Cara Ampuh Membrsihkan Kamar mandi
Tutorial

Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kamar Mandi Agar Tetap Mengkilap

Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kamar Mandi – Hunian menjadi salah satu tempat berteduh dari sinar matahari dan hujan. Sementara itu, setiap orang pasti memiliki inspirasi hunian yang sesuai dengan harapan. Ya, selain bersih kita juga mengharapkan sebuah hunian yang rapi dan juga indah.

Nah, selain teras dan dapur ada tempat yang sering kotor meski sudah kita bersihkan ialah kamar mandi. Selain itu, tempat yang satu ini juga tidak lepas dari kotoran-kotoran yang menempel meski sudah sering kita bersihkan. Ya, kamar mandi yang kotor memang menjadi salah satu hal yang cukup membuat kita tidak merasa nyaman ketika ke tempat itu.

Selain itu, kamar mandi yang kotor juga bisa menjadi sarang bekteri dan juga kuman. Apalagi dikamar mandi sering kali kita jumpai beberapa kotoran yang mungkin sangat susah untuk kita bersihkan di keramik ataupun di kloset. Membersihkan kamar mandi memang menjadai salah satu kegiatan yang memberatkan, karena mengharuskan kita untuk berhadapan dengan kotoran yang menjijikan.

Tidak jarang pula kita sangat kesusahan untuk membersihkan kamar mandi tersebut. Nah, untuk membersihkan kamar mandi memang ada beberapa cara yang perlu kita perhatikan agar kita bisa membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada keramik dengan mudah dan cepat. Dan berikut adalah cara ampuh membersihkan keramik kamar mandi dengan mudah dan cepat.

Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Cara Ampuh Membersihan Kamar Mandi
Cara Ampuh Membersihan Kamar Mandi

 

Untuk membersihkan kamar mandi kita memang harus membutuhkan perjuangan dan kerja extra untuk bisa menghilangkan semua kotoran yang menempel pada keramik maupun dinding kamar mandi. Akan tetapi kali ini Arsiteki.com akan membagikan beberapa tips dan cara ampuh membersihkan keramik kamar mandi dengan mudah dan cepat.

1. Cuka

Cuka
Cuka

Untuk membersihkan kamar mandi dengan lebih mudah dan juga cepat kita bisa menggunakan Cuka. Ya, selain sebagai bisa digunakan sebagai bahan penyedap rasa, ternyata cuka juga bisa kita manfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kotor. Caranya ialah sebagai berikut.

  • Siapkan botol semprot yang sudah di isi dengan cuka.
  • Lalu semprotkan cuka pada keramik yang hendak dibersihkan.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas dengan air panas dan biarkan air tersebut menyatu dengan cuka sehingga uap air dari air panas dapat melarutkan lapisan kotoran yang menempel.
  • Bilas kembali dengan air panas yang mengalir selama 2 menit.
  • Lap keramik yang sudah disemprot dengan menggunakan spon basah.
  • Bersihkan spons sesering mungkin diantara proses mengelap kramik untuk hasil yang maksimal.
  • Keringkan lantai keramik dengan handuk jika sudah dibersihkan.
  • Berikan 1 sendok makan lilin mobil pada spons basah dan oleskan pada keramik dengan gerakan melingkar agar keramik kembali bersinar seperti sedia kala.

2. Kaporit

Kaporit
Kaporit

Selain menggunakan cuka kita juga bisa menggunakan bahan kimia yang biasa digunakan sebagai disinfektan air dikolam renang ini dikenal sebagai pembersih kerak yang super ampuh. Dan untuk medapatkan kaporit kalian bisa membelinya di toko-toko bahan kimia terdekat. Dan berikut adalah cara membersihkan keramik kamar mandi dengan cepat.

  • Siram lantai kamar mandi dengan air panas yang baru saja mendidih.
  • Taburkan bubuk kamporit diseluruh area yang memiliki kerak.
  • Diamkan selama 30 menit, agar kaporit dapat melakukan proses pengikisan kerak kepada keramik.
  • Gosok lantai kamar mandi dengan tenaga lebih agar seluruh keraknya luntur oleh sisa kaporit.
  • Setelah itu bilas dengan air yang bersih.

3. Cairan Pembersih

Cairan Pembersih
Cairan Pembersih

Selain itu kalian juga bisa menggunakan cairan pemberih untuk membersikan keramik kamar mandi yang kotor. Kalian juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus keramik yang tersedia di supermarket seperti Protex. Dan berikut adalah cara ampuh membersihkan keramik kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih.

  • Siapkan produk cairan pembersih.
  • Tuangkan produk pembersih pada keramik kamar mandi yang ingin dibersihkan.
  • Gosok area tersebut dengan sikat lalu diamkan selam 10-15 menit.
  • Sikat kembali lalu bilas dengan air yang bersih.

4. Asam Sirat

Asam Sirat
Asam Sirat

Untuk membersihkan lantai keramik kamar mandi kalian juga bisa menggunakan asam sirat atau biasa kita sebut dengan sitrun. Ini merupakan bahan makanan lain yang dapat kita manfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi. Dan berikut adalah cara membersihkan keramik kamar mandi dengan asam sirat.

  • Gosok terlebih dahulu keramik dengan batu apung atau air sabun.
  • Bilas dengan air bersih hingga sabunya hilang tanpa sisa.
  • Saat masih basah, taburkan bubuk asam sirat ke seluruh bagian keramik yang kotor dan berkerak.
  • Biarkan selama 60 menit.
  • Setelah itu gosok keramik dengan sikat sambil dibilas dengan air yang bersih.

5. Baking Soda

Baking Soda
Baking Soda

Nah sobat, bahan dapur yang bisa kita gunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi berikutnya ialah baking soda. Biar keramik kalian bersih dari kerak dan kotoran yang membandel gunakan baking soda dalam jumplah yang cukup agar hasil lebih maksimal. Berikut cara membersihkan keramik kamar mandi dengan baking soda.

  • Siapkan baking soda dengan air panas.
  • Bubuhkan dinding dan lantai kamar mandi dengan baking soda.
  • Percikan air panas lalu diamkan selama satu jam.
  • Sikat keramik kamar mandi dengan sikat atau kawat kasar.
  • Setelah itu bilas dengan air yang bersih.

Cara Mencegah Kerak Muncul Kembali

Cara Mencegah Kerak Muncul kembali
Cara Mencegah Kerak Muncul Kembali

Ya, setelah kita berhasil untuk membersihkan keramik kamar mandi kita juga perlu perawatan serta mencegah kerak muncul kembali. Hal ini diperlukan agar kamar mandi dirumah kita tetap bersih dan rapi. Dan berikut adalah cara mencegah kerak muncul kembali.

  1. Jaga kamar mandi tetap kering.
  2. Segera perbaiki kebocoran.
  3. Jaga sirkulasi udara.
  4. Jaga kebersihan kamar mandi.

Nah itulah beberapa upaya yang perlu kita perhatikan untuk menjaga kamar mandi dirumah kita tetap bersih dan bebas dari kerak yang menempel di keramik ataupun dinding kamar mandi dirumah kita. Selain itu menjaga kamar mandi tetap bersih adalah salah satu hal yang perlu kita utamakan agar kebersihan kamar mandi tetap terjaga.

Bisa dikatakan paku triplek merupakan paku yang serbaguna. Paku ini bisa kalian gunakan untuk berbagai macam kebutuhan, terutama pada permukaan yang tidak keras, seperti papan triplek, balok kayu, kaso, ataupun reng. Harga paku ini juga sangat terjangkau dan tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari 2cm sampai 12cm.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Kusen Kayu JatiHarga Seng Galvalum
Harga Gypsum Per Lembar

Harga Paku Terbaru

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara ampuh membersihkan keramik kamar mandi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi kalian dalam membersihkan setiap sudut ruangan dirumah kita. Dan jangan lupa terus simak ulasan mengenani harga bahan bangunan lainya di Arsiteki.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *