah rumah harus memperhtungkan beberapa aspek. Aspek yang pertama adalah luas tanah. Sebab ukuran denah rumah harus sesuai dengan ukuran tanah, sehingga rumah bisa dibangung secara tepat dan terukur. Terlebih sebuah rumah tidak hanya terdiri dari satu ruangan saja, melainkan banyak ruangan seperti kamar tidur, ruang tahu, ruang makan, kamar mandi, dll.

Semakin banyak ruangan yang dibangun, maka semakin besar ukuran rumah. Inilah yang mendasari kenapa kita harus membuat denah rumah. Selain itu, denah rumah juga berfungsi sebagai gambaran utama bagaimana rumah akan dibangun. Sebab dengan denah, maka kita bisa mengatur tata ruangan secara tepat, sesuai dengan luas bangunan.

Fungsi Denah Rumah

Cara Membuat Denah Rumah Secar Mudah
Fungsi Denah Rumah

Masih banyak fungsi denah rumah lainnya yang wajib kalian ketahui. Nah untuk mengetahui apa saja fungsinya, silahkan simak informasi arsiteki.com.

  1. Fungsi yang pertama adalah agar kita bisa mengatur tata letak ruangan di dalam suatu bangunan. Tanpa adanya denah, maka tata letak ruangan yang bisa berantakan dan berakibat desain interior rumah menjadi tidak terkonsep.
  2. Dengan membuat denah kita bisa menentukan ukuran ruangan yang tepat, sesuai dengan luas bangunan. Misalnya ruangan kamar tidur harus berukuran 4×4, ruang tamu berukuran 3×3, dan beragam ruangan lainnya. Tanpa adanya perencanaan ukuran ruangan, maka bisa-bisa ada satu ruangan yang kurang optimal, seperti kamar terlalu kecil atau kamar mandi terlalu besar.
  3. Fungsi lainnya adalah agar kita bisa mengatur posisi jendela yang berfungsi sebagai sirkulasi udara.
  4. Selain jendela, kita juga bisa mengambarkan posisi pintu dan bukaan pintu pada denah rumah, sehingga tata letak ruangan lebih optimal
  5. Fungsi yang tak kalah penting adalah untuk menggambarkan isi ruangan, baik itu kasur, kursi, dan beragam perabotan lainnya. Terlebih jika denah dibuat dalam bentuk 3D, maka kita bisa dengan jelas melihat isi ruangan yang akan dibangun.

Sebenarnya tujuan utama membuat denah rumah adalah agar kita bisa mengatur tata letak ruangan dan ukuran ruangan yang akan dibangun. Nah yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah ukuran ruangan yang tepat saat membuat denah rumah?

Ukuran Denah Ruangan

Contoh Denah Ruangan
Contoh Denah Ruangan

Cara membuat denah rumah yang bagus harus terlebih dahulu menghitung luas tanah. Kemudian kita tentukan berapa ukuran rumah yang akan dibangun. Apabila luas tanahnya terlalu sempit, maka kalian bisa membuat rumah type 36 ataupun type 45. Namun apabila luas tanahnya tergolong luas, maka kalian bisa bebas membangun denah rumah sesuai keinginan.

Luas tanah akan sangat berpengaruh terhadap besar ruangan. Sejatinya kalian bisa bebas menentukan besar ruangan, sesuai dengan luas bangunan yang akan dibangun. Namun sebagai gambaran kami akan memberikan contoh luas ruangan yang ideal agar rumah terasa lebih nyaman.

1. Ruang Tamu

Saat membuat denah rumah, kalian harus memperhatikan ukuran ruang tamu. Idealnya ukuran ruang tamu berukuran 3×3 meter atau 9m2. Ukuran tersebut sudah lebih dari cukup untuk menaruh kursi sudut yang nantinya bisa untuk menjamu tamu. Apabila ukuran ruang tamu terlau kecil, tentu jumlah kursi semakin sedikit dan akan merepotkan apabila ada banyak tamu datang kerumah. Kalian juga bisa membuatnya menjadi lebih besar seperti 3×4 meter atau 4×4 meter, tergantung luas bangunan yang akan dibangun.

2. Kamar Tidur

Kemudian untuk kamar tidur, kalian harus membagi antara kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan kamar tidur pembantu. Kamar tidur utama tentu harus lebih besar karena perabotan yang digunakan akan lebih banyak, seperti lemari, meja rias, dll. Nah ukuran yang ideal untu kamar utama adalah 4×4 meter.

Sedangkan untuk kamera anak cukup 3×3 meter atau 3×4 meter. Kemudian untuk kamar pembantu tidak perlu terlalu besar, cukup 2×3 meter.  Lalu apabila ingin membuat kamar tidur tamu, maka kalian bisa mengaplikasikan ukuran 3×3 meter yang sudah tergolong luas untuk sebuah kamar tidur tamu.

3. Dapur

Salah satu bagian ruman yang membutuhkan space ruangan yang cukup besar adalah dapur. Namun luas dapur bisa disesuaikan dengan luas tanah. Apabila menginginkan dapur yang luas agar bisa bebas memasak, kami sarankan membuat dapur dengan ukuran 3×4 meter. Namun apabila ruangannya terbatas, maka ukuran 3×3 meter sudah sangat ideal.

4. Rung Makan

Selanjutnya untuk ruang makan bisa berukuran 3×3 meter. Kami sendiri lebih menyukai desain ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga agar tercipta atmosfir yang lebih hangat antar semua anggota keluarga.

5. Ruang Keluarga

Ruang keluarga wajib berukuran besar. Kalian bisa mengaplikasikan ukuran 3×5 meter atau lebih besar dari itu. Sebab ruang keluarga sering digunakan sebagai ruang nonton TV beserta seluruh anggota keluarga, jadi lebih baik dibuat lebih besar dibandingkan ruangan lainnya.

6. Garasi

Bagi yang memiliki mobil, maka wajib membuat garasi yang luas agar akses keluar masuk kendaraan bisa lebih mudah. Dimana ukuran yang tepat adalah 3×5 meter. Namun ukuran tersebut hanya bisa menampung satu mobil saja. Kalian bisa membuatnya lebih besar, sesuai dengan jumlah kendaraan yang dimiliki. Selain itu, jangan luap membuat Carpot agar kendaraan tamu bisa masuk ke dalam rumah.

7. Gudang

Selanjutnya untuk gudang cukup berukuran 2×3 meter agar bisa menyimpan beragam kardus dan barang lainnya yang sudah tidak digunakan.

8. Teras

Ukuran teras rumah bisa disesuaikan dengan luas tanah. Apabila masih ada sisa banyak, maka kalian bisa membuat teras berukuran 2.5×3 meter atau 2.5×4 Meter. Jangan lupa menyisakan sisa tanah untuk membuat taman yang biasanya ditempatkan di depan, samping, atau belakang rumah.

Cara Membuat Denah Rumah

Nah setelah menghitung luas tanah dan memprediksi ukuran ruangan yang akan dibuat, maka cara membuat denah rumah yang pertama adalah dengan menggambar sketsa dulu di atas kertas. Kemudian gambarlah posisi ruangan sesuai yang diinginkan dan menghitung setiap luas ruangan agar sesuai dengan luas tanah serta ukuran rumah yang akan dibangun.

Setelah sketsa jadi dan ukuran ruangan sudah Fix, maka selanjutnya kita tinggal menggambarkannya secara digital. Cara membuat denah rumah secara digital juga sangat mudah. Kalian bisa mencoba aplikasi seperti 3D Max, AutoCAD ataupun aplikasi berbasis komputer lainnya.

Sebagian orang pasti bingung menggunakan 3D Max ataupun AutoCAD. Sebab kedua software tersebut lebih sering digunakan oleh para arsitek dan merancang sebuah rumah. Nah bagi kalian yang bingung cara membuat denah rumah dengan AutoCAD ataupun 3D Max, kami kalian bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan aplikasi Android.

Ada beberapa aplikasi Android yang menjadikan cara membua denah rumah terasa sangat mudah, tanpa membuktuhkan skill arsitektur dalam mebuat rumah. Nah untuk mengetahui apa saja aplikasinya, silahkan simak di bawah ini.

1. Planner 5D

YouTube video

Cara membuat denah rumah menggunakan aplikasi Planner 5D sangat mudah. Sebab pada aplikasi ini sudah disediakan beragam menu untuk membuat sebuah ruangan, lengkap dengan interior yang bisa digunaakn. Lalu kita bisa merubah denah dalam bentuk 2D langsung menjadi 3D.

2. Floor Plan Creator

Floor Plan Creator

Kelebihan aplikasi ini adalah memiliki user interface yang sangat simple. Alhasil cara membuat denah rumah dengan Floor Plan Creator terasa lebih mudah. Selain itu, kita juga bisa memproyeksikan denah 2D yang dibuat menjadi dalam bentuk 3D beserta dengan interior yang kitas masukan saat merancang denah rumah.

3. Room Planner

YouTube video

Yang menarik dari aplikasi ini adalah kita bisa membuat denah rumah sekaligus merancang interior yang digunakan menggunakan produk dari IKEA. Aplikasi ini sangat bagus, jadi kalian wajib mencobanya di Hp Andrid milik kalian. Furniture yang disediakan juga sangat lengkap dan cara membuat denah rumah dengan aplikasi ini juga tergolong mudah.

4. magicplan

magicplan
Aplikasi ini dikhususkan bagi pengguna yang ingin membuat denah rumah dalam bentuk 2D dan 3D. Kalian bisa merancang setiap ruangan secara mudah, lengkap dengan pintu, jendela, serta furniture yang digunakan. Menariknya lagi, kita bisa merancang ruangan dengan skala yang menyesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan dibuat.

5. Palette Home

Cara Membuat Denah Rumah Dari Hp
Palette Home

Palette Home merupakan salah satu aplikasi 3D Interior Design terbaik untuk smartphone Android. Dengan aplikasi ini kita bisa merancang desain interior rumah sesuai dengan denah rumah yang dibuat. Cara membuat denah rumah dengan aplikasi Palette Home sangat simple dan bisa langsung kita ubah menjadi 3D agar terlihat lebih realistis.

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Keramik Lantai

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan
Harga Keramik Kamar Mandi

Harga Plafon Gypsum

Nah demikianlah cara membuat denah rumah secara mudah melalui aplikasi Android. Silahkan kalian mencoba langsung aplikasi di atas dengan mengunduhnya secara gratis di Play Store. Sekian informasi arsiteki.com, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam merancang rumah impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *