8+ Cara Agar Dak Beton Tidak Retak dan Melengkung

Cara Agar Dak Beton Tidak Retak – Memiliki sebuah hunian yang megah dan mewah adalah impian setiap orang. Akan tetapi untuk membuat hunian yang mewah dan megah dibutuhkan banyak dan, sehingga tidak setiap orang bisa mewujudkan impian tersebut. Terlebih sudah kita ketahui jika saat ini harga material bangunan memang terkesan cukup mahal.

Meski demikian msaih banyak orang yang ingin mewjudkan impian tersebut dengan berbagai cara salah satunya ialah dengan meminimalisir anggaran untuk membuat suatu hunian. Alhasil dengan anggaran yang mempet kita sudah dapat membuat suatu hunian yang terbilang cukup mewah. Namun tidak jarang apabila kualitas dan keawetan bangunan tersebut tidaklah lama.

Terlebih bagi anda yang membuat suatu hunian dengan dak beton untuk atap rumah anda. Tidak jarang apabila dak beton yang kita buat terlihat rata dan tidak retak, namun dengan berjalanya waktu dak tersebut bisa saja retak dan juga melekung, karena besi yang digunakan untuk menopang dak tersebut terlalu kecil dan tidaj seimbang dengan bobot dari dak beton tersebut.

Selain itu, campuran semen dan bahan yang lainya tidak sesuai sehingga daka akan lebih mudah retak dan sering kali mengalami kebocoran baik dari luar maupun dari dalam. Untuk mengatasi hal seperti ini memang tidaklah mudah, sehingga tidak jarang jika dak beton tersebut harus diperbaiki dari awal lagi. Nah untuk mengatasi dak beton yang retak dan melengkung ada bebarapa cara yang bisa anda lakukan. Dan berikut informasi lengkapnya.

Cara Agar Dak Beton Tidak Retak dan Melengkung

Cara agar dak beton tidak retak dan melengkung

Membuat dak beton sering kali terjadi kegagalan sehingga mengalami keretakan atau melengkung. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan sekali, terkadang malah dak tersebut harus dibongkar kembali untuk memperbaikinya. Karena kondisinya rawan roboh sehingga memberikan rasa yang tidak nyaman ketika melintas dibawahnya.

Lantas apa sajakah yang bisa kita lakukan agar dak beton tidak retak dan melengkung? Memang ada beberapa cara untuk mengatasinya dak beton yang retak dan melengkung. Namun hal tersebut memang harus benar-benar dilakukan dengan baik agar dak beton tersebut tidak kembali retak dan juga melengkung. Dan berikut adalah cara agar dak beton tidak retak dan melengkung.

  1. Hal pertama yang kita lakukan ialah kita harus menggunakan besi tulangan yang cukup untuk menahan gaya tarik pada struktur plat beton. Namun penggunaan yang diatas kebutuhan justru akanĀ  menyebabkan struktur menjadi lebih berat dan akan terjadi pemborosan biaya pembangunan, jadi perlu perhitungan dimensi dan jumplah besi yang pas untuk dakbeton tersebut.
  2. Tebal palt beton cukup untuk menahan gaya tekan, untuk plat lantai beton bisa dibuat dengan minimal ketebalan 12 cm dan untuk palt beton atap bisa dibuat dengan minimal ketebalan 8 cm.
  3. Untuk kedua hal diatas memang kita harus membutuhkan perhitungan yang tepat dan kalian bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli teknik sipil.
  4. Selanjutnya tidak menambahkan beban bangunan yang melebihi batas kekuatan yang di rencanakan, misalnya saja menaruh mobil truk di atap rumah tinggal, padahal hal tersebut tidak direncanakan sebelumnya, maka dapat dipastikan banguan bukan hanya retak saja akan tetapi malah bisa roboh.
  5. Untuk kualitas beton yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan misalnya saja memakai beton K-175, K-225, K-300 dan seterusnya menyesuaikan kebutuhan struktur.
  6. Melakukan perlambatan mengerasan beton setelah proses pengecoran, seperti dengan cara menyiramkan air dan menaruh kain basah dipermukaan lantai. Hal ini dikarenakan beton yang terlalu cepat mengeras bisa mengalami keretakan.
  7. Untuk pembongkaran bekisting dilakukan minimal setelah 28 hari sejak pengecoran beton. Hal ini dikarenakan beton mampu mengeras sempurna saa berumur 28 hari, terkecuali ditambahkan zat kimia campuran untuk mempercepat pengerasan, maka bekisting bisa dibongkar lebih awal.
  8. Dan dalam pembuatan plat kanopi seperti pada ornamen atas jendela rumah tinggal, sebaiknya saat pembuatan bekisting dilakukan perlengkungan pada bagian tengah sehingga ketika dibongkar akan datar dan alus.

Nah itulah beberapa cara agar dak beton tidak retak dan melengkung. Penggunaan bahan material besi beton yang kuat dan sesuai dengan struktur tentu saja akan membuat dak beton tidak mudah melengkung. Selain itu, perhatikan pula beban diatas dak lantai dan jangan melebihi kapasitas kekuatan dak beton tersebut.

Sementara itu untuk tingkat pengerasan sempurna pada daka beton memang dibutuhkan waktu yang lama, sehingga kami sarankan untuk tidak melepas bekisting terlalu cepat dan pastikan anda melepaskan bekisting tersebut jika sudah ada 28 hari setelah pengecoran dilakukan.

Sementara itu, setelah pengecoran dilakukan kami sarankan agar kalian bisa menyiram dak beton tersebut agar tidak cepat mengeras. Dan apabila dak beton tersebut mengeras terlalu cepat bisa dipastikan dak beton tersebut bisa mengalami keretakan.

Baca Juga Informasi Lainnya

Harga Keramik Lantai

Harga Roster Beton
Harga Teralis Jendela Minimalis

Harga Plafon Gypsum

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan jangan lupa untuk terus simak selalu ulasan-ulasan terbaru dari kami mengenai harga bahan material terbaru saat ini hanya di Arsiteki.com.

Tinggalkan komentar