Cara Memasang Gas
Tutorial

11 Cara Memasang Gas Tabung Elipiji 3 kg, 5.5 kg & 12 kg

Cara Memasang Gas – Ada tiga pilihan tabung gas elpiji yang beredar dipasaran, yakni 3 kg, 5.5 kg, dan 12 kg. Khusus untuk tabung 3 kg merupakan tabung gas bersubsidi sehingga harganya jauh lebih murah dibanding yang 5.5 kg ataupun 12 kg. Meskipun murah, namun terkadang pemasangan tabung gas 3 kg terjadi banyak kendala.

Kendala yang paling sering terjadi adalah gas bocor. Biasanya hal ini terjadi kesalahan dalam memasang tabung gas dengan regulator. Gas yang bocor sangat berbaya karena bisa menyebabkan tabung gas meledak. Untuk mencegah hal tersebut, silahkan mengikuti tutorial cara memasang tabung gas berikut ini.

Cara Pasang Regulator Gas

Cara Memasang Regulator Gas

Sebelum memasang tabung gas, anda harus terlebih dahulu memasang regulator ke kompor. Fungsi regulator adalah untuk mengalirkan gas dari tabung ke dalam kompor. Fungsinya sangat penting, sehingga harus dipasang secara sempurna.

Kesalahan dalam memasang regulator bisa menyebabkan kebocoran gas. Gas yang bocor sangat berbahaya, karena bisa meledak dan menyebabkan kebakaran. Untuk mencegah hal tersebut, kmaka harus memasang regulator secara baik dan benar.

Kualitas regulator juga sangat berpengaruh. Ada baiknya membeli regulator dengan harga sedikit lebih mahal agar mendapatkan regulator gas berkualitas yang mudah digunakan untuk memasang tabung gas.

Nah yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara memasang regulator gas? Bagi yang belum mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan memasang selang regulator ke kompor.
  2. Langkah selanjutnya tinggal memasang regulator ke selang.
  3. Kemudian pasang cicin penjepit ke regulator yang telah tersambung ke selang.
  4. Berikutnya kencangkan penyepit dengan obeng. Pastikan posisinya sudah kencang agar gas tidak bocor.
  5. Langkah terakhir tinggal memeriksa kembali pemasangan regulator, pastikan terpasang dengan benar dan kuat.

Cara Memasang Gas Yang Aman

YouTube video

Setelah regulator terhubung ke kompor gas, selanjutnya tinggal memasang regulator ke tabung gas. Untuk mengetahui cara memasang gas tersebut, silahkan simak video dari Channel Youtube Bengkel Martin di atas atau menyimak langkah demi langkah cara pasang tabung gas pada artikel di bawah ini.

1. Buka Segel Plastik

Langkah pertama dalam memasang tabung gas adalah membuka segel platik yang menutupi tabung gas. Semua tabung baru pasti dilengkapi segel, jadi pastikan tabung gas yang anda beli memiliki segel. Apabila tidak ada, maka besar kemungkinan isi tabung tersebut kosong.

Pastikan pula kondisi segel masih bagus agar mendapatkan tabung gas dengan kualitas yang bagus. Cara membuka segel tersebut juga sangat mudah, karena cukup menggunakan pisau atau barang lainnya. Namun anda tetap harus hati-hati saat membukanya.

2. Lihat Posisi Seal Karet

Di dalam lubang tabung gas terdapat rubber seal atau seal karet. Pastikan posisi seal tersebut pada posisi yang benar. Apabila posisinya kurang pas maka kami sarankan untum mencongolnya terlebih dahulu, lalu pasang dengan benar.

Seal karet ini berperan sangat penting untuk mencegah kebocoran tabung gas. Sayangnya beberapa gas yang dijual dipasaran memiliki kualitas seal yang kurang bagus, terutama untuk tabung gas 3 kg.

Agar lebih aman, kami sarankan untuk membeli seal karet terpisah yang sudah berstandar SNI. Kualitasnya tentu jauh berbeda, sehingga lebih aman dan dapat terhindar dari kebocoran gas.

3. Pasang Regulator Gas

Cara memasang gas selanjutnya adalah memasang regulator yang terhubung ke kompor gas. Saat memasang regulator, pastikan kunci regulator pada posisi ke atas. Setelah itu, tinggal memasang regulator ke tabung gas dengan posisi tegak lurus untuk mencegah kebocoran.

4. Kunci Regulator

Semua regulator gas memiliki kunci yang berguna untuk mengunci regulator agar tidak lepas dari tabung gas. Kunci tersebut berbentuk tuas kecil yang bisa diputar 180 derajat. Untuk memasang kuncu regulator tersebut cukup dengan memutarnya ke arah kanan.

Jangan sampai lupa mengunci regulator karena bisa menyebabkan kebocoran gas. Apabila menjumpai regulator yang tidak bisa dikunci, maka besar kemungkinan posisi seal karet kurang pas.

5. Pastikan Tidak Ada Kebocoran

Setelah mengunci regulator maka langkah selanjutnya adalah memastikan tidak ada kebocoran. Caranya sangat gampang, yakni dengan mengecek apakah ada suara mendesis yang keluar dari tabung gas.

Selain terdegar suara mendesis, gas yang bocor juga mengeluarkan bau gas. Jika mengalami hal tersebut, kami sarankan untuk melepas regulator dan memasangnya kembali.  Agar lebih aman, anda bisa membeli pengaman atau pengunci regulator. Harganya cukup murah, sekitar Rp. 12-15 Ribuan.

6. Nyalakan Kompor

Setelah memastikan tidak ada kebocoran, selanjutnya tinggal menyalakan kompor. Setelah memastikan tidak ada kebocoran, selanjutnya tinggal menyalakan kompor. Apabila kompor menyala dengn sempurna maka berarti pemasangan tabung gas berhasil.

Cara memasang tabung gas elpiji di atas bisa anda aplikasikan untuk pemasangan tabung gas 3 kg, 5.5 kg, dan 12 kg.  Silahkan mengikuti setiap langkah di atas agar bisa memasang gas secara benar dan aman.

Tips Agar Gas Tidak Bocor

Menurut kami keamanan merupakan utama. Apabila asal-asalan memasang tabung gas maka bisa berakibat fatal karena sifat gas mudah terbakar.  Penyebab gas bocor tidak hanya karena faktor pemasangan yang salah saja. Masih ada banyak faktor lainnya. Nah untuk mencegah hal tersebut, maka ada baiknya menyimak beberapa tips agar gas tidak bocor berikut ini.

  1. Pastikan memasang regulator dengan tabung gas secara benar
  2. Belilah tabung gas di distributor resmi
  3. Saat membeli gas, cek terlebih dahulu segel platik pada tabung gas. Pastikan kondisi segel masih bagus
  4. Wajib menggunakan regulator berkualitas yang sudah berstandar SNI
  5. Simpan tabung gas di tempat yang aman
  6. Saat memasang gas, pastikan karet seal terpasang dengan baik
  7. Agar lebih aman, kami sarankan untuk membeli seal karet terpisah yang memiliki kualitas lebih bagus.
  8. Gunakan pengaman gas atau pengunci regulator untuk mencegah gas bocor.
  9. Posisi selang regulator harus jauh dari api

Satu lagi tips yang bisa anda coba, yakni dengan memasang karet pada sisi luar tabung gas. Tujuannya adalah agar regulator bisa terpasang secara kencang pada tabung. Cara ini cukup efektif, terutama untuk tabung gas 3 kg.

Tabung gas 3 kg merupakan tabung gas subsidi. Biasanya tabung ini lebih sulit dipasang dibanding tabung 5.5 kg atau 12 kg yang non-subsidi. Pasalnya tabung 3 kg sudah dipakai oleh banyak orang sehingga terkadang kondisinya sudah tidak bagus.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membuat Sertifikat TanahHarga Cat Kiloan
Biaya Pasang ListrikSyarat dan Cara Mengurus IMB

Nah demikianlah informasi mengenai cara memasang tabung gas. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pengunjung setia arsiteki.com yang selama ini takut memasang gas sendiri karena khawatir gas bocor dan meledak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *