Biaya Pemasangan Listrik Baru 1300 Watt
Tips Properti

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt Prabayar & Pascabayar Terbaru 2020

Arsiteki.com – Pemasangan listrik 1300 Watt akan dikenakan biaya pasang listrik melebihi 1 Juta Rupiah. Biaya yang dibutuhkan lebih mahal dibanding listrik 450 Watt ataupun 900 Watt. Meskipun begitu, daya yang didapatkan lebih besar sehingga bisa memenuhi kebutuhan daya semua perangkat elektronik.

Saat pasang listrik 1300 Watt, konsumen akan diberi pilihan untuk memiliki produk layanan Pascabayar dan Prabayar. Keduanya merupakan produk yang berbeda. Sebab untuk listrik pascabayar mengharuskan pelanggan PLN untuk membayar tagihan perbulan. Sedangkan listrik prabayar menggunakan token.

Sebelum memasang listrik 1300 Watt kami sarankan untuk terlebih dahulu menanyakan produk layanan yang akan dipasang. Jangan sampai salah pasang, karena biaya pemasangannya berbeda. Selisihnya memang tidak terlalu banyak, namun tidak ada salahnya bertanya terlebih dahulu ke petugas PLN.

Menariknya lagi, saat ini PLN menyediakan layanan pasang listrik online yang akan memudahkan pelanggan memilih produk layanan PLN, apakah pascabayar atau prabayar. Nah untuk mengetahui cara pasang listrik online, silahkan simak informasi berikut “Cara Pendaftaran Pemasangan Listrik Online“.

Pasang listrik secara online ataupun offline dengan datang ke kantor PLN sebenarnya sama saja. Begitu pula dengan biaya pemasangan listrik yang harus dibayarkan. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui biaya pasang listrik 1300 Watt, silahkan simak di bawah ini.

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt Prabayar

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt

Pertama kami akan membahas mengenai biaya pasang listrik 1300 Watt Prabayar. Pemasangan listrik ini mengharuskan pelanggan PLN untuk membeli token perdana minimal Rp. 5.000. Sedangkan untuk biaya pemasangannya adalah sebesar Rp. 1.218.000.

Biaya pemasangannya memang cukup mahal. Sebab listrik prabayar 1300 Watt tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Selain itu, pelanggan yang akan memasang listrik 1300 Watt harus membayar biaya materai sebesar Rp. 6.000. Jadi apabila ditotal maka biaya yang dibutuhkan mencapai Rp. 1.244.000.

Setelah listrik berhasil terpasang, pelanggan harus membeli token pulsa listrik agar listrik bisa hidup. Mungkin sebagian orang menganggap hal ini sebagai kekurangan. Namun menurut kami token listrik membuat biaya listrik menjadi lebih terkontrol.

Akhir-akhir ini sering terdengar kasus tagihan listrik tidak wajar. Hal ini bisa terjadi karena pelanggan PLN tidak mengetahui secara pasti berapa daya listrik yang sudah digunakan. Namun dengan token listrik maka pengeluarkan bisa terkontrol.

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt Pascabayar

Biaya Pasang Listrik Baru 1300 Watt

Kami yakin masih banyak orang yang lebih memilih listrik pascabayar dibanding prabayar. Mereka beranggapan bahwa tagihan listrik prabayar lebih murah dibanding pascabayar. Sebenarnya biayanya sama saja. Sebab biaya listrik dihitung per kWh.

Semakin besar daya yang digunakan setiap bulannya, maka semakin besar tagihan yang harus dibayarkan. Bagi yang tidak mempermasalahkan hal tersebut maka tidak ada salahnya memasang listrik pascabayar 1300 Watt. Lalu berapa biaya yang dibutuhkan?

Biaya pasang listrik 1300 Wattt pascabayar sedikit lebih mahal. Sebab pelanggan PLN harus membayar biaya jaminan langganan. Sedangkan untuk biaya pemasangan listrik dan materia sama saja dengna biaya pasang listrik 1300 Watt prabayar.

Apabila di total, maka biaya pasang listrik 1300 Watt pascabayar mencapai Rp. 1.396.900. Selisihnya cukup lumayan dibanding pasang listrik prabayar. Terlebih listrik 1300 Watt tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, jadi total yang harus dibayarkan harus sebesar itu.

Informasi biaya pemasangan listrik baru PLN 1300 Watt di atas merupakan biaya resmi yang kami lansir dari situs layanan.pln.co.id/simulasi-pasang-baru-pln. Namun tidak menutup kemungkinan ada perubahan tarif pemasangan listrik di masa yang akan datang. 

Kesimpulan

Jika ingin pasang listrik dengan biaya lebih terjangkau, kami sarankan untuk pasang listrik 900 Watt. Adapun biayanya silahkan simak pada artikel berikut “Biaya Pasang Listrik Baru 900 Watt“.

Bagi yang memiliki banyak perangkat elektronik di rumah seperti TV, Kulkas, Mesin Cuci, Komputer,  AC, dan lain-lain, mungkin listrik 900 Watt tidak akan mencukupi kebutuhana daya yang diperlukan. Oleh karena itulah kami sarankan untuk memilih listrik 1300 Watt.

Meksipun biayanya lebih mahal, namun yang paling penting listrik dirumah aman. Apabila dayanya kurang maka otomatis akan sering mengalami anjok atau jeglek. Untuk mencegah hal tersebut, maka tidak ada salahnya pasang listrik 1300 Watt, meski sedikit lebih mahal.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Lampu Hias GantungContoh Surat Jual Beli Tanah
Syarat Dan Biaya Tambah Daya Listrik

Cara Membuat Sertifikat Tanah

Cukup sekian informasi arsiteki.com mengenai biaya pasang listrik baru PLN. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang berencana pasang listrik baru 1300 Watt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *