cara membersihkan dapur
Tutorial

7 Cara Membersihkan Dapur Yang Kotor Dengan Cepat

Cara Membersihkan Dapur – Seperti yang kita ketahui dalam sebuah hunian dapur memang menjadi tempat yang paling penting. Selain menjadi tempat masak dapur juga menjadi salah satu ruangan yang berguna untuk mengeksplorasi jenis makanan baru, dan menyimpan berbagai bahan makanan yang sehat.

Sebagai ruangan yang digunakan untuk memasak, dapur juga seringkali berantakan dan juga kotor, karena noda-noda makanan maupun minyak. Hal ini tentu saja kalian tidak merasa nyaman ketika dapur di rumah anda terlihat seperti kapal pecah. Untuk itu, kita harus rajin-rajin membersihkan dapur agar ruangan tersebut terlihat bersih dan rapi.

Untuk membersihkan dapur ada beberapa cara yanng cukup mudah dan cukup cepat. Selain itu, dengan membersihkan dapur tentu saja rumah kita juga akan terlihat bersih dan juga terbebas dari kuman dan bakteri. Tak hanya itu saja dengan kondisi dapur yang lebih bersih, maka aktifitas kita dirumah pun akan semakin nyaman.

Nah, bagi anda yang ingin berniat membersihkan dupur rumah anda agar terlihat bersih dan rapi, berikut ada berapa cara membersihkan dapur yang kotor  dengan cepat agar terhindar dari kuman dan bakteri. Dan tidak usah berlama-lama lagi mari kita simak informasi berikut ini berasama-sama.

Cara Membersihkan Dapur Yang Kotor

Cara Membersinkan dapur yang kotor

Menjadi salah satu ruangan yang penting dapur sering kali terlihat kotor dan berantakan. Apalagi setelah dapur tersebut digunakan untuk memasak, patinya dapur akan terlihat kotor dan berminyak. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda langsung membersihkan dapur tersebut agar kotoran dan minyak yang menempel bisa hilang. Dan berikut adalah cara membersihkan dapur rumah anda dengan baik.

1. Bersihkan Bekas Minyak Yang Berceceran

Bersihkan minyak

Langkah pertama dalam cara membersihkan dapur yang kotor ialah biasakan membersihkan bekas minyak yang berceceran setelah kita memasak. Biasanya seat memasak minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan akan berceceran di lantai, meja bahkan tembok dapur.

Hal ini tentu saja akan membuat area dapur menjadi kotor dan juga licin. Nah untuk menghindari hal ini sebaiknya kalian segera membersihkan dapur rumah anda agar minyak yang menyebar tidak membuat lantai dan tembok dapur anda licin.

2. Segera Cuci Piring Setelah Makan

Bersihkan piring

Cara membersihkan dapur yang kotor berikutnya ialah dengan segera mencuci piring setelah kita makan. Ya, kebanyakan dari kita sering menunda-nunda dalam mencuci piring setelah kita makan. Dan menumpuk piring yang kotor didapur akan menjadikan dapur rumah kita menjadi terlihat lebih kotor.

Selain itu, dapur yang kotor juga akan mengundang beberapa hewan seperti semut dan kecoa. Hal ini tentu saja akan membuat dapur didalam rumah kita semakin kotor. Untuk itu kami sarankan untuk segera mencuci piring setelah makan agar dapur rumah kita terlihat lebih bersih dan rapi.

3. Membersihkan Kulkas

Bersihkan kulkas

Selain membersihkan piring-piring yang kotor, kita juga wajib membersihkan kulkas jika kita memiliki kulkas. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kulkas agar tetap higienis. Kami sarankan untuk segera membuang semua sisa makanan yang ada didalam kulkas.

Dan untuk membersihkan kulkas, langkah pertama yang perlu kita lakukan ialah dengan menurunkan semua rak, baki, dan alat pelengkap yang ada didalam kulkas. Setelah itu rendam barang-barang tersebut didalam pembersih anti bakteri yang ramah makanan, lalu bilas dengan air yang mengalir.

Setelah itu, untuk membuat kondisi kulkas makin bersih, semprot bagian dalam lemari es dengan disinfektan lalu bersihkan dengan kain lap. Jika bagian dalam kulkas sudah bersih, kembalikan bagian kulkas yang anda bersihkan sebelumnya dan tinggalkan secangkir penuh bikarbonat soda didalam kulkas selama satu atau dua hari untuk menyerap bau sisa makanan yang menyengat.

4. Membersihkan Tempat Sampah

Bersihkan sampah

Setelah kita membersihkan kulkas sebaiknya kita bersihkan tempat sampah yang ada di dapur. Ya, kalian disarankan untuk membersihkan tempat sampah dengan sebersih-bersihnya dan buang isinya. Jika perlu setiap hari tempat sampah dicuci menggunakan spons dan sabun.

Hal ini dimaksudkan agar tempat sampah yang ada didalam dapur menjadi tetap bersih dan tidak berbau. Biasanya jika tempat sampah tersebut berbau, banyak semut dan binatang lain seperti kecoa berkerumun di tempat sampah tersebut.

5. Mengelompokan Peralatan Memasak

mengelompokan peralatan masak

Berikutnya dalam cara membersihkan dapur yang kotor didalam rumah ialah denga membersihkan peralatan dapur yang telah kita gunakan dan mengelompokanya menjadi beberapa kelompok. Dan jika tidak di pisahkan dikhawatirkan sayuran akan terkontaminasi bakteri yang terdapat pada daging mentah yang menempel pada talenan.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan meja dapur, apakah diatasnya terdapat peralatan masak, alat makan dan berbagai macam wadah bumbu. Sebaiknya simpan barang yang jarang digunakan didalam lemari agar meja terasa lebih lapang dan bersih.

6. Pel Lantai

Pel Lantai dapur

Untuk cara membersihkan dapur yang kotor berikutnya ialah dengan mengepel lantai dapur. Hal ini dilakukan agar lantai ruangan dapur dirumah kita lebih bersih dan terbebas dari minyak-minyak yang menyebar ketika kita memasak.

Untuk mengepel lantai dapur kami sarankan untuk mengepelnya dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan obat pel sebanyak dua kali. Nah, jika anda menggunakan lantai vinyl, anda dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya.

7. Atur Sirkulasi Udara

atur sirkulasi udara

Dan yang terakhir dalam membersihkan dapurt yang kotor ialah dengan mengatur sirkulasi udara di dapur rumah kita. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan bau sisa makanan. Kami sarankan untuk tidak menggunakan semprotan pengharum ruangan karena akan membuat bau di dapur menjadi lebih tidak karuan.

Dan usahakan area yang anda bersihkan memiliki ventilasi yang baik sehingga pertukaran udara dari dalam dan luar ruangan menjadi lebih lancar. Selain itu, bau makanan-makanan yang tidak enakpun akan cepat hilang.

Nah itulah beberapa cara membersihkan dapur yang kotor dengan cepat. Selain menjadi ruangan yang penting, dapur juga menjadi tempat untuk mengekplorasikan makanan-makanan baru mulai dari masakan hingga kue-kue lezat, sehingga kita harus memperhatikan kebersihan dapur agar terhindar dari berbagai macam kuman dan bekteri.

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Kanopi Sunlouvre

Daftar Harga Plafon Gypsum
Harga Plafon PVC

Harga Lampu Tanam Plafon

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa menjadi referensi kalian dalam membersihkan setiap sudut rumah dan juga dapur. Hanya ini yang dapat kami sampaikan dan jangan lupa terus simak ulasan artikel terbaru dari kami hanya di Arsiteki.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *