Berapa Biaya Renovasi Rumah Per Meter?

Arsiteki.com – Seiring berjalannya waktu, kondisi rumah akan mulai rusak sehingga membutuhkan renovasi. Biaya renovasi rumah tentu tidak sedikit. Terlebih jika ada banyak bagian rumah yang harus dirombak seperti bagian atap, tembok, genteng, kusen, pintu, dll.

Biaya renovasi rumah tergantung dari apa saja bagian rumah yang direnovasi. Apabila merenovasi semua bagian rumah, tentu biayanya akan sangat mahal. Namun apabila hanya titik-titip tertentu saja seperti dapur dan kamar mandi maka bianya bisa diminimalisir.

Sebelum melakukan renovasi rumah ada baiknya menentukan apakah akan menggunakan jasa borongan atau melakukan renovasi sendiri dengan bantuan tukan bangunan yang dibayar harian. Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap biaya merenovasi rumah.

Apabila menggunakan jasa borongan maka biaya merenovasi rumah akan dihitung per meter. Setiap pemborong mengenakan tarif borongan berbeda-beda. Biasanya tergantung dari kualitas material yang digunakan. Jika menggunakan material berkualitas, tentu biayanya lebih mahal.

Menggunakan jasa pemborong untuk renovasi rumah ada plus minusnya. Apabila ingin simple dan tak mau ribet maka bisa memilih jasa pemborong. Namun tidak semua pemborong mampu bekerja dengan baik. Banyak pemborong yang asal-asalan merenovasi rumah sehingga hasilnya tidak memuaskan.

Anda harus mencari jasa pemborong profesional yang sudah berpengalaman dalam merenovasi rumah. Selain itu pemborong yang dipilih harus memiliki track record yang baik agar hasil pengerjaannya bisa maksimal.

Soal biaya renovasi rumah tergantung dari bagian rumah yang direnovasi. Nah sebelum membahas secara detail mengenai biaya yang harus dikeluarkan, silahkan simak terlebih dahulu tips renovasi rumah pada artikel arsiteki.com berikut ini.

Tips Merenovasi Rumah

Tips Renovasi Rumah

Merenovasi rumah bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itulah kami akan memberikan beberapa tips renovasi rumah yang bisa kalian simak di bawah ini.

  1. Tips yang pertama adalah menyiapkan budget untuk biaya renovasi rumah. Pastikan memiliki budget yang cukup dan kalau bisa anda harus mempersiapkan budget tambahan sekitar 20% untuk berjaga-jaga, siap tahun ada yang kurang.
  2. Perencanaan yang matang akan membuat hasil renovasi rumah lebih mahal. Anda harus terlebih dahulu menentukan titik-titik yang akan direnovasi, kemudian buat rancangan anggaran sesuai dengan budget biaya renovasi rumah yang dimiliki
  3. Jangan ragu gunakan jasa arsitek untuk menggambarkan secara detail renovasi rumah yang diinginkan.
  4. Tips selanjutnya adalah memilih kontraktor atau pemborong yang sudah ahli dan berpengalam.
  5. Meksipun hanya sekedar renovasi, namun anda tetap harus memperhatikan kualitas material bangunan yang digunakan agar hasil renovasi tetap awet dan kokoh
  6. Apabila ada material bekas yang masih bagus kualitasnya maka lebih baik digunakan lagi.
  7. Tentukan target waktu pengerjaan renovasi. Jangan sampai waktu pengerjaannya molor karena bisa menambah biaya merenovasi rumah
  8. Apabila melakukan renovasi rumah tanpa borongan maka harus mencari tukang bangunan yang terpercaya dan berpengalaman

Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Biaya Merenovasi Rumah

Setelah menyimak beberapa tips renovasi rumah, sekarang giliran kita membahas mengenai biaya yang diperlukan. Salah satu hal yang berpengaruh terhadap biaya merenovasi rumah adalah luas bangunan. Terlebih jika menggunakan jasa pemborong.

Biasanya pemborong di beberapa derah mematok jasanya sekitar Rp. 2.5 Juta – Rp. 3.5 Juta per meter. Biaya tersebut sudah termasuk material sehingga anda hanya tinggal menunggu renovasi rumah selesai.

Bianya merenovasi melalui pemborong atau kontraktor biasanya lebih mahal dibanding melakukan renovasi sendiri. Namun anda tidak perlu khawatir mengenai biayanya. Sebab biasanya akan ada rincian anggaran sehingga anda bisa mengetahui secara detail untuk apa saja uang yang anda keluarkan.

Contoh Anggaran Renovasi Rumah

Anggaran Biaya Renovasi Rumah

Anggaran yang digunakan untuk merenovasi rumah tergantung dari material yang digunakan serta luas bangunan. Sebagai contoh silahkan simak pada gambar di atas.

Jika takut budget yang dimiliki tidak cukup untuk merenovasi rumah, anda bisa terlebih dahulu berkonsulitasi ke kontraktor untuk menyesuaikan budget dan menyepakati biaya renovasi.

Baca Juga Informasi Lainnya
Jenis-Jenis Kabel Listrik Biaya Pasang Listrik 1300 Watt
Jenis Besi Konstruksi

Syarat Tambah Daya Listrik

Nah demikianlah informasi singkat mengenai biaya merenovasi rumah per meter. Informasi di atas hanya sebatas sebagai gambaran saja. Silahkan hubungi kontroktor atua pemborong banguann terdekat untuk berkonsulitasi terakit biaya, konstruksi, dan titik-tik yang direnovasi.

Tinggalkan komentar