Lemari Bawah Tangga
Desain Interior

12 Ide Lemari Bawah Tangga Minimalis dan Modern (Gambar & Contoh)

Arsiteki.com – Banyak pemilik rumah yang melupakan area di bawah tangga. Padahal area tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat lemari bawah tangga. Lemari tersebut bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang ataupun beragam fungsi lainnya.

Membuat lemari bawah tangga tidak membutuhkan biaya terlalu besar. Anda bisa menggunakan material berbahan kayu, multiplek, alumunium, ataupun material lainnya. Yang paling penting adalah desainnya karena harus sesuai dengan konsep interior rumah.

Lemari bawah tangga bisa membuat interior rumah semakin keren. Terlebih jika didesain dengan konsep yang unik dan minimalis. Soal desain tergantung dari selera masing-masing pemilik rumah. Kami sendiri lebih menyukai desain yang unik dan minimalis.

Desain lemari bawah tangga bisa disuaikan dengan space kosong yang tersedia. Nah sebagai referensi, kami akan memberikan beberapa contoh desain lemari bawah tangga yang menurut kami unik. Untuk mengetahui bagaimana desainnya, silahkan simak di bawah ini.

Ide Desain Lemari Bawah Tangga

Lemari Buku Bawah Tangga

1. Lemari Buku dan Pajangan

Ide yang pertama adalah menjadikan area di bawah tangga sebagai lemari atau rak buku. Anda bisa membagi space yang kosong menjadi beberapa kotakan untuk menciptakan konsep yang minimalis dan elegan.

Anda bisa membagi setiap kotakan secara simetris atau secara acak, sesuai selera dan kebutuhan. Biarkan setiap kotak terbuka agar buku yang disimpan bisa sekaligus menjadi pajagan. Selain buku, anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan lainnya, seperti action figure, mainan, tanaman, dll.

Lemari Pajangan di bawah tangga
Yah, area di bawah tangga bisa menjadi tempat ideal untuk menyimpan berbagia barang pajangan. Kalian tinggal mendesainnya sesuai konsep yang diinginkan dan memiliki warna yang sesuai dengan interior ruangan.

2. Meja dan Lemari TV

Lemari TV Dibawah Tangga

Apabila posisi dan ukurannya sesuai, anda bisa merubah area dibawah tangga menjadi lemari TV seperti gambar di atas. Desain tersebut sangat cocok bagi yang tinggal di apartemen dan memiliki space ruangan yang terbatas.

Dengan merubah bagian bawan tangga menjadi lemari TV maka anda tidak perlu lagi membeli meja TV. Di samping-sampingnya juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan buku, pajangan, dll.

3. Rak Sepatu

Ide jenius selanjutnya adalah merubah area bawah tangga menjadi rak sepatu. Tak hanya sepatu saja yang bisa disimpan pada lemari bawah tangga tersebut, namun juga beragam barang pribadi lainnya seperti baju, buku, dll.

4. Tempat Menyimpan Piring

Tempat Menyimpan Piring

Bagi yang memiliki banyak koleksi piring juga membuat lemari bawah tangga untuk menyimpan piring ataupun perabot lainnya seperti gelas, botol minuman, dll. Desain ini cocok bagi  yang memiliki space bawan tangga yang tidak terlalu besar, namun ingin memanfaatkannya secara maksimal.

5. Meja Kerja Di Bawah Tangga

Konsep yang satu ini tergolong unik. Anda bisa membuat meja kerja atau meja belajar di bawah tangga di sampingnya dibuat lemari untuk menyimpan berbagai macam barang.

6. Ruangan Rahasia

Ruangan Rahasia

Apabila memiliki tangga yang besar, maka bisa merubah area bawah tangga menjadi ruangan rahasia untuk bermain anak ataupun hanya sekedar bersantai. Paling tidak anda membutuhkan lebar tangga sekitar 2 meter agar ruangan yang dibuat tidak terlalu sempit.

7. Dapur Minimalis di Bawah Tangga

Dapur Minimalis di Bawah Tangga

Selain ide di atas, kalian bisa merubah area di bawah tangga menjadi dapur minimalis untuk memasak ataupun kebutuhan lainnya. Desain ini sangat unik, dan jarang diaplikasikan oleh banyak orang. Jangan lupa untuk menambahkan exhaust fan dapur ‍agar asap tidak menyebar keseluruh ruangan.

8. Lemari Baju Bawah Tangga

Lemari Baju Dibawah Tangga

Ide selanjutnya adalah membuat tempat penyimpanan baju di bawah tangga. Apabila mengikuti desain di atas, maka pada bagian depan digunakan untuk menyimpan sepatu dan bagian belakang untuk menyimpan baju secara gantung. Konsep ini akan membuat rumah semakin minimalis dan lebih multifungsi tanpa perlu menyisakan ruang kosong.

9. Tempat Tidur Bawah Tangga

Tempat Tidur Bawah Tangga

Bagi yang kekurangan ruangan tempat tidur, maka bisa menggunakan area di bawah tangga sebagai tempat tidur. Apabila memiliki ide ini maka panjang tangga minimal 2 meter sehingga area tempat tidur tetap nyaman digunakan untuk bersantai dan beristirahat. Selain itu, anda bisa menanmbahkan laci di bawah tempat tidur.

10. Tempat Santai

Tempat Santai

Bagi yang panjang tangga terbatas, maka bisa memilih untuk membuat ruangan bersantai. Mungkin akan terasa sempit, namun idi ini akan memberikan kesan yang minimalis dan elegan. Terlebih jika menambahkan rak-rak kecil seperti gambar di atas.

11. Rumah Hewan Peliharaan

Bagi yang memiliki anjing ataupun kucing bisa membuat lemari bawah tangga yang diperuntukan untuk hewan peliharaan. Kami yakin hewan peliharaan akan merasa sangat nyaman apabila dibuatkan desain seperti di atas.

12. Tempat Mesin Cuci

Tempat Mesin Cuci

Dari pada meletakan mesin cuci diluar ruangan, lebih baik meletakannya di lemari bawah tangga. Bagi yang memiliki apartemen dengan luas terbatas mungkin bisa memilih konsep ini. Namun jangan lupa untuk mengatur pembuangan air agar bisa mencuci baju dengan nyaman.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Blower RuanganJenis Pondasi Rumah
Harga Cat Kayu

Daftar Harga Cat Dulux

Nah demikianlah beragam konsep lemari dibawah tangga yang bisa kalian coba aplikasikan dirumah, apartemen, ataupun hunian pribadi. Cukup sekian informasi arsiteki.com pada kesempatan kali ini, semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk memanfaatkan space kosong yang ada di bawah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *